Comscore Tracker

Gak Hanya Mamalia, 5 Hewan Ini Juga Memiliki Rambut pada Tubuhnya

Mulai dari serangga hingga ikan

Rambut adalah penutup tubuh yang biasanya dimiliki hewan mamalia. Rambut bahkan sudah jadi ciri khas mamalia, termasuk manusia. Sebagai catatan, rambut berbeda dengan bulu karena bulu adalah penutup tubuh hewan unggas seperti burung. Hampir semua mamalia memiliki rambut dan hanya sebagian kecil saja yang botak alias tidak berambut.

Namun ternyata, mamalia bukanlah satu-satunya jenis hewan yang memiliki rambut. Beberapa jenis hewan lain juga memilikinya, misalnya lima hewan berikut ini. Apakah rambut yang mereka miliki sama dengan rambut mamalia? Ini dia ulasannya.

1. Tarantula 

Gak Hanya Mamalia, 5 Hewan Ini Juga Memiliki Rambut pada Tubuhnyanationalgeographic.com

Salah satu hewan selain mamalia yang terkenal memiliki rambut adalah tarantula. Jenis laba-laba dari famili Theraphosidae ini memiliki sekitar sembilan ratus spesies yang tersebar di hampir semua benua. Rambut halus pada perut dan kaki menjadi ciri khas laba-laba ini dan itu juga salah satu alasan laba-laba ini ditakuti banyak orang.

Banyak spesies tarantula memiliki kemampuan untuk merontokkan bulunya. Fungsinya adalah untuk pertahanan karena rambut tersebut bisa menyebabkan iritasi, terutama jika masuk ke dalam hidung atau mata. Makanya, rambut tarantula sebenarnya lebih berbahaya daripada gigitan mereka, yang disebut laman One Kind Planet tidak jauh berbeda dari sengatan lebah.

2. Ngengat 

Gak Hanya Mamalia, 5 Hewan Ini Juga Memiliki Rambut pada Tubuhnyapbase.com

Beberapa spesies serangga juga terkenal memiliki rambut pada tubuhnya, salah satunya adalah ngengat wol besar (Tolype velleda) yang ada pada gambar di atas. Spesies ngengat yang hidup di Amerika Serikat ini berukuran 3--5 cm dan memiliki rambut halus yang menutupi tubuhnya.

Kenapa ngengat memiliki rambut? Salah satunya adalah untuk menjaga tubuhnya tetap hangat, sama seperti mamalia. Pada beberapa spesies, rambut mereka juga berfungsi untuk mengecoh predator, misalnya kelelawar. Rambut pada tubuh ngengat juga berguna untuk lingkungan karena membuat mereka jadi penyerbuk yang efektif.

Baca Juga: Punya Makna Khusus, 5 Hewan Ini Dianggap Istimewa di Suku-Suku Ini   

3. Katak berambut 

Gak Hanya Mamalia, 5 Hewan Ini Juga Memiliki Rambut pada Tubuhnyascientificamerican.com

Katak berambut (Trichobatrachus robustus) adalah spesies katak unik yang memiliki semacam rambut di bagian samping tubuhnya. Menurut laman Scientific America, "rambut" itu adalah semacam papila yang hanya dimiliki oleh pejantan pada musim kawin. Fungsinya sendiri adalah untuk mempermudah katak ini bernapas saat berada di dalam air.

Selain rambutnya, katak ini juga sangat unik karena memiliki mekanisme pertahanan yang keren sekaligus horor. Caranya yaitu dengan sengaja mematahkan tulang jari kakinya sehingga patahan tulang yang tajam akan menembus kulitnya dan bisa dipakai untuk mempertahankan diri dari predator. Gak heran jika katak ini pun memiliki sebutan lain, yaitu katak wolverine!

4. Ikan katak berambut 

Gak Hanya Mamalia, 5 Hewan Ini Juga Memiliki Rambut pada Tubuhnyanationalgeographic.com

Ada katak berambut, ada pula ikan katak berambut (Antennarius striatus). Ikan ini merupakan salah satu spesies ikan katak, yaitu jenis ikan yang mirip katak karena memiliki mulut lebar dan lebih banyak berjalan di dasar laut daripada berenang. Spesies ikan yang satu ini unik karena tubuhnya ditutupi semacam rambut halus.

Namun sebenarnya, itu bukan benar-benar rambut, melainkan duri-duri tipis dan panjang yang menyerupai rambut. Duri-duri itu membuat penampilan ikan ini seperti koral dan rumput laut. Penyamaran mereka semakin sempurna karena juga bisa berubah warna. Merupakan pemakan ikan kecil dan udang, ikan ini tersebar di hampir seluruh lautan di dunia, termasuk Indonesia.

5. Lobster yeti

Gak Hanya Mamalia, 5 Hewan Ini Juga Memiliki Rambut pada Tubuhnyafactanimal.com

Last but not least, ada lobster yeti (Kiwa hirsuta), lobster super unik yang penampilannya mirip yeti, si manusia salju berbulu putih yang konon hidup di Himalaya. Rambut putih di capit dan kakinya menyebabkan lobster ini mendapatkan nama tersebut. Rambut itu sendiri sebenarnya merupakan setae, penutup tubuh hewan yang mirip rambut tapi lebih kaku.

Menurut laman Fact Animal, fungsi setae itu sendiri diperkirakan untuk membantu lobster ini mendeteksi mangsanya. Selain itu, setae mereka juga ditumbuhi berbagai macam bakteri. Bakteri tersebut adalah salah satu menu makan lobster ini. Jadi, bisa dibilang, lobster ini memiliki semacam peternakan di capitnya. Keren, ya!

Itulah lima jenis hewan selain mamalia yang ternyata juga memiliki rambut pada tubuhnya. Meski memiliki beberapa perbedaan dengan rambut mamalia, rambut hewan-hewan di atas juga punya fungsi masing-masing yang gak kalah penting untuk bertahan hidup.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Kotoran Hewan, Ada Hewan yang Memakainya Sebagai Kosmetik

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya