Comscore Tracker

Unik, 5 Hewan Ini Memiliki Bagian Tubuh dengan Jumlah Tak Biasa

Ada yang punya tiga jantung!

Secara anatomi, tubuh manusia dan hewan memiliki beberapa persamaan dan perbedaan. Misalnya, kebanyakan hewan memiliki dua mata seperti manusia. Namun, ada juga hewan yang jumlah anggota tubuhnya lebih banyak daripada manusia, misalnya jumlah kaki. Ada hewan yang kakinya empat, enam, delapan, bahkan hingga ratusan kaki.

Ternyata, gak cuma kaki, beberapa hewan memiliki kelebihan jumlah pada bagian-bagian tubuh yang gak biasa, misalnya hidung, penis, jantung, dan lain sebagainya. Mau tahu hewan apa saja yang seperti itu? Ini dia ulasannya.

1. Siput punya dua hidung 

Unik, 5 Hewan Ini Memiliki Bagian Tubuh dengan Jumlah Tak Biasadiscoverwildlife.com

Kebanyakan hewan punya satu hidung, tapi siput ternyata punya sepasang alias dua buah hidung. Well, secara teknis sebenarnya siput tidak memiliki hidung seperti yang kebanyakan hewan miliki. Namun, mereka juga punya organ untuk mencium bau, yaitu tentakel yang terdapat di kepalanya.

Dilansir laman USBC Science Line, siput memiliki dua pasangan tentakel. Sepasang tentakel di bagian atas kepalanya berfungsi seperti mata, yaitu untuk mendeteksi cahaya. Sementara, sepasang tentakel yang terletak di samping kepalanya berfungsi untuk mencium bau, seperti hidung. Selain itu, tentakelnya itu juga berfungsi sebagai indra peraba.

2. Lemur punya dua lidah 

Unik, 5 Hewan Ini Memiliki Bagian Tubuh dengan Jumlah Tak Biasaunz.com

Sementara lemur memiliki kelebihan dalam jumlah lidahnya. Mereka memiliki dua buah lidah. Dilansir laman Mom, hewan primata yang hidup di Madagaskar ini memiliki dua lidah yang berbeda fungsi. Pertama adalah lidah utama, yang fungsinya sama seperti lidah hewan pada umumnya, yaitu untuk membantu mereka makan.

Nah, di bawah lidah utamanya, lemur memiliki satu lidah lagi yang berukuran lebih kecil. Lidah itu disebut grooming tongue atau lidah berdandan. Lidah ini lebih kaku dan mereka menggunakannya untuk berdandan alias untuk membersihkan tubuh lemur lain. Lemur saling menjliati tubuh dengan lidah ini untuk menyingkirkan kotoran ataupun kutu dari tubuh mereka.

Baca Juga: 10 Fakta Unik tentang Otak Hewan, Gak Semua Hewan Punya

3. Gurita punya tiga jantung 

Unik, 5 Hewan Ini Memiliki Bagian Tubuh dengan Jumlah Tak Biasanytimes.com

Gurita punya jumlah yang menakjubkan dalam hal jantungnya. Dilansir Science Focus, gurita memiliki tiga buah jantung dan itu bukan tanpa alasan. Tidak seperti manusia dan kebanyakan hewan, darah gurita tidak mengandung hemoglobin yang berfungsi untuk mengikat oksigen. Sebaliknya, darah mereka mengandung hemosianin.

Kandungan hemosianin membuat darah gurita memiliki warna unik, yaitu biru. Namun sayangnya, hemosianin tidak seefektif hemoglobin dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Karena itulah, gurita butuh tiga jantung sekaligus supaya seluruh tubuh beserta delapan tentakel mereka yang aktif bisa mendapat cukup oksigen untuk beraktivitas.

4. Hiu punya dua penis 

Unik, 5 Hewan Ini Memiliki Bagian Tubuh dengan Jumlah Tak Biasathoughtco.com

Hiu jantan memiliki keunikan karena mereka memiliki dua penis. Well, sebenarnya secara teknis mereka bukan punya dua penis, tapi dua clasper. Clasper sendiri adalah organ yang digunakan untuk memasukkan sperma ke dalam kelamin hiu betina. Meski memiliki dua clasper, hiu sebenarnya hanya menggunakan satu clasper saja saat kawin.

5. Lintah punya 32 otak 

Unik, 5 Hewan Ini Memiliki Bagian Tubuh dengan Jumlah Tak Biasaforbes.com

Nah, dari antara semuanya, bisa dibilang yang paling aneh adalah lintah. Itu karena hewan ini memiliki otak yang jumlahnya 32 buah! Well, secara teknis, mereka sebenarnya memiliki satu otak. Namun, tubuh lintah terdiri dari 32 segmen yang masing-masing memiliki ganglia.

Ganglia adalah kumpulan neuron yang berfungsi mengatur koordinasi tubuh. Masing-masing ganglia bisa mengatur segmennya sendiri. Makanya, bisa dibilang bahwa lintah memiliki 32 otak. Selain itu, The Guardian menyebut bahwa lintah juga punya 10 perut dan 18 testikel. Luar biasa!

Itulah lima contoh hewan yang memiliki bagian-bagian tubuh dengan jumlah tak biasa. Unik banget, ya! Kebayang gak kalau bagian-bagian tubuh kita juga jumlahnya seperti mereka?

Baca Juga: 7 Hewan Ini Berkerabat dengan Hewan yang Gak Disangka, Bisa Tebak?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya