Comscore Tracker

5 Hewan yang Tubuhnya Berwarna Emas, Eksotis Banget!

Ada yang warna emasnya mengkilap!

Emas adalah salah satu jenis warna yang kerap dianggap paling indah. Selain indah, warna emas juga sering dianggap melambangkan kemewahan. Gak heran jika elemen logam emas mendapat julukan logam mulia.

Namun ternyata tidak hanya logam, hewan pun ada yang tubuhnya berwarna emas. Warna emas membuat hewan-hewan tersebut tidak hanya tampak sangat eksotis dan indah, tapi juga membuat mereka terlihat jauh berbeda dari hewan-hewan lainnya. Mau tahu hewan apa saja yang berwarna emas tersebut? Ini dia lima di antaranya.

1. Marmoset emas

5 Hewan yang Tubuhnya Berwarna Emas, Eksotis Banget!fineartamerica.com

Marmoset emas atau disebut juga tamarin singa emas (Leontopithecus rosalia) adalah sejenis primata endemik Brasil yang hidup di Hutan Amazon. Sebutan tamarin singa diberikan karena rambut di sekitar kepala dan leher mereka sangat lebat, persis seperti surai singa.

Menurut laman Thought Co, warna emas pada rambut mereka berasal dari karotenoid, pigmen oranye dalam buah-buahan makanan mereka. Saat ini distribusi mereka sangat kecil akibat kerusakan habitat, hingga mereka pun diberi status terancam punah.

2. Kumbang kura-kura emas

5 Hewan yang Tubuhnya Berwarna Emas, Eksotis Banget!cornerofthecabinet.com

Hewan berikutnya yang berwarna emas adalah kumbang kura-kura emas (Charidotella sexpunctata). Warna emas kumbang ini terlihat sangat menakjubkan karena mengkilap seperti logam. Namun yang lebih menakjubkan lagi adalah fakta bahwa mereka bisa mengubah warnanya.

Dilansir dari laman Insect Identification, mereka bisa mengubah warnanya menjadi merah kecoklatan berkat kutikula alias rangka luarnya yang mengandung pigmen. Sebutan kura-kura sendiri diberikan karena sayap mereka yang membulat layaknya cangkang kura-kura.

Baca Juga: Unik Banget! 5 Hewan Ini Memiliki Warna Ungu yang Indah

3. Katak panah emas beracun

5 Hewan yang Tubuhnya Berwarna Emas, Eksotis Banget!berkeley.edu

Katak panah emas beracun (Phyllobates terribilis) atau biasa disingkat katak emas adalah jenis katak beracun yang hidup di Kolombia. Katak ini termasuk salah satu spesies katak paling mematikan di dunia. Menurut National Geographic, seekor katak emas berukuran 5 cm punya cukup racun untuk membunuh 10 pria dewasa.

Suku Embera di Kolombia konon suka mencelupkan panah mereka ke dalam racun katak ini untuk melumpuhkan hewan saat berburu. Karena itulah mereka mendapat sebutan katak panah. Namun meski mematikan, nyatanya justru populasi mereka yang terus berkurang dan kini mereka dinyatakan terancam punah.

4. Burung penenun emas afrika

5 Hewan yang Tubuhnya Berwarna Emas, Eksotis Banget!hbw.com

Burung penenun atau dalam bahasa inggris disebut weaver memiliki beragam jenis warna. Namun burung penenun emas afrika (Ploceus subaureus) mungkin adalah yang paling cantik karena warnanya yang kuning keemasan. Mereka disebut juga burung penenun emas timur karena habitatnya di Afrika sebelah timur.

Burung penenun mendapatkan namanya karena mereka berlaku seperti penjahit dari alam. Tak terkecuali burung penenun emas afrika. Mereka menenun sendiri sarangnya menggunakan bahan-bahan seperti rumput, daun, batang, dan akar. Pintar sekali ya!

5. Biawak tegu

5 Hewan yang Tubuhnya Berwarna Emas, Eksotis Banget!flickr.com

Terakhir, ada biawak tegu (Tupinambis teguixin), spesies biawak yang berhabitat di Amerika Selatan bagian barat. Biawak ini terkenal dengan warnanya yang emas bergaris hitam, maka mereka juga kadang disebut biawak emas atau biawak tegu emas.

Laman Reptiles Magazine menyebut bahwa biawak yang satu ini sama sekali gak suka pilih-pilih makanan. Apapun hewan yang lebih kecil dari mereka akan mereka mangsa. Maka di balik warna emasnya, biawak yang bisa tumbuh sepanjang 1 meter ini merupakan predator yang kejam.

Itulah lima jenis hewan yang sangat unik karena tubuhnya berwarna emas. Menurutmu, yang mana dari antara mereka yang paling eksotis?

Baca Juga: 15 Potret Hewan Buas Saat Masih Kecil, Imut Banget!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You