Comscore Tracker

5 Hewan yang Jago Menipu, Cerdas Sekaligus Licik!

Bukan cuma manusia yang suka menipu

Berbohong atau menipu adalah perbuatan yang identik dengan manusia. Mengelabui pihak lain memang menuntut kecerdasan dalam berpikir dan menyusun strategi. Gak heran jika manusia merupakan spesies yang paling ulung dalam berbohong di bumi ini.

Namun, tahukah kamu bahwa hewan pun ada yang mampu melakukan berbagai tipuan? Salah satu trik yang paling terkenal ialah berpura-pura mati dan itu dilakukan oleh cukup banyak hewan.

Namun, gak cuma itu. Beberapa hewan bisa menipu hewan lain untuk mendapat keuntungan, bahkan ada yang tega menipu spesiesnya sendiri! Inilah lima contoh penipu ulung dari dunia binatang.

1. Tupai kelabu timur

5 Hewan yang Jago Menipu, Cerdas Sekaligus Licik!animalia.bio

Tupai kelabu timur (Sciurus carolinensis) mencari makan berupa kacang-kacangan dan biji-bijian lalu menyimpannya untuk dimakan kemudian. Dilansir National Wildlife Federation, tupai yang satu ini tidak menyimpan semua makanannya di satu tempat. Mereka menggali banyak lubang di berbagai lokasi di tanah untuk menyimpannya.

Sayangnya, metode seperti itu punya kelemahan tersendiri yaitu makanan mereka kerap dicuri oleh tupai lain. Nah, untuk mengatasinya, tupai ini punya trik yang ampuh untuk menipu para tupai pencuri.

Jika saat menggali lubang si tupai merasa ada tupai lain yang mengintai, ia akan berpura-pura meletakkan makanannya di dalam lubang, padahal sebenarnya tidak.

Ia lalu akan menggali lubang lain dan kembali berpura-pura meletakkan makanan di dalamnya. Si tupai pencuri pun akan menggali lubang tersebut dan tertipu karena ternyata lubang itu kosong. Setelah beberapa kali tertipu lubang kosong, ia biasanya akan menyerah dan pergi. Rasakan, tuh. Suka mencuri, sih!

2. Burung jay biru

5 Hewan yang Jago Menipu, Cerdas Sekaligus Licik!cbc.ca

Jika tupai kelabu timur menggunakan tipuan untuk mengelabui pencuri, burung jay biru (Cyanocitta cristata) justru kerap menipu untuk alasan yang lebih "egois". Menurut laman Bird Watching Daily, burung yang pandai meniru berbagai suara ini kerap menirukan suara pekikan elang.

Kenapa? Diperkirakan, alasannya supaya burung-burung lain yang mendengar suara itu akan kabur karena mengira ada burung pemangsa yang datang. Dengan demikian, si burung jay biru pun bisa dengan leluasa memonopoli sumber makanan sendirian. Duh, licik banget, ya!

Baca Juga: 7 Hewan Eksotis yang Bisa Kamu Pelihara, Legal dan Mudah Dirawat

3. Cowbird berkepala coklat

5 Hewan yang Jago Menipu, Cerdas Sekaligus Licik!hbw.com

Beberapa spesies burung malah punya trik tipuan yang gak hanya licik, tapi bisa dibilang malas dan gak bertanggung jawab. Mereka melakukan praktik yang disebut parasit induk, yaitu induk burung yang menaruh telurnya di sarang burung lain. Tujuannya supaya induk burung lain itu jadi "orangtua asuh" bagi telur mereka!

Salah satu spesies burung yang melakukannya yaitu cowbird berkepala coklat (Molothrus ater). Dilansir Nest Watch, induk burung cowbird akan mencari sarang burung lain yang berisi telur lalu mengganti satu atau beberapa telur dengan telur miliknya sendiri. Si induk burung lain biasanya tertipu dan merawat telur cowbird karena mengira itu adalah telurnya.

Celakanya lagi, telur cowbird biasanya menetas lebih dulu daripada telur asli si induk. Makanya, si induk pun akan lebih dulu membesarkan anak cowbird daripada anaknya sendiri. Sering kali, hal itu berakibat anak kandung si induk justru tidak bertumbuh maksimal atau bahkan mati. Kasihan banget, ya!

4. Sotong

5 Hewan yang Jago Menipu, Cerdas Sekaligus Licik!montereybayaquarium.org

Sotong jantan punya trik tipuan yang sangat cerdas, tapi terbilang memalukan seandainya dilakukan oleh manusia. Laman Nature menjelaskan bahwa pada musim kawin, perbandingan antara sotong jantan dan betina biasanya adalah 4 banding 1. Makanya, para sotong jantan harus bersaing ketat untuk bisa mendapatkan pasangan.

Biasanya, sotong jantan yang memenangkan persaingan tentu ialah yang berukuran lebih besar. Setelah menang, si jantan akan menjaga pasangannya dengan ketat. Namun, jantan yang lebih kecil punya trik supaya bisa tetap kawin, meskipun kalah bersaing. Trik itu ialah berpura-pura menjadi betina!

Yap, si jantan kecil akan menunggu sampai si jantan besar sibuk makan lalu diam-diam mendekati si betina. Sambil melakukannya, si jantan kecil akan menyamar menjadi betina supaya si jantan besar gak curiga.

Trik ini terbukti lumayan ampuh. Sebanyak 30 dari 62 percobaan yang diamati berhasil membuat si jantan kecil mengawini si betina. Cerdik juga, ya!

5. Ikan trout

5 Hewan yang Jago Menipu, Cerdas Sekaligus Licik!flickr.com

Ikan trout betina mungkin punya trik tipuan yang paling unik dalam dunia hewan. Mereka bisa memalsukan orgasme saat kawin!

Pada saat kawin, tubuh trout jantan dan betina akan bergetar sebelum melepaskan sperma dan sel telur. Biasanya, pelepasan sperma dan sel telur terjadi bersamaan.

Namun, pada beberapa kesempatan, hanya trout jantan yang mengeluarkan sperma, sedangkan trout betina tidak melepaskan sel telur, meskipun tubuhnya bergetar seperti orgasme.

Trik tersebut kadang akan dilakukan trout betina berulang kali hingga akhirnya ia bertemu dengan trout jantan yang berukuran besar. Yap, trout betina memalsukan orgasme supaya bisa memilih pasangan yang paling "macho". Licik atau cerdik, nih?

Itulah lima hewan yang pantas disebut sebagai penipu paling ulung di dunia binatang. Kalau menurutmu, siapa yang layak dinyatakan sebagai juaranya?

Baca Juga: 8 Hewan Liar yang Kini Banyak Dijadikan Peliharaan, Sudah Jinak!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya