Comscore Tracker

5 Hewan yang Akrab dengan Saudara Kandungnya, Sibling Goal Banget!

Kasih sayang gak hanya milik orangtua, tapi juga saudara

Kasih sayang orangtua memang tiada bandingnya. Gak hanya di dunia manusia, di dunia binatang pun ada banyak hewan yang pantas disebut ibu dan ayah yang baik. Kebanyakan termasuk hewan mamalia, tapi gak sedikit pula burung, reptil, serangga, serta hewan laut yang terbukti jadi orangtua yang rela berkorban.

Lalu bagaimana dengan kasih sayang kakak dan adik? Jika pada keluarga manusia kita kerap menemukan sibling goal, apakah di dunia binatang kita bisa menemukan hal serupa? Ternyata bisa! Berikut ini lima hewan yang pantas disebut sibling goal karena kasih sayang yang mereka tunjukkan pada saudara kandungnya.

1. Simpanse

5 Hewan yang Akrab dengan Saudara Kandungnya, Sibling Goal Banget!pinterest.com

Tentu gak mengherankan melihat simpanse ada di daftar ini, karena mereka adalah salah satu hewan yang perilakunya paling mirip manusia. Dilansir dari laman Release Chimps, simpanse melahirkan setiap 5-6 tahun. Maka ketika induknya melahirkan lagi, anak pertamanya sudah cukup besar untuk turut merawat adiknya.

Merawat bayi adalah pelatihan penting bagi anak simpanse, khususnya simpanse betina yang juga akan menjadi ibu. Namun simpanse jantan pun seringkali ikut merawat adiknya terutama ketika induknya sakit, bahkan mengadopsi adiknya jika induknya mati. Gak heran jika simpanse memilliki ikatan yang kuat gak hanya dengan induk tapi juga saudaranya. Sweet banget ya!

2. Gajah

5 Hewan yang Akrab dengan Saudara Kandungnya, Sibling Goal Banget!flickr.com

Senada dengan simpanse, anak gajah juga turut serta dalam merawat adiknya yang masih kecil. Gajah hidup dalam kelompok, dan pekerjaan merawat bayi memang menjadi tugas satu kelompok, bukan hanya sang induk. Khususnya bagi gajah betina yang masih muda, ikut serta merawat adik bisa membantunya belajar menjadi induk yang baik.

Baca Juga: Banyak Orang Baru Tahu 10 Fakta Tentang Hewan-hewan Kebun Binatang Ini

3. Gagak

5 Hewan yang Akrab dengan Saudara Kandungnya, Sibling Goal Banget!allaboutbirds.org

Selain dikenal sebagai salah satu burung paling cerdas, gagak juga ternyata pantas disebut kakak yang baik sekaligus anak berbakti. Dikutip dari Mentalfloss, gagak remaja kerap membantu induknya menjaga sarang dari serangan predator. Bahkan terkadang mereka membawakan makanan untuk ayah dan ibunya!

Dan sebagai kakak yang baik, gagak juga kerap memberi makan adik-adiknya. Dan itu dilakukan hingga cukup lama, bahkan sampai lebih dari satu dekade, mereka masih suka kembali ke sarang dan membantu orangtua serta adiknya. Benar-benar anak teladan!

4. Elang peregrin

5 Hewan yang Akrab dengan Saudara Kandungnya, Sibling Goal Banget!flickr.com

Selain gagak, spesies burung lain yang punya hubungan baik dengan saudara kandungnya adalah elang peregrin atau alap-alap kawah (Falco peregrinus). Namun cara hewan ini membangun interaksi positif dengan saudaranya ternyata cukup unik.

Laman The Dodo menceritakan bahwa kakak beradik elang peregrin kerap bermain bersama di udara. Selain itu mereka bahkan berlatih keterampilan berburu dengan salah satu berpura-pura menjadi mangsa dan yang satu sebagai predator. Lucu ya!

5. Katak cascade

5 Hewan yang Akrab dengan Saudara Kandungnya, Sibling Goal Banget!cbc.ca

Gak hanya mamalia dan burung, ternyata hewan amfibi pun ada yang pantas disebut sibling goal, lho. Adalah katak cascade (Rana cascadae) yang memiliki keunikan itu. Kebanyakan spesies katak memang punya kemampuan untuk mengenali saudaranya sewaktu masih menjadi kecebong.

Tapi katak cascade ternyata lebih hebat lagi. Mereka bisa tetap mengenali saudaranya bahkan setelah menjadi katak dewasa. Bahkan terkadang mereka akan meninggalkan kelompok yang tidak ada ikatan keluarga dan pergi untuk hidup bersama dengan kakak adiknya. Sibling goal banget kan?

Itulah lima hewan yang memiliki hubungan istimewa dengan kakak adiknya sehingga pantas disebut sibling goal. Menurutmu, mana yang paling menakjubkan?

Baca Juga: Susah Dibedakan, 8 Hewan Ini Jago Berpura-pura Menjadi Hewan Lain!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya