Comscore Tracker

7 Spesies Burung Terbesar di Dunia, Ada yang Lebih Besar dari Manusia

Saking besarnya, semua burung ini tidak bisa terbang 

Burung adalah salah satu jenis hewan yang sangat menarik untuk diamati. Banyak jenis burung memiliki bulu berwarna-warni yang indah. Ada juga burung yang bisa berkicau dengan merdunya. Selain itu, ada burung yang bisa membuat kita kagum dengan kemampuan terbangnya.

Nah, kali ini kita akan melihat salah satu aspek menakjubkan dari burung, yaitu ukurannya. Kamu mungkin sudah tahu bahwa burung terbesar di dunia adalah burung unta, tapi burung apa lagi yang punya ukuran luar biasa? Dilansir laman Our Planet, inilah daftar spesies burung terbesar di dunia.

1. Burung unta 

7 Spesies Burung Terbesar di Dunia, Ada yang Lebih Besar dari Manusiaebird.org

Seperti sudah disebut, burung unta (Struthio camelus) menyandang status sebagai burung terbesar dunia yang masih hidup. Tinggi burung ini mencapai 2,7 meter dan berat maksimal 156 kg. Burung unta memang gak bisa terbang, tapi mereka adalah hewan berkaki dua tercepat di dunia dengan kecepatan lari mencapai 70 km/jam, seperti dilansir San Diego Zoo.

Fakta unik lain yang dimiliki burung unta adalah mereka memiliki mata berdiameter 5 cm, terbesar di antara semua hewan darat. Telur mereka pun sudah pasti adalah telur terbesar di dunia dengan panjang 13 cm dan berat 1,5 kg. Plus, seperti unta, mereka punya kemampuan bertahan dalam kondisi ekstrem lingkungan yang panas dan kering.

2. Burung unta somalia 

7 Spesies Burung Terbesar di Dunia, Ada yang Lebih Besar dari Manusiaebird.org

Dulu, ilmuwan berpikir bahwa hanya ada satu spesies burung unta yang terdiri dari banyak subspesies, salah satunya burung unta somalia. Namun, pada 2014, disepakati bahwa burung unta somalia (Struthio molybdophanes) adalah spesies yang berbeda dengan burung unta.

Perbedaan utama dari penampilan keduanya adalah burung hantu somalia memiliki leher yang cenderung berwarna kebiruan sehingga kadang disebut juga burung unta berleher biru. Sementara, secara ukuran, burung unta somalia hampir serupa dengan burung unta, namun umumnya lebih kecil sehingga menjadi spesies burung terbesar kedua di dunia.

3. Kasuari selatan 

7 Spesies Burung Terbesar di Dunia, Ada yang Lebih Besar dari Manusiasandiegozoo.org

Sementara, burung yang berada di urutan ketiga adalah burung kasuari selatan (Casuarius casuarius). Mereka disebut kasuari selatan karena habitatnya yang berada di sebelah selatan Papua Nugini hingga ke Australia. Ada dua lagi spesies kasuari yang lain, namun kasuari selatan adalah spesies terbesar.

San Diego Zoo menyebut bahwa kasuari selatan bisa mencapai tinggi 1,7 m dan berat 76 kilogram. Selain besar, kasuari juga adalah salah satu burung yang paling berbahaya di dunia. Kakinya yang kuat diperlengkapi kuku besar dan tajam yang bisa dipakai menyerang pengganggu. Hati-hati terhadap burung ini karena serangannya bisa berakibat fatal!

Baca Juga: 6 Fakta Hoatzin, Burung Endemik Amazon yang Disebut Burung Reptil

4. Kasuari utara 

7 Spesies Burung Terbesar di Dunia, Ada yang Lebih Besar dari Manusiaebird.org

Spesies kasuari lain yang juga berukuran luar biasa adalah kasuari utara (Casuarius unappendiculatus) yang hidup di sebelah utara dan barat Papua Nugini. Dari penampilan, terlihat bahwa kasuari utara berbeda dengan kasuari selatan karena memiliki leher berwarna kuning. Makanya, mereka punya sebutan lain, yaitu kasuari berleher kuning.

Selain penampilan yang berbeda, kasuari utara juga punya ukuran yang lebih kecil. Tinggi mereka "hanya" mencapai 1,5 meter dan berat sekitar 50 kg. Seperti kasuari selatan, kasuari utara pun berbahaya dan bisa cukup agresif, terutama kasuari betina yang memiliki anak.

5. Emu

7 Spesies Burung Terbesar di Dunia, Ada yang Lebih Besar dari Manusiabritannica.com

Selanjutnya, ada emu (Dromaius novaehollandiae), burung endemik Australia. Secara bobot, emu memang hanya berada di urutan kelima daftar ini karena hanya mencapai berat 45 kg. Namun, laman Britannica menyebut bahwa tinggi mereka mencapai lebih dari 1,5 meter sehingga sebenarnya termasuk salah satu burung tertinggi di dunia.

Emu masih berkerabat dekat dengan kasuari sehingga penampilan mereka sangat mirip. Namun, mereka tak memiliki warna yang mencolok seperti kasuari. Emu memiliki kecepatan luar biasa, yaitu mencapai 50 km per jam. Selain itu, mereka juga diperlengkapi kaki yang kuat dan kuku tajam untuk mempertahankan diri.

6. Penguin kaisar 

7 Spesies Burung Terbesar di Dunia, Ada yang Lebih Besar dari Manusiathoughtco.com

Burung yang berada di urutan keenam adalah spesies penguin terbesar di dunia, yaitu penguin kaisar (Aptenodytes forsteri). Penguin ini bisa memiliki bobot hingga 40 kg, sedangkan tinggi mereka bisa mencapai 1,1 meter. Mereka hidup di Antarktika, tempat ekstrem dengan suhu udara yang bisa mencapai minus 60 derajat Celsius.

Selain mampu bertahan di kondisi ekstrem tersebut, penguin kaisar juga menakjubkan karena merupakan burung penyelam terdalam di dunia. Demi mencari makanan, mereka bisa menyelam hingga kedalaman lebih dari 550 meter! Mereka juga bisa bertahan di dalam air hingga 20 menit lamanya.

7. Rhea besar

7 Spesies Burung Terbesar di Dunia, Ada yang Lebih Besar dari Manusiaebird.org

Terakhir, ada rhea besar (Rhea americana), spesies burung terbesar di Amerika Selatan. Dengan tinggi hingga 1,5 meter dan bobot 23 kg, mereka mengandalkan kecepatan untuk menghindar dari bahaya, sama seperti burung unta dan emu. Namun, mereka terancam oleh manusia yang memburu mereka untuk mengambil daging dan telurnya.

Keunikan yang dimiliki burung ini bukan si betina, melainkan rhea jantan yang akan menjaga telur serta anak-anaknya yang baru menetas. Rhea jantan akan menjadi agresif selama menjalankan tugasnya, bahkan kepada rhea betina jika ia terlalu dekat! Namun, saat bukan musim kawin, rhea adalah burung yang senang bersosialisasi.

Itulah tujuh spesies burung terbesar di dunia. Mereka memang tak bisa terbang, tapi mereka memiliki kemampuan hebat lain yang membuatnya bisa bertahan hidup. Menurutmu yang mana yang paling luar biasa?

Baca Juga: Gak Cuma Jago Menyelam, Ini 7 Fakta Menarik Burung-burung Laut

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya