Comscore Tracker

5 Jenis Hewan yang Termasuk Primata, Bukan Cuma Monyet dan Kera

#ANGPOIN Sudah pernah lihat hewan-hewan ini?

Primata adalah jenis makhluk hidup yang mencakup manusia, monyet, dan kera. Monyet terdiri hampir 200 spesies, seperti dilansir Britannica. Sementara kera mencakup hewan primata tak berekor seperti simpanse, gorila, orangutan, dan owa. Kemungkinan besar, kamu sudah pernah melihat hewan-hewan tersebut.

Namun, masih ada lagi hewan yang termasuk primata selain monyet dan kera. Mereka lebih jarang diketahui, tetapi sebenarnya tak kalah unik. Inilah lima jenis hewan yang termasuk primata selain monyet dan kera.

1. Tarsius

5 Jenis Hewan yang Termasuk Primata, Bukan Cuma Monyet dan Kerapotret tarsius (unsplash.com/Deb Dowd)

Ordo primata terdiri dari dua subordo, yaitu Strepsirrhini dan Haplorhini. Monyet dan kera tergabung dalam Haplorhini, bersama dengan tarsius. Jadi, primata yang kekerabatannya paling dekat dengan monyet dan kera adalah tarsius.

Tarsius tergabung dalam famili Tarsiidae yang terdiri dari 13 spesies. Mereka adalah hewan nokturnal, sehingga memiliki mata yang besar untuk melihat dengan jelas pada malam hari. Jika dibanding ukuran tubuhnya yang kecil, mata tarsius memang sangat menonjol.

National Geographic menyebut bahwa panjang tubuh tarsius hanya sekitar 10 cm, sedangkan diameter matanya mencapai 1,6 cm. Itu ibarat seseorang bertinggi badan 180 cm yang memiliki mata selebar 28 cm. Tarsius juga unik karena merupakan satu-satunya primata karnivor sejati. Mangsa mereka mencakup serangga, kadal, bahkan ular.

2. Lemur

5 Jenis Hewan yang Termasuk Primata, Bukan Cuma Monyet dan Kerapotret lemur (pexels.com/andrey merkulev)

Berbeda dengan Haplorhini, subordo Strepsirrhini terdiri dari empat jenis primata berbeda. Pertama adalah lemur, primata yang tergabung dalam superfamili Lemuroidea. Mereka memiliki lebih dari seratus spesies yang seluruhnya merupakan endemik Pulau Madagaskar.

Ukuran setiap spesies lemur berbeda-beda, begitu pula penampilannya. Namun, secara umum lemur memiliki ciri khas berupa ekor yang panjang dan berbulu tebal. Lemur adalah hewan yang cerdas, tetapi kecerdasan mereka masih di bawah monyet.

Menurut laporan Britannica, jenis makanan lemur beragam, mulai dari buah, daun, serangga, hingga burung dan telur. Kebanyakan jenis lemur hidup dalam kelompok dan menghabiskan sebagian besar waktunya di pohon. Lemur pada foto di atas adalah lemur ekor cincin (Lemur catta), salah satu spesies lemur yang paling populer.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Bekantan, Primata Berhidung Panjang Asli Kalimantan 

3. Loris

5 Jenis Hewan yang Termasuk Primata, Bukan Cuma Monyet dan Keraloris (unsplash.com/roi dimor)

Berikutnya ada loris, jenis primata yang tergabung dalam subfamili Lorisinae dan terdiri dari sepuluh spesies. Mereka adalah primata nokturnal yang terkenal dengan matanya yang bulat dan besar. Selain itu, loris juga khas dengan cara bergeraknya yang lambat dan sangat hati-hati.

Loris hidup di Asia Selatan dan sebagian Asia Tenggara. Mereka adalah pemakan serangga, tetapi beberapa spesies juga makan tumbuhan.

Salah satu jenisnya, yaitu loris lamban, memiliki mekanisme pertahanan yang unik. Mereka adalah satu-satunya jenis primata yang berbisa. Loris lamban menghasilkan racun dari kelenjar di lengannya. Saat terancam oleh predator, mereka akan menjilat kelenjarnya itu, lalu menggigit si predator hingga keracunan. Induk loris lamban juga melumuri tubuh anaknya dengan racun supaya terlindung dari predator.

4. Potto

5 Jenis Hewan yang Termasuk Primata, Bukan Cuma Monyet dan Kerapotret potto (commons.wikimedia.org/Ltshears)

Potto masih berkerabat dekat dengan loris, tetapi mereka tergabung dalam subfamili berbeda yaitu Perodicticinae. Potto terdiri dari tiga spesies yang semuanya merupakan genus Perodicticus. Ketiga spesiesnya adalah endemik Benua Afrika.

Potto punya beberapa sebutan dalam bahasa Inggris, salah satunya bush bear alias beruang semak. Itu karena penampilan potto sekilas memang mirip beruang. Moncong mereka mirip moncong beruang, begitu pula dengan telinganya. Ekor potto juga pendek, dan tubuh mereka berwarna cokelat kelabu.

Potto berukuran kecil, dengan panjang 30 hingga 40 cm dan berat maksimal sekitar 1,6 kg. Dilansir Britannica, mereka punya tulang belakang yang memanjang dan runcing pada bagian leher, yang bisa digunakan untuk pertahanan. Selain itu, potto juga memiliki aroma unik yang disebut-sebut mirip aroma kari.

5. Galago

5 Jenis Hewan yang Termasuk Primata, Bukan Cuma Monyet dan KeraGalago senegalensis (commons.wikimedia.org/OpenCage)

Satu lagi jenis hewan yang termasuk primata adalah galago, atau disebut juga bush baby. Menurut laporan National Geographic, sebutan bush baby mungkin diberikan karena suara mereka yang mirip tangisan anak bayi. Galago tergabung dalam famili Galagidae dan terdiri dari lebih 20 spesies.

Seperti potto, galago juga endemik Benua Afrika. Namun, penampilan galago lebih mencolok, terutama mata dan telinganya yang besar. Ekor galago juga panjang, tak seperti ekor potto. Berat spesies terbesar galago mencapai 1,8 kg, sedangkan yang terkecil hanya 150 hingga 200 gram.

Hewan yang termasuk primata ternyata bukan cuma monyet dan kera saja, tetapi juga lima jenis hewan di atas. Lagi-lagi terbukti bahwa dunia satwa memiliki keanekaragaman yang sangat luar biasa!

Baca Juga: 5 Hewan yang Dapat Meramal Cuaca, Bagaimana Caranya?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya