Comscore Tracker

Mengejutkan, 5 Hewan Ini Ternyata Bisa Memangsa Ular

Ular bisa dibuat tak berkutik oleh hewan-hewan ini

Ular adalah salah satu jenis hewan yang semua spesiesnya adalah karnivor. Mulai dari ular terkecil hingga yang terbesar, setiap spesies ular adalah predator yang memangsa hewan lain. Tapi sebenarnya ular pun bisa jadi mangsa bagi banyak hewan lain, misalnya burung elang, burung hantu, musang, rakun, bahkan sesama ular sendiri.

Nah, selain hewan-hewan tersebut, ternyata ada beberapa hewan lain yang tanpa disangka juga kerap memangsa ular. Beberapa dari mereka berukuran lebih kecil, tapi itu gak menghalangi mereka untuk memangsa hewan yang ditakuti banyak orang ini. Inilah lima hewan di antaranya.

1. Mantis 

https://www.youtube.com/embed/88Wj5zWKi7U

Mantis biasa disebut juga belalang sembah. Tapi mereka sangat berbeda dengan belalang sejati yang adalah pemakan tumbuhan. Sebaliknya, mantis adalah serangga predator yang ganas dan bisa memangsa hewan berukuran lebih besar dari tubuhnya.

Laman Animal Corner menyebut bahwa mantis bisa memangsa burung kecil, mamalia kecil, dan juga reptil. Itu termasuk ular, seperti bisa kamu lihat dalam video di atas. Menggunakan dua kaki depannya yang berduri, mantis menangkap ular dengan erat lalu memakannya hidup-hidup. Ngeri juga ya!

2. Tarantula 

Mengejutkan, 5 Hewan Ini Ternyata Bisa Memangsa Ularlivescience.com

Tak hanya serangga, laba-laba pun ada yang bisa memangsa ular. Tepatnya adalah tarantula, jenis laba-laba terbesar di dunia. Spesies tarantaula yang besar bisa mencapai bentang sayap hingga 30 cm, misalnya tarantula goliat pemakan burung (Theraphosa blondi). National Geographic menyebut bahwa tarantula itu bisa dibilang pemakan segala, termasuk ular.

Tarantula Grammostola quirogai pernah ditemukan memangsa ular tak berbisa sepanjang 30 cm. Sementara tarantula goliat pemakan burung malah bisa memangsa ular berbisa, misalnya viper fer-de-lance. Tarantula menggunakan taringnya yang mencapai 2 cm untuk menyuntikkan bisa dan melumpuhkan lalu memakannya.

Baca Juga: 7 Hewan Ini Berkerabat dengan Hewan yang Gak Disangka, Bisa Tebak?

3. Biawak 

Mengejutkan, 5 Hewan Ini Ternyata Bisa Memangsa Ularcairnspost.com.au

Biasanya, kadal menjadi mangsa bagi ular. Tapi terkadang rantai makanan bisa berbalik sehingga justru ular yang dimakan oleh kadal. Salah satu jenis kadal yang bisa memangsa ular adalah biawak (genus Varanus). Biawak memang merupakan jenis kadal terbesar, maka wajar jika mereka memiliki kemampuan memangsa ular.

Laman National Parks menyebut bahwa biawak memang adalah karnivor pemakan segala. Selain ular, mereka juga makan mamalia, kepiting, ikan, serangga, dan bangkai. Menggunakan gigi tajam, racun, serta liur yang mengandung bakteri, biawak bisa melumpuhkan hewan yang lebih kecil maupun lebih besar dari tubuhnya sendiri.

4. Katak 

Mengejutkan, 5 Hewan Ini Ternyata Bisa Memangsa Ularnine.com.au

Seperti kadal, katak pun biasanya menjadi mangsa ular. Tapi ada beberapa jenis katak yang justru bisa memangsa ular. Misalnya bullfrog, jenis katak berukuran besar yang merupaka pemakan segala. Dilansir Roaring Earth, bullfrog bisa memangsa ular, tikus, ikan, siput, kelelawar, dan bahkan sesama spesiesnya sendiri.

Dalam satu peristiwa yang langka, katak pohon hijau australia (Ranoidea caerulea) bahkan pernah didapati memangsa salah satu ular paling berbisa di dunia, yaitu taipan pesisir (Oxyuranus scutellatus). Dilansir India Today, ular tersebut sempat berkali-kali menggigit si katak, tapi pada akhirnya tetap kalah dan dimangsa. Luar biasa!

5. Ikan 

Mengejutkan, 5 Hewan Ini Ternyata Bisa Memangsa Ularhowstuffworks.com

Terakhir, bahkan ikan pun ada yang memiliki kemampuan memangsa ular. Bukan sekadar ular, tapi ular berbisa. Ikan itu adalah ikan bass bermulut besar (Micropterus salmoides). Dilansir laman Bassmaster, ikan ini memang pemakan segala, persis seperti bullfrog. Mereka bisa makan serangga, katak, kadal, ular, burung, dan sesamanya sendiri.

Ada pula ikan gar aligator (Atractosteus spatula), ikan yang bisa mencapai panjang 3 meter dan berat 158 kg. Ikan ini juga memiliki deretan gigi tajam, sehingga cocok disebut gar aligator. Karena ukuran dan gigi-gigi tajamnya itu, tak heran jika predator ganas ini bisa memangsa banyak jenis hewan, termasuk kura-kura, mamalia, ular, dan bahkan pernah menyerang manusia!

Itulah lima jenis hewan yang secara mengejutkan ternyata bisa memangsa ular. Ya, meskipun ular adalah predator yang ditakuti banyak hewan, ternyata mereka juga bisa takluk pada hewan-hewan tersebut. Gak disangka ya!

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Ekor Hewan, Ada Hewan yang Berekor Enam 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya