Comscore Tracker

5 Fakta Unik Keluarga Kucing, Ada Puluhan Spesies Lho 

Kamu suka kucing? Ini fakta menarik tentang keluarga mereka

Apakah kamu pencinta kucing? Kalau ya, kemungkinan kamu sudah tahu bahwa secara taksonomi, kucing tergabung dalam famili Felidae atau disebut juga keluarga kucing. Hewan hewan dari keluarga kucing yang ada di dunia, mulai dari singa yang ganas hingga kucing di rumahmu, semuanya tergabung dalam famili tersebut.

Nah, kali ini kita akan membahas beberapa fakta menarik yang berhubungan dengan Felidae alias keluarga kucing tersebut. Mau tahu apa saja? Ini dia ulasannya.

1. Terdiri dari puluhan spesies yang tersebar di seluruh dunia 

5 Fakta Unik Keluarga Kucing, Ada Puluhan Spesies Lho smithsonianmag.com

Ada berapa spesies hewan yang tergabung famili Felidae? Laman Britannica menyebut bahwa jumlahnya ada 37 spesies. Persebaran mereka juga sangat luas. Antarktika dan Australia adalah satu-satunya tempat yang tidak memiliki spesies kucing endemik. Tapi beberapa spesies kucing pun sudah diperkenalkan ke kedua tempat tersebut, khususnya kucing domestik.

Tidak hanya di habitat yang lebih bersahabat, beberapa spesies keluarga kucing pun mampu bertahan hidup di tempat yang ekstrem. Misalnya kucing pasir (Felis margarita) yang mampu hidup di gurun pasir yang panas dan kering. Mereka sanggup tidak minum air hingga beberapa minggu, serta mampu mendeteksi mangsa yang tersembunyi di bawah pasir.

Sementara di kawasan yang dingin dan bersalju ada leopard salju (Panthera uncia). Mereka mampu bertahan di suhu dingin karena rambutnya yang tebal, serta mampu berkamuflase di area bersalju berkat warna rambutnya yang putih. Hidup di kawasan pegungunan di Asia, leopard salju juga dibekali kemampuan untuk berlari dan melompat di antara bebatuan yang terjal.

2. Spesies terbesar adalah harimau, sedangkan yang terkecil adalah rusty spotted cat 

5 Fakta Unik Keluarga Kucing, Ada Puluhan Spesies Lho flighttowonder.com

Dari semua spesies kucing, yang memiliki ukuran terbesar adalah harimau. Hewan bernama latin Panthera tigris ini bisa tumbuh hingga sepanjang 3,7 meter dan berat 423 kg, seperti dilansir dari Animal Diversity. Harimau berukuran besar terutama terdapat di kawasan Siberia, Rusia.

Sedangkan spesies terkecil dalam famili Felidae adalah rusty spottec cat (Prionailurus rubiginosus). Menurut laman Cat SG, kucing yang hidup di India dan Sri Lanka ini hanya memiliki ukuran maksimal 48 cm plus ekor 25 cm. Sedangkan bobot mereka hanya mencapai 2 kg saja. Itu berarti kucing ini hanya berukuran kira-kira setengah dari kucing domestik.

Baca Juga: 6 Spesies Kucing Liar yang Berkerabat Dekat dengan Kucing Domestik  

3. Memiliki beberapa ciri khas 

5 Fakta Unik Keluarga Kucing, Ada Puluhan Spesies Lho care.com

Keluarga kucing memiliki beberapa fitur yang menjadi ciri khas mereka. Misalnya adalah kumis. Semua keluarga kucing memiliki kumis yang sensitif dan berguna untuk mendeteksi keadaan sekelilingnya. Hampir semua spesies kucing juga memiliki ekor panjang yang membantu mereka untuk keseimbangan saat berlari atau memanjat.

Hampir semua kucing juga memiliki cakar yang bisa ditarik ke dalam. Pengecualian adalah citah, karena kuku citah berfungsi untuk memperkecil gaya gesek kakinya dengan tanah saat tengah berlari kencang. Karena itu pula, citah menjadi satu-satunya anggota Felidae yang tidak bisa memanjat pohon.

Bagaimana dengan kemampuan untuk selalu mendarat dengan kaki saat jatuh? Laman Petozy menyebut bahwa secara teori, semua spesies kucing memiliki kemampuan tersebut, karena mereka semua memiliki sistem vestibular yang bertanggung jawab untuk membuat kucing bisa menyesuaikan posisi tubuhnya di udara saat terjatuh.

Tapi ukuran tubuh bisa sangat berpengaruh pada kemampuan tersebut. Kucing domestik bisa dengan mudah melakukannya karena ukuran mereka kecil. Namun kucing besar seperti singa butuh waktu lebih lama untuk memutar tubuhnya di udara. Lagi pula, kemampuan itu sendiri tidak terlalu vital karena kucing besar jarang memanjat hingga sangat tinggi.

4. Ada 7 spesies Felidae yang biasa disebut kucing besar 

5 Fakta Unik Keluarga Kucing, Ada Puluhan Spesies Lho scientificamerican.com

Berbicara soal kucing besar, sebenarnya hewan apa saja yang disebut sebagai kucing besar? Secara umum, sebutan itu biasanya memaksudkan 5 spesies dari genus Panthera yaitu harimau, singa, jaguar, leopard, serta leopard salju. Ditambah dua spesies lain yaitu puma dan citah.

Sebutan kucing besar tentu diberikan karena ketujuh spesies tersebut memiliki ukuran yang besar. Kucing besar juga biasanya dikenal dengan kemampuan untuk mengaum, meskipun sebenarnya leopard salju, puma, serta citah gak bisa mengaum.

5. Singa adalah salah satu spesies Felidae terunik 

5 Fakta Unik Keluarga Kucing, Ada Puluhan Spesies Lho selfless.gg

Dari antara semua kucing besar, singa bisa dibilang sebagai salah satu yang terunik. Bahkan jika dibandingkan dengan semua spesies kucing pun mereka sangat unik. Misalnya, singa adalah satu-satunya spesies kucing yang punya fitur pembeda antara jantan dan betina, yaitu surai pada kepalanya.

Perilaku singa juga sangat unik. Semua spesies kucing lain hidup menyendiri, dan anaknya hanya dirawat oleh induknya saja. Tapi singa berbeda. Mereka hidup berkelompok dan merawat anaknya secara berkelompok pula. Plus, mereka juga adalah satu-satunya spesies kucing yang berburu secara berkelompok.

Ternyata leopard juga termasuk kucing lho. Fakta mana yang menurutmu paling menarik?

Baca Juga: Kenali 8 Fakta Hewan Krepuskular, Aktif di Waktu Fajar dan Senja Saja

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya