Comscore Tracker

6 Ikan dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Kelelawar

Sayangnya beberapa sudah terancam punah

Ikan adalah salah satu jenis hewan dengan jumlah spesies terbanyak di bumi. Ada lebih dari 33 ribu spesies ikan yang telah diketahui, dan jumlahnya terus bertambah setiap tahun. Nah, dari sekian banyak spesies tersebut, tentu ada beberapa di antaranya yang penampilannya terbilang unik bahkan aneh.

Ikan apa sajakah itu? Dari ikan mirip kelelawar hingga ikan yang disebut sebagai ikan terjelek di dunia, inilah 6 ikan dengan penampilan terunik di dunia.

1. Ikan kelelawar berbibir merah

6 Ikan dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Kelelawartheverge.com

Dari namanya saja kamu pasti setuju kalau ikan yang satu ini sangat aneh. Bentuknya mirip kelelawar dan bibirnya merah persis seperti orang memakai lipstik. Sudah begitu, ikan ini juga lebih senang berjalan di dasar laut dengan menggunakan siripnya yang berfungsi seperti kaki.

Ikan kelelawar berbibir merah adalah endemik Kepulauan Galapagos. Mereka adalah karniovora yang memakan krustasea dan moluska. Di kepalanya ada semacam tanduk kecil yang dipakai untuk menarik mangsanya.

2. Handfish

6 Ikan dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Kelelawarthetimes.co.uk

Handfish secara harfiah berarti ikan bertangan, dan memang begitulah penampilan ikan ini. Mirip seperti ikan kelelawar, handfish juga menggunakan siripnya bukan untuk berenang melainkan untuk berjalan di dasar laut. Dan siripnya tersebut sangat unik karena berbentuk seperti tangan manusia, lengkap dengan 5 jarinya!

Baca Juga: 7 Ikan Unik yang Hanya Bisa Ditemui di Lautan Maumere, Yuk Diving!

3. Belut pelikan

6 Ikan dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Kelelawarreddit.com

Hewan ini bukan belut apalagi burung pelikan, meskipun memang penampilannya persis gabungan dua hewan tersebut. Belut pelikan tergabung dengan ordo yang sama dengan ikan sidat, maka tubuhnya pun ramping dan mirip seperti belut.

Yang paling mencolok dari penampilan ikan ini tentu adalah mulutnya yang sangat besar, hingga tampak tidak proporsional dengan tubuhnya. Ikan ini biasanya makan hewan-hewan kecil seperti udang dan cumi-cumi, tapi saat makanan sulit dicari, mereka bisa memakai mulutnya yang lebar untuk menelan hewan lain yang lebih besar dari badannya sendiri.

4. Barreleye fish

6 Ikan dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Kelelawarthemindlist.com

Barreleye fish adalah ikan yang sangat unik karena memiliki kepala berbentuk seperti kubah yang transparan. Di dalam kepalanya tersebut terdapat sepasang mata berbentuk tabung yang sangat sensitif dengan cahaya. Hal itu membuat ikan ini bisa tetap mencari mangsa di laut dengan kedalaman hingga 2.500 km.

5. Ikan matahari

6 Ikan dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Kelelawarfishingoutcast.com

Ikan matahari atau kadang disebut ikan mola mola memiliki bentuk tubuh yang terbilang sangat aneh. Ikan ini besar, panjangnya bisa mencapai 3,3 meter dan beratnya hingga 2,5 ton. Yang paling unik dari ikan ini tentu bentuknya yang sangat lebar dan pipih.

Selain itu ikan ini juga unik karena punya dua sirip besar, masing-masing di atas dan bawah tubuhnya, tapi mereka tidak punya ekor. Ikan ini hidup di samudera temperate dan tropis di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

6. Blobfish

6 Ikan dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Kelelawarranker.com

Blobfish mungkin adalah jenis ikan yang memiliki penampilan terunik di seluruh dunia. Ikan ini memiliki wajah yang persis manusia yang sedang sedih, lengkap dengan mata, hidung, dan bibir yang manyun. Karena penampilannya itu, pada tahun 2013 blobfish 'dianugerahi' gelar hewan terjelek di dunia!

Tapi gelar itu bukan ditujukan untuk menghina blobfish, melainkan sebagai kampanye untuk meningkatkan kesadaran manusia akan pentingnya menjaga kelestarian hewan, tidak hanya hewan yang lucu seperti panda tapi juga hewan yang dianggap jelek. Dan blobfish, si hewan terjelek di dunia, adalah maskot dari gerakan yang mulia tersebut.

Itulah 6 ikan dengan penampilan terunik di dunia. Beberapa dari antara mereka sudah terancam punah, maka kita perlu turut menjaga kelestariannya dengan cara menjaga kebersihan laut kita.

Baca Juga: 4 Serangga dengan Kepompong Terunik, Ada yang Bewarna Emas

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya