Comscore Tracker

5 Hewan Unik Endemik Venezuela, Ada Katak Paling Bau di Dunia

Ada juga spesies tarantula yang sangat besar!

Venezuela adalah sebuah negara yang terletak di ujung utara Benua Amerika Selatan. Dibanding negara-negara lain di kawasan Amerika Latin, luas wilayah Venezuela terbilang gak terlalu besar. Tapi meski begitu, ternyata negara ini memiliki kekayaan alam yang luar biasa.

Venezuela termasuk di antara negara-negara dengan keanekaragaman hayati yang paling kaya. Ada banyak spesies hewan unik yang hidup di negara ini, dan beberapa di antaranya adalah endemik alias tidak bisa ditemukan di negara lain. Mau tahu apa saja? Ini dia 5 contoh hewan unik yang merupakan endemik Venezuela.

1. Kolibri berekor gunting 

5 Hewan Unik Endemik Venezuela, Ada Katak Paling Bau di Duniacornell.edu

Kolibri berekor gunting (Hylonympha macrocerca) adalah salah satu spesies kolibri paling langka sekaligus paling cantik di dunia. Mereka mendapatkan namanya karena bulu ekornya yang tampak seperti gunting ketika mengembang. Dilansir Birdlife, burung ini berukuran panjang 19 cm plus ekor 10 cm.

Kolibri berekor gunting merupakan endemik Semenanjung Paria, Venezuela. Saat ini status mereka terancam punah, dengan perkiraan populasi 5.000 hingga 6.000 individu pada tahun 2015. Kerusakan habitat membuat persebaran mereka yang memang sudah sangat kecil jadi semakin menyempit.

2. Oposum empat mata orinoco 

5 Hewan Unik Endemik Venezuela, Ada Katak Paling Bau di Duniaanimaldiversity.org

Sementara salah satu spesies mamalia endemik Venezuela yang unik adalah oposum empat mata orinoco (Philander deltae). Mereka mendapatkan nama unik tersebut karena ada dua bintik kecil di atas matanya. Ukuran oposum ini hingga ke ekor adalah 55 cm. Sebagai hewan marsupial, oposum ini memiliki kantung di perut untuk merawat bayinya yang baru lahir.

Dilansir Animal Diversity, oposum empat mata orinoco hanya bisa ditemukan di sekitar delta Sungai Orinoco di Venezuela Timur Laut. Namun status konservasi mereka tidak terancam punah. Diduga, hewan yang merupakan omnivor ini memiliki populasi yang cukup besar dan stabil.

3. Tarantula goliat berkaki pink 

5 Hewan Unik Endemik Venezuela, Ada Katak Paling Bau di Duniamymonsters.co.za

Venezuela juga memiliki spesies tarantula endemik, yaitu tarantula goliat berkaki pink (Theraphosa apophysis). Sesuai namanya, ciri khas dari tarantula ini adalah kakinya yang memiliki nuansa warna pink pucat. Dilansir laman Pet Bugs, tarantula ini adalah salah satu spesies tarantula yang paling diincar hobiis untuk dipelihara.

Sebabnya adalah ukuran mereka yang sangat besar, dengan bentang kaki bisa mencapai 33 cm! Namun mereka bukan tergolong jenis yang mudah dipelihara, karena perangainya agresif dan memiliki rambut halus yang bisa dirontokkan untuk menyerang pengganggu. Rambut halus itu bisa menyebabkan iritasi, terutama jika terkena mata atau hidung.

Baca Juga: 5 Hewan Endemik Kongo yang Unik, Salah Satunya Celurut Thor 

4. Katak marsupial raksasa 

5 Hewan Unik Endemik Venezuela, Ada Katak Paling Bau di Duniaalchetron.com

Katak marsupial raksasa (Gastrotheca ovifera) adalah katak yang sangat unik. Mereka termasuk jenis katak marsupial, yaitu katak yang memiliki ciri khas seperti marsupial alias mamalia berkantung. Ciri khas mereka adalah memiliki semacam kantung di punggungnya seperti hewan marsupial.

Kantung tersebut digunakan katak ini untuk membawa telur-telurnya. Telurnya akan menetas di dalam kantung tersebut dan menjadi kecebong. Mereka mendapat nutrisi dari tubuh induknya, lalu baru keluar setelah berubah menjadi katak kecil. Unik banget ya!

5. Katak sigung venezuela 

5 Hewan Unik Endemik Venezuela, Ada Katak Paling Bau di Duniaguinnessworldrecords.com

Tak hanya katak marsupial, Venezuela juga memiliki spesies katak endemik lain yang tak kalah unik. Namanya adalah katak sigung venezuela (Aromobates nocturnus), dan mereka mendapat nama itu karena bisa mengeluarkan bau busuk dari kulitnya. Laman Guinness World Records menyatakan katak ini sebagai spesies katak terbau di dunia!

Sama seperti sigung, katak ini juga mengeluarkan bau busuk untuk pertahanan dirinya. Katak ini sendiri berukuran cukup kecil, dengan panjang hanya 6,2 cm saja. Sayangnya katak ini sangat langka dan sudah terancam punah.

Itulah 5 spesies hewan unik yang merupakan endemik Venezuela, alias hanya bisa ditemukan di negara tersebut. Kalau menurutmu, yang mana yang paling menakjubkan?

Baca Juga: 5 Hewan Unik Endemik Kolombia, Gak Terdapat di Negara Lain 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya