Comscore Tracker

5 Hewan Unik Endemik India, dari Tupai Raksasa Hingga Laba-Laba Biru

India ternyata memiliki hewan-hewan endemik yang unik

India adalah negara di Asia Selatan yang terkenal dengan kepadatan penduduknya. Ketika mendengar tentang India, yang langsung terlintas di benakmu mungkin adalah film-film Bollywood yang mendunia, atau makanan khas mereka yang lezat.

Tapi tentu masih ada hal-hal menarik lain yang bisa kita lihat dan pelajari tentang India. Misalnya keanekaragaman satwanya. Tahukah kamu apa saja hewan unik dan menakjubkan yang hidup di negara tersebut? Ini dia lima hewan unik yang merupakan endemik negara India.

1. Tupai raksasa india 

5 Hewan Unik Endemik India, dari Tupai Raksasa Hingga Laba-Laba Birusmithsonianmag.com

Tupai raksasa india (Ratufa indica) bukanlah tupai biasa. Pertama, seperti terlihat dari foto di atas, tupai ini memiliki warna rambut ungu yang cantik, sebuah warna yang cukup jarang terdapat pada hewan. National Geographic sendiri menyebut bahwa fungsi warna yang tak biasa itu bisa jadi adalah membantu mereka berkamuflase di daerah berbayang di hutan.

Kedua, tentu saja ukuran mereka yang besar, sehingga mereka disebut tupai raksasa. Panjang tupai ini bisa mencapai 45 cm dan berat 3 kg. Tupai unik ini hanya terdapat di India, khususnya di daerah Semenanjung India. Namun penebangan hutan yang parah membuat habitat alami tupai ini terus berkurang.

2. Babi kerdil 

5 Hewan Unik Endemik India, dari Tupai Raksasa Hingga Laba-Laba Biruindiasendangered.com

Spesies babi terkecil di dunia. Babi kerdil (Porcula salvania) hanya memiliki ukuran panjang hingga 70 cm dan berat 11,8 kg. Mereka merupakan endemik India dan populasinya hanya terbatas di Taman Nasional Manas di kaki Pegunungan Himalaya.

Babi kerdil merupakan hewan omnivor. Makanan mereka mencakup akar dan umbi-umbian, hewan pengerat, kadal, serta serangga. Karena persebaran yang terbatas dan habitat yang semakin berkurang, laman Edge of Existence memperkirakan hanya ada 200-500 individu babi kerdil yang tersisa di alam liar.

Baca Juga: 5 Binatang Endemik Kepulauan Balearic, Spanyol yang Eksotis

3. Makaka berekor singa 

5 Hewan Unik Endemik India, dari Tupai Raksasa Hingga Laba-Laba Birutoehold.in

India juga punya sejenis primata endemik yang unik, yaitu makaka berekor singa (Macaca silenus). Sebutan makaka berekor singa diberikan karena monyet ini memiliki ekor yang panjang dan langsing dengan rumbai rambut di ujungnya, persis ekor singa. Panjang mereka sekitar 1 meter hingga ke ekor dan berat maksimal 10 kg.

Makaka berekor singa hanya bisa ditemukan di Pegunungan Ghats di India, dengan ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut. Makanan mereka mencakup buah dan dedaunan, tapi mereka juga makan serangga, kadal, katak, dan mamalia kecil. Mereka juga punya kantong pipi yang cukup besar, berfungsi untuk mengumpulkan banyak makanan dalam waktu singkat.

4. Marten nilgiri 

5 Hewan Unik Endemik India, dari Tupai Raksasa Hingga Laba-Laba Biruthehindu.com

Apakah kamu tahu marten? Marten adalah sejenis hewan dari keluarga musang yang biasanya hidup di kawasan hutan pinus di belahan utara bumi. Namun marten nilgiri (Martes gwatkinsii) unik karena justru hidup di India, tepatnya di India bagian selatan. Termasuk di wilayah Nilgiri, sehingga mereka disebut sebagai marten nilgiri.

Marten nilgiri memiliki ukuran panjang 55-65 cm dan berat rata-rata 2 kg. Mereka merupakan hewan arboreal, alias menghabiskan sebagian besar hidupnya di atas pohon. Merupakan hewan yang sangat sosial, marten nilgiri hidup dan berburu dalam kelompok. Hewan yang menjadi mangsa mereka mencakup burung, mamalia kecil, dan serangga.

5. Tarantula gooty 

5 Hewan Unik Endemik India, dari Tupai Raksasa Hingga Laba-Laba Birumadrascourier.com

India bahkan memiliki spesies tarantula endemik tersendiri, yaitu tarantula gooty (Poecilotheria metallica). Ada kata metallica dalam nama ilmiahnya, mengacu pada warna tarantula ini yang biru metalik. Mereka bahkan disebut juga sebagai tarantula biru metalik.

Laman The Tarantula Collective menyebut bahwa tarantula gooty memiliki ukuran bentang kaki sekitar 20 cm. Tidak seperti spesies lain, tarantula gooty tidak merontokkan bulunya saat merasa terancam. Hewan ini sangat pemalu, tapi warnanya yang cantik membuat mereka jadi salah satu favorit untuk dipelihara para penyuka tarantula.

Gimana, ternyata India gak hanya menakjubkan karena film-film atau makanannya bukan? Hewan-hewan asli negara ini pun sangat unik dan menarik untuk dipelajari. Dari kelima hewan di atas, yang mana yang menurutmu paling unik?

Baca Juga: 6 Hewan Endemik Pulau Sumatra Ini Terancam Punah, Miris dan Sedih

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya