Comscore Tracker

Bikin Haru, 4 Hewan Ini Adakan Pemakaman Saat Temannya Mati

Mereka bisa merasakan kesedihan seperti kita

Pemakaman adalah bagian dari kebudayaan manusia sejak dulu kala. Ketika seseorang meninggal, keluarga dan teman-temannya akan menguburkannya dengan disertai sebuah upacara pemakaman. Prosesinya bisa berbeda-beda di berbagai kebudayaan, tapi intinya sama yaitu melepas kepergian orang yang terkasih yang telah berpulang.

Tapi bagaimana dengan hewan? Apakah hewan akan melakukan hal yang sama ketika melihat sesama mereka mati? Ternyata jawabannya adalah ya. Setidaknya ada empat jenis hewan yang diketahui melakukan ritual yang mirip pemakaman manusia. Berikut ini adalah empat hewan tersebut.

1. Gajah

Bikin Haru, 4 Hewan Ini Adakan Pemakaman Saat Temannya Matilifebuzz.com

Sebagai salah satu hewan yang terkenal paling cerdas, gajah punya kesadaran yang tinggi ketika melihat sesamanya yang mati. Seluruh kelompok akan datang bersama-sama ke lokasi gajah yang mati tersebut dan memberikan "penghormatan terakhir" layaknya manusia.

Caranya misalnya dengan menyentuh lembut tubuh atau tulang-tulangnya. Terkadang mereka bahkan mencoba menutupi bangkai gajah tersebut dengan daun atau rerumputan. Dan jika gajah yang mati ternyata adalah anggota kelompok mereka, seluruh anggota kelompok bisa tetap tinggal di lokasi hingga berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu.

2. Simpanse

Bikin Haru, 4 Hewan Ini Adakan Pemakaman Saat Temannya Matimnn.com

Simpanse juga adalah hewan yang sangat cerdas dan hidup dalam kelompok, plus mereka kerap dianggap sebagai hewan kerabat dekat manusia. Maka tidak heran jika mereka pun akan mengadakan pemakaman saat ada sesamanya yang mati.

Ketika ada seekor simpanse yang sekarat dalam kelompok, para anggota kelompok akan datang dan menemani di sisinya, persis seperti manusia. Mereka akan tetap berada di sampingnya sampai simpanse tersebut mati. Dan jika seekor induk kehilangan bayinya, si induk akan tetap menggendongnya berhari-hari sampai akhirnya ia bisa menerima kepergian anaknya.

Baca Juga: 9 Fakta Unik Tentang Gajah, Hewan Raksasa yang Perasa

3. Lumba-lumba

Bikin Haru, 4 Hewan Ini Adakan Pemakaman Saat Temannya Matismithsonianmag.com

Lumba-lumba adalah hewan laut pertama yang diketahui mengadakan semacam ritual pemakaman saat ada sesamanya yang mati. Para peneliti menemukan bahwa ketika ada seekor lumba-lumba mati di dasar laut, beberapa lumba-lumba berkeliling di sekitarnya. Seolah berjaga, mereka menunjukkan reaksi agresif saat peneliti ingin mencoba mengambil mayatnya.

Bahkan sekali waktu, ketika lumba-lumba yang mati terdampar ke pantai, beberapa lumba-lumba tidak segan-segan untuk berjaga-jaga di dekat pantai. Ketika burung-burung laut datang untuk memakan bangkai lumba-lumba tersebut, lumba-lumba yang berjaga langsung mengusirnya. Semua itu menunjukkan bahwa mereka sangat peduli pada sesamanya yang mati.

4. Gagak

Bikin Haru, 4 Hewan Ini Adakan Pemakaman Saat Temannya Matiperkypet.com

Meski bukan mamalia, gagak juga punya kepedulian yang sama seperti ketiga hewan tadi. Burung yang terkenal cerdas ini juga hidup dalam kelompok seperti gajah dan simpanse, dan ketika ada anggota kelompoknya yang mati, mereka juga tidak akan diam saja.

Gagak akan memanggil anggota kelompok yang lain untuk hadir di "pemakaman". Mereka lalu akan berkumpul dan memperhatikan si burung yang mati dengan seksama. Terkadang mereka terbang, lalu kembali sambil membawa sesuatu, misalnya pecahan kaca, dan meletakkannya di samping mayat temannya, seolah sebagai hadiah terakhir.

Itulah empat hewan yang diketahui mengadakan semacam ritual pemakaman saat ada sesamanya yang mati. Jika hewan saja melakukan hal semacam itu, tentu kita sebagai manusia juga harus menunjukkan kepedulian dan respek terhadap sesama kita bukan?

Baca Juga: 5 Kemampuan Super yang Dimiliki Hewan, Ada yang Bisa Hidup Abadi

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You