Comscore Tracker

10 Jenis Burung Pemangsa yang Ada di Dunia, Gak Cuma Elang!

Mereka merupakan predator yang hebat

Burung pemangsa alias bird of prey adalah sebutan untuk jenis burung yang mengejar dan menangkap mangsanya. Namun, tidak semua burung yang merupakan predator disebut burung pemangsa.

Dilansir Britannica, burung pemangsa juga memiliki ciri berupa paruh dan cakar yang tajam dan melengkung. Maka burung-burung seperti penguin, bangau, camar, pipit, dan banyak burung lain tidak disebut burung pemangsa, karena mereka tidak memiliki paruh dan cakar yang tajam melengkung.

Kalau begitu, burung apa saja yang disebut burung pemangsa? Ini dia sepuluh jenis burung pemangsa yang perlu kamu ketahui.

1. Elang 

10 Jenis Burung Pemangsa yang Ada di Dunia, Gak Cuma Elang!sandiegozoo.org

Burung yang pertama tentu adalah elang. Elang tergabung dalam famili Accipitridae, tapi tidak semua burung dalam famili ini adalah elang.

DilansirThe Spruce, ada sekitar 60 spesies elang, dan beberapa contoh yang terkenal adalah elang emas (Aquila chrysaetos), elang botak (Haliaeetus leucocephalus), serta elang harpy (Harpia harpyja).

2. Alap-alap 

10 Jenis Burung Pemangsa yang Ada di Dunia, Gak Cuma Elang!fieldmuseum.com

Berikutnya ada alap-alap, jenis burung pemangsa yang masuk dalam ordo Falconiformes dan genus Falco. Dalam bahasa Inggris, mereka disebut falcon. Meski mirip, alap-alap berbeda dengan elang, misalnya pada sayapnya yang lebih ramping dan lancip. Alap-alap terdiri dari sekitar 40 spesies, dan salah satu yang paling terkenal adalah alap-alap kawah (Falco peregrinus).

3. Elang-alap 

10 Jenis Burung Pemangsa yang Ada di Dunia, Gak Cuma Elang!cornell.edu

Selain elang dan alap-alap, ada pula elang-alap. Dalam bahasa Inggris, burung ini disebut hawk. Mereka tergabung dalam famili Accipitridae, sama seperti elang.

Perbedaan kunci antara keduanya adalah elang umumnya berukuran lebih besar dan lebih kuat dari elang-alap. Contoh spesies elang-alap adalah elang-alap jambul (Accipiter trivirgatus) yang ada di Indonesia.

4. Caracara 

10 Jenis Burung Pemangsa yang Ada di Dunia, Gak Cuma Elang!cornell.edu

Caracara adalah jenis burung pemangsa yang tergabung dalam famili Falconidae, artinya mereka berkerabat dekat dengan alap-alap. Dilansir Britannica, burung caracara memiliki ciri khas berupa kaki yang panjang dan kulit berwarna jingga atau merah di dekat pipi mereka. Caracara terdiri dari 10 spesies, salah satunya caracara hitam (Daptrius ater).

5. Burung layang-layang 

10 Jenis Burung Pemangsa yang Ada di Dunia, Gak Cuma Elang!cornell.edu

Masih ada lagi burung pemangsa dalam famili Accipitridae, yaitu burung layang-layang. Dalam bahasa Inggris, burung ini disebut kite. Dibanding elang, burung layang-layang berukuran lebih kecil dan paruhnya lebih pendek. Contoh spesiesnya adalah burung layang-layang ekor putih (Elanus leucurus).

Sebenarnya dalam bahasa Indonesia, ada jenis burung lain yang disebut burung layang-layang, yaitu burung dari famili Hirundinidae yang merupakan burung pengicau. Dalam bahasa Inggris, mereka disebut swallow.

Sementara kite lebih sering diterjemahkan menjadi elang dalam bahasa Indonesia, meskipun secara taksonomi sebenarnya mereka berbeda dengan elang.

Baca Juga: 6 Burung yang Terkenal Agresif, Gak Segan Melawan Manusia!

6. Burung sekretaris 

10 Jenis Burung Pemangsa yang Ada di Dunia, Gak Cuma Elang!bbc.com

Burung sekretaris (Sagittarius serpentarius) hanya terdiri dari satu spesies. Mereka masih berkerabat dengan elang tapi masuk dalam famili berbeda yaitu Sagittariidae. Burung ini unik karena berburu di tanah, bukan sambil terbang. Mangsa utama mereka adalah ular, dan mereka membunuh ular dengan cara menginjak-injaknya sampai mati!

7. Osprey 

10 Jenis Burung Pemangsa yang Ada di Dunia, Gak Cuma Elang!cornell.edu

Osprey juga masih berkerabat dengan elang, tapi seperti burung sekretaris, mereka masuk dalam famili berbeda yaitu Pandionidae. Seperti burung sekretaris pula, osprey hanya terdiri dari satu spesies, dengan nama ilmiah Pandion haliaetus. Osprey adalah pemakan ikan, dan mereka bisa ditemukan di semua benua di dunia kecuali Australia.

8. Burung kondor 

10 Jenis Burung Pemangsa yang Ada di Dunia, Gak Cuma Elang!smithsonianmag.com

Sementara burung kondor adalah burung yang terkenal sebagai pemakan bangkai, sehingga mereka disebut juga burung bangkai. Burung kondor memiliki ukuran yang besar, dan beberapa spesiesnya berukuran lebih besar daripada elang. Kondor andes (Vultur gryphus) adalah burung pemangsa terbesar di dunia, dengan bentang sayap hingga 3,4 meter dan berat 15 kg!

9. Burung hantu 

10 Jenis Burung Pemangsa yang Ada di Dunia, Gak Cuma Elang!audubon.org

Burung hantu tergabung dalam ordo berbeda dari semua burung tadi. Mereka unik karena merupakan satu-satunya burung pemangsa yang nokturnal alias aktif pada malam hari.

Keunikan lain burung hantu adalah wajah yang membulat dan kedua mata yang menghadap ke depan. Salah satu spesies burung hantu yang terkenal adalah burung hantu lumbung (Tyto alba).

10. Seriema 

10 Jenis Burung Pemangsa yang Ada di Dunia, Gak Cuma Elang!cornell.edu

Terakhir, ada burung seriema, jenis burung pemangsa yang mungkin belum pernah kamu dengar. Seriema hanya terdiri dari dua spesies, yaitu seriema kaki merah (Cariama cristata) dan seriema kaki hitam (Chunga burmeisteri).

Keduanya hidup di Amerika Selatan. Mereka hidup serta mencari makan di darat, dan lebih suka berlari daripada terbang jika ada bahaya.

 

Itulah tadi sepuluh jenis burung pemangsa yang ada di dunia ini. Ternyata bukan cuma elang saja, ya! Jenis burung apa yang menurutmu paling keren?

Baca Juga: 8 Spesies Burung Paling Cerdas dan Cerdik di Dunia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya