Comscore Tracker

8 Negara Pemegang Rekor Dunia dalam Hal Ketampakan Alam 

Dari area terbesar hingga elevasi terendah 

Tahukah kamu ada berapa jumlah negara di dunia ini? Laman Worldometers menyebut bahwa jumlahnya adalah 195 negara. Walaupun beberapa sumber lain menyebut jumlah yang berbeda-beda, bergantung apa yang dianggap sebagai definisi negara. Namun yang jelas, saat ini tercatat ada ratusan negara di dunia.

Dari antara ratusan negara tersebut, tentu ada negara-negara yang menyandang rekor dalam berbagai aspek. Nah, kali ini kita akan membahas rekor negara-negara di dunia dari aspek geografi alias ketampakan alamnya. Negara mana saja yang terbesar, terkecil, tertinggi, dan sebagainya? Ini dia ulasannya.

1. Rusia: luas area terbesar, sungai panjang terbanyak, dan luas area hutan terbesar

8 Negara Pemegang Rekor Dunia dalam Hal Ketampakan Alam state.gov

Negara yang tercatat memiliki luas area terbesar saat ini adalah Rusia. Laman Countries of The World menyebut bahwa total luas daratan dan perairan Rusia adalah 17.098.242 km persegi, yang membentang hingga mencakup dua benua sekaligus, yaitu Eropa dan Asia.

Selain itu, Rusia juga tercatat sebagai negara yang memiliki sungai panjang terbanyak. Laman Travel Trivia menyebut bahwa ada 36 sungai di Rusia yang panjangnya 600 mil (966 km) atau lebih. Satu rekor lain yang dimiliki Rusia adalah luas area hutan terbesar yaitu 815 juta hektare.  

2. Vatikan: luas area terkecil

8 Negara Pemegang Rekor Dunia dalam Hal Ketampakan Alam sporcle.com

Sementara, negara terkecil di dunia tentu adalah Vatikan. Terletak di dalam Kota Roma, negara yang berstatus negara-kota ini hanya memiliki luas 0,44 km persegi. Itu bahkan masih lebih kecil daripada kota terkecil di Indonesia, yaitu Mojokerto, yang luasnya 16,47 km persegi.

3. Suriname: persentase hutan terbesar

8 Negara Pemegang Rekor Dunia dalam Hal Ketampakan Alam newcastlebeach.org

Meski punya luas area hutan terbesar, secara persentase, Rusia masih kalah dari Suriname. Negara di kawasan Amerika Selatan itu memiliki persentase hutan terhadap luas total wilayah sebesar 98,3 persen! Pemerintah Suriname sangat menjaga hutan tropis di negaranya karena itu adalah bagian dari daya tarik wisata utama mereka.

4. Swedia: pulau terbanyak

8 Negara Pemegang Rekor Dunia dalam Hal Ketampakan Alam visitsweden.com

Negara mana yang memiliki jumlah pulau terbanyak di dunia? Menurut laman World Atlas, jawabannya adalah Swedia. Negara yang terletak di wilayah Skandinavia itu memiliki 267.250 pulau. Namun, dari sekian banyak pulau tersebut, hanya sekitar 984 pulau yang berpenghuni.

Baca Juga: 10 Negara Berpenduduk Paling Sedikit di Dunia, Sepi Banget!

5. Kanada: garis pantai terpanjang dan danau alami terbanyak

8 Negara Pemegang Rekor Dunia dalam Hal Ketampakan Alam thecrazytourist.com

Meski memiliki pulau terbanyak, bukan Swedia negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Predikat itu justru dimiliki Kanada. Dilansir World Atlas, negara di Amerika utara ini memiliki garis pantai sepanjang 202.080 km.

Gak hanya itu, Kanada juga memegang rekor sebagai negara dengan jumlah danau alami terbanyak. Di seluruh wilayah negara yang beribu kota di Ottawa itu terdapat lebih dari 2 juta danau! Saking banyaknya, luas total seluruh danau itu sampai mengisi hampir 10 persen luas area Kanada.

6. Amerika Serikat: gunung berapi terbanyak dan gurun terbanyak 

8 Negara Pemegang Rekor Dunia dalam Hal Ketampakan Alam worldatlas.com

Sementara Negeri Paman Sam alias Amerika Serikat memegang rekor sebagai negara dengan jumlah gunung berapi terbanyak di dunia, yaitu 173 gunung berapi. Namun, kenapa kita jarang mendengar berita tentang gunung meletus di Amerika Serikat? Itu karena kebanyakan gunung berapi tersebut terdapat di wilayah Alaska dan Hawaii yang terpisah dari daratan utama AS.

Selain gunung berapi, Amerika Serikat juga punya rekor lain yaitu gurun terbanyak. Meski gurun terbesar di dunia tidak terletak di negara ini, World Atlas menyebut ada total 25 gurun yang terdapat di AS.

7. Bhutan: elevasi rata-rata tertinggi 

8 Negara Pemegang Rekor Dunia dalam Hal Ketampakan Alam nationalgeographic.com

Bhutan si negara kecil di Asia Selatan pun punya rekor tersendiri, yaitu negara dengan elevasi rata-rata tertinggi di atas permukaan laut, dengan 10.760 kaki alias sekitar 3.280 meter. Wilayah utara negara ini khususnya dipenuhi gunung-gunung tinggi bagian dari Pegunungan Himalaya. Sementara, bagian selatannya pun terdiri dari perbukitan dan dataran tinggi.

8. Maladewa: elevasi rata-rata terendah 

8 Negara Pemegang Rekor Dunia dalam Hal Ketampakan Alam travelonline.com

Di sisi sebaliknya, ada Maladewa sebagai negara dengan elevasi rata-rata terendah. Negara kepulauan yang terletak di sebelah selatan India ini hanya punya rata-rata ketinggian 1,8 meter di atas permukaan laut! Tak heran jika dari sekitar 1.200 pulau, hanya 200 pulau di negara ini yang berpenghuni.

Itulah negara-negara di dunia yang memegang rekor dalam aspek ketampakan alamnya. Kalau kamu bisa memilih, negara mana yang paling mau kamu datangi?

Baca Juga: 7 Negara yang Mengalami Perubahan Nama, Negara Apa Sajakah?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya