Comscore Tracker

Bukan Hanya Zebra dan Harimau, 5 Hewan Ini juga Bertubuh Belang 

Ikan dan burung pun ada lho 

Hewan apa yang tubuhnya berwarna belang? Kebanyakan orang pasti akan menjawab harimau atau zebra. Dua hewan itu memang sangat khas dengan belang yang mereka miliki. Harimau belang hitam-oranye, sedangkan zebra belang hitam putih. Tapi selain mereka, hewan apa lagi ya yang tubuhnya belang?

Sebenarnya cukup banyak hewan di dunia ini yang tubuhnya belang. Namun beberapa di antara mereka memang kurang populer dibanding harimau dan zebra. Meski begitu, mereka tetap punya keunikan tersendiri lho. Ini dia contoh lima hewan di antaranya.

1. Bongo 

Bukan Hanya Zebra dan Harimau, 5 Hewan Ini juga Bertubuh Belang animalia.bio

Nama hewan ini cukup unik, ya? Bongo (Tragelaphus eurycerus) adalah sejenis antelop yang hidup di kawasan Afrika Tengah dan Barat. Antelop sebenarnya adalah jenis herbivora yang sangat populer di Afrika, tapi kamu mungkin baru kali ini mendengar tentang bongo. Wajar karena hewan ini memang terkenal pemalu dan mereka hidup tersembunyi di kawasan hutan.

Penampilan bongo sangat khas dibanding antelop lain karena memiliki garis-garis putih di tubuhnya yang cokelat. Menurut laman Animalia, jumlah belangnya itu berkisar 10-15 garis. Bongo tidak pernah jauh-jauh dari pepohonan untuk berlindung, dan mereka memanfaatkan belang di tubuhnya untuk kamuflase.

2. Hiena belang 

Bukan Hanya Zebra dan Harimau, 5 Hewan Ini juga Bertubuh Belang deccanherald.com

Hewan karnivor yang bertubuh belang selain harimau pun ada, misalnya hiena belang (Hyaena hyaena). Mereka memang kurang populer dibanding hiena tutul (Crocuta crocuta) yang punya ciri khas suka "tertawa". Menurut laman San Diego Zoo, itu karena hiena belang memang kurang banyak dipelajari dibanding tiga spesies hiena lain.

Secara ukuran, hiena belang lebih kecil daripada hiena tutul dan hiena cokelat (Hyaena brunnea), tapi lebih besar dari aardwolf (Proteles cristata). Namun demikian mereka punya peran yang sama pentingnya di ekosistem Afrika, yaitu sebagai pemakan bangkai. Mereka adalah pemakan bangkai yang efektif karena gigitan mereka bisa menghancurkan tulang lho!

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Ekor Hewan, Ada Hewan yang Berekor Enam 

3. Numbat 

Bukan Hanya Zebra dan Harimau, 5 Hewan Ini juga Bertubuh Belang japari-library.com

Selain herbivor dan karnivor, hewan insektivor alias pemakan serangga pun ada yang bertubuh belang, yaitu numbat (Myrmecobius fasciatus). Mereka adalah hewan marsupial unik endemik Australia yang berukuran kecil, dengan panjang tubuh hanya mencapai 30 cm. Mereka juga punya ciri khas berupa belang-belang yang terdapat di bagian punggungnya.

Sebagai pemakan serangga, numbat diperlengkapi dengan lidah yang panjangnya mencapai 11 cm, alias sepertiga panjang tubuhnya. Lidahnya itu lengket sehingga bisa digunakan untuk menangkap serangga dari lubangnya. Makanan utama numbat adalah rayap, dan dalam sehari mereka bisa makan hingga 20 ribu ekor rayap!

4. Marlin belang 

Bukan Hanya Zebra dan Harimau, 5 Hewan Ini juga Bertubuh Belang oceanographicmagazine.com

Ada banyak ikan berukuran kecil yang tubuhnya belang, tapi ikan besar cukup jarang. Salah satu ikan besar yag bertubuh belang itu adalah marlin belang (Kajikia audax). Ikan yang hidup di Samudera Pasifik dan Hindia ini bisa tumbuh hingga sepanjang 4,2 meter dan berat 200 kg.

Karena ukurannya yang besar, ikan ini sering jadi salah satu buruan utama dalam olahraga memancing. Mereka juga sering ditangkap nelayan, terutama karena dagingnya dianggap salah satu yang terbaik untuk dijadikan sashimi dan sushi, seperti dilansir Fishbase.

5. Warbler hitam putih 

Bukan Hanya Zebra dan Harimau, 5 Hewan Ini juga Bertubuh Belang allaboutbirds.org

Terakhir, bahkan burung pun ada lho yang tubuhnya belang. Burung warbler hitam putih (Mniotilta varia) memiliki warna hitam putih yang mencolok, khususnya pada jantan dewasa. Sementara pada betina warnanya sedikit lebih pucat. Ukuran burung ini cukup kecil, panjangnya hanya mencapai 13 cm dan berat 15 gram, seperti dilansir All About Birds.

Burung yang hidup di Amerika Utara hingga Selatan ini termasuk burung pengicau. Mereka adalah pemakan serangga, mencari makan dengan cara melubangi kulit kayu untuk mencari serangga yang hidup di dalamnya.

Itulah lima hewan selain harimau dan zebra yang memiliki tubuh berwarna belang. Menurutmu yang mana yang tampak paling cantik?

Baca Juga: 5 Fakta tentang Praktik Seks Mengerikan di Dunia Hewan, Apa Saja?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya