Comscore Tracker

Mengejutkan! 5 Hewan Ini Ternyata Punya Suara yang Gak Sesuai Tampang

Kok, suara citah mirip burung?

Suara hewan apa saja yang kamu ketahui? Kamu pasti tahu suara hewan yang ada di sekitarmu, misalnya anjing, kucing, burung, dan ayam. Kamu juga mungkin tahu seperti apa suara hewan-hewan liar yang terkenal, misalnya singa, harimau, gajah, dan serigala.

Bagaimana dengan hewan-hewan lain? Mungkin kamu punya dugaan tersendiri tentang bagaimana suara berbagai jenis hewan. Bisa jadi kamu menebak berdasarkan penampilannya dan membayangkan suara macam apa yang kira-kira cocok dengan hewan tersebut.

Namun, hati-hati, penampilan bisa menipu. Berikut ini ada lima hewan yang suaranya mungkin sangat mengejutkan bagimu karena tidak sesuai dengan tampangnya. Ini dia ulasannya.

1. Citah

https://www.youtube.com/embed/E6Qh3VTmtxU

Menurutmu, seperti apa suara citah? Bisa jadi kamu berpikir bahwa suara mereka mirip auman singa atau harimau. Namun, coba putar video di atas dan mungkin kamu akan terkejut!

Ya, suara citah ternyata mirip kucing, bahkan kadang bisa seperti burung! Hewan dengan lari tercepat di dunia ini memang tidak bisa mengaum seperti singa atau harimau. Karena itu, mereka tidak termasuk genus Panthera alias keluarga kucing besar. Gimana, kaget gak mengetahui suara citah yang sebenarnya?

2. Elang botak

https://www.youtube.com/embed/PQ2uMauyBow

Elang botak adalah salah satu spesies elang paling terkenal. Hewan yang jadi lambang negara Amerika Serikat ini terkenal dengan penampilannya yang gagah. Mungkin kamu pernah mendengar suara jeritan mereka yang sangar di film-film Hollywood. Namun, benarkah suara mereka seperti itu?

Ternyata, tidak. Putar video di atas dan mulai detik ke-37. Kamu akan tahu seperti apa suara mereka sebenarnya. Suara elang botak yang terkenal itu ternyata bukan suara asli mereka, tapi suara elang ekor merah.

Kenapa elang botak perlu pengisi suara supaya suaranya terdengar lebih keren di film? Tentu saja untuk mengesankannya sebagai simbol kekuatan Amerika Serikat. Dengan penampilannya yang sangar, tentu gak cocok kalau suaranya mirip burung kecil, bukan?

Baca Juga: 7 Hewan dengan Pendengaran Terbaik di Dunia, Kelelawar Bukan Juaranya!

3. Koala

https://www.youtube.com/embed/jmeBQVQIsTU

Melihat tampang koala yang lucu, suara seperti apa yang ada di benakmu? Kalau kamu membayangkan suara yang manis, kamu salah besar. Suara koala, khususnya koala jantan, ternyata cukup berat dan dalam, bahkan bisa dibilang menyeramkan, seperti yang bisa kamu dengar dalam video di atas.

Itu karena koala punya organ vokal khusus yang tidak dimiliki hewan mamalia lain. Suara yang berat tersebut dikeluarkan koala jantan untuk mencari pasangan. Nah, karena terdengar sangat macho, suara koala ternyata jadi salah satu suara yang dipakai untuk membuat suara T-Rex di film Jurassic Park, loh!

4. Rubah

https://www.youtube.com/embed/zBpZTo1dlPM

"What does the fox say?" kata sebuah lagu terkenal yang mungkin pernah kamu dengar. Well, sekarang kamu tahu jawabannya. Ternyata rubah berteriak!

Dikutip dari Live Science, rubah juga bisa menggonggong seperti anjing, tapi suaranya lebih tinggi. Seperti hewan-hewan lain, rubah mengeluarkan suara dengan beragam tujuan, seperti berkomunikasi, mengintimidasi musuh, dan mencari pasangan.

5. Elk

https://www.youtube.com/embed/vmlN5W6CWs8

Elk adalah salah satu spesies rusa terbesar yang punya habitat di Amerika Utara dan Asia Barat. Panjang hewan ini bisa mencapai 2,4 meter; tinggi 1,5 meter; berat 300 kg; dan punya tanduk yang besar. Dari deskripsi itu, kira-kira seperti apa suara mereka? Coba putar video di atas dan cari tahu apakah tebakanmu benar.

Unik, 'kan, suaranya? Sekilas terdengar seperti suara teriakan yang cukup mengerikan. National Geographic bahkan sampai menyebut suara elk itu seperti suara iblis di film Lord of the Ring! Menurutmu mirip, gak?

Itulah lima hewan dengan suara yang mengejutkan. Tampang bisa jadi menipu, ya. Gimana, adakah yang membuatmu terkejut?

Baca Juga: Mengenal Gelotophobia, Ketakutan Seseorang Terhadap Suara Tawa

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You