Comscore Tracker

Mengerikan, 5 Hewan Buas Ini Bisa Memangsa Manusia

Kamu harus sangat hati-hati dengan mereka #IDNTimesScience

Ada banyak jenis hewan liar yang berbahaya bagi manusia. Setiap jenis hewan pasti akan melawan jika merasa terganggu. Tak jarang, mereka yang berusaha mempertahankan diri bisa sampai membunuh manusia. Namun kebanyakan hewan yang menyerang hingga membunuh manusia memang hanya berusaha mempertahankan diri.

Berlawanan dengan itu, ternyata ada pula hewan yang bisa menyerang dengan tujuan untuk memangsa manusia. Buktinya ada pada lima jenis hewan berikut ini. Mau tahu apa saja? Ini dia ulasannya.

1. Kucing besar

Mengerikan, 5 Hewan Buas Ini Bisa Memangsa Manusiaharimau (livescience.com)

Kucing besar seperti singa, harimau, dan macan tutul tercatat pernah beberapa kali memangsa manusia. Soal kemampuan, mereka jelas mampu memangsa manusia karena ukuran yang besar, serta gigi dan cakar yang tajam. Terbukti mereka memang pernah melakukannya.

National Geographic mencatat kisah sekelompok singa yang memangsa 35 pekerja rel kereta api di Kenya, lebih dari 100 tahun lalu. Sementara BBC menyebut bahwa dari 40-50 kasus pembunuhan harimau terhadap manusia di India, 10-15 di antaranya tidak sekadar dibunuh tapi juga dimangsa.

CNN juga mencatat bahwa pada 2012, kasus kematian 15 orang diperkirakan terjadi akibat dimangsa satu atau dua ekor macan tutul. Tentu saja, manusia sebenarnya bukan mangsa utama bagi singa, harimau, ataupun macan tutul. Namun, sekali seekor kucing besar memangsa manusia, maka kemungkinan besar ia akan melakukannya lagi.

2. Beruang

Mengerikan, 5 Hewan Buas Ini Bisa Memangsa Manusiaberuang grizzly (theguardian.com)

Seperti kucing besar, beruang memiliki segala kapasitas untuk membunuh dan memangsa manusia. Mereka berukuran besar, serta memiliki gigi dan cakar yang mematikan. Namun apakah beruang memang pernah memangsa manusia? Jawabannya adalah iya.

Pada 2015, seekor beruang grizzly di Taman Nasional Yellowstone terpaksa dibunuh oleh pengelola taman karena terbukti telah memangsa seorang pendaki, seperti dilansir BBC. Sang pendaki sendiri menjadi korban karena tidak mematuhi standar keamanan yang ditetapkan pengelola taman tersebut.

Beruang memangsa manusia memang bisa terjadi, tapi itu bukanlah kebiasaan yang normal. Mereka yang sudah pernah memangsa manusia berpotensi mengulanginya lagi. Karena itu, kalangan berwenang memilih untuk membunuh beruang tersebut demi menghindari risiko.

Baca Juga: 7 Potret Kasih Sayang Induk Hewan, Bikin Rindu Ayah dan Ibu di Rumah

3. Buaya

Mengerikan, 5 Hewan Buas Ini Bisa Memangsa Manusiabuaya (cosmosmagazine.com)

Buaya juga jelas punya kemampuan untuk membunuh dan memangsa manusia. Mereka adalah hewan dengan gigitan terkuat di dunia sehingga orang yang tertangkap gigitannya hampir mustahil bisa lolos. Beberapa spesies juga berukuran hingga beberapa meter, sehingga sangat mampu menelan manusia dewasa secara utuh.

Tentu, manusia bukan mangsa utamanya. Namun buaya adalah predator oportunis yang tidak pilih-pilih mangsa. Mereka akan menangkap makhluk apa pun yang berada terlalu dekat dengan air. Laman BBC menyebut bahwa ratusan serangan buaya terhadap manusia terjadi tiap tahun di Afrika dan kira-kira setengahnya berakhir fatal bagi si korban.

Baru pada bulan Februari 2021 lalu, Live Science melaporkan buaya sepanjang 4,2 meter yang memangsa seekor nelayan di Australia. Jelas, buaya adalah hewan yang serangannya sangat berbahaya bagi manusia.

4. Ular besar

Mengerikan, 5 Hewan Buas Ini Bisa Memangsa Manusiaular sanca (bbc.com)

Ular besar juga pernah beberapa kali memangsa manusia dan bahkan kejadiannya pernah terjadi di negara kita sendiri. Pada tahun 2018 lalu, seorang wanita di Sulawesi dimangsa oleh ular sanca berukuran panjang 7 meter. Itu bukan kejadian pertama hewan tersebut memangsa manusia di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Laman BBC menyebut bahwa ular sanca bisa mencapai panjang lebih dari 10 meter. Jelas, mereka sangat mampu membunuh manusia dengan kekuatan lilitannya yang luar biasa. Serangan ular besar terhadap manusia jarang terjadi. Namun seperti buaya, mereka adalah predator oportunis yang akan memangsa manusia yang masuk ke dalam teritorinya.

5. Komodo

Mengerikan, 5 Hewan Buas Ini Bisa Memangsa Manusiakomodo (britannica.com)

Komodo sang spesies kadal terbesar di dunia juga diketahui pernah memangsa manusia. Reptil ini bisa mencapai panjang 3 meter dan berat 150 kilogram sehingga mereka jelas mampu memangsa manusia. Gigitannya bisa menyebabkan pendarahan, plus liur beracun di mulutnya mengandung bakteri berbahaya dan bisa menyebabkan infeksi.

Laman Smithsonian mencatat beberapa kasus serangan komodo yang berakibat fatal. Salah satu korbannya adalah seorang bocah berusia 8 tahun yang dimangsa pada tahun 2007 lalu. Padahal, bocah tersebut adalah penduduk asli Pulau Komodo. Itu membuktikan bahwa komodo adalah hewan berbahaya yang tak bisa diremehkan.

Itulah lima hewan liar yang bisa dan memang pernah memangsa manusia. Semua pengalaman mengerikan di atas menjadi peringatan bahwa kita sebagai manusia harus merespek hewan-hewan tersebut dan tidak menganggap remeh. Kalau suatu saat kamu bertemu langsung dengan salah satu dari mereka, kamu harus sangat berhati-hati!

Baca Juga: Unik, 6 Hewan Ini Tampak Seperti Gabungan Dua Jenis Hewan Berbeda

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya