Comscore Tracker

Bukan Super Hero! Ada Orang Punya Kelainan Genetik Langka yang Gak Bisa Merasakan Sakit

Bersyukurlah merasa sakit

Ketika kamu mengalami cedera fisik atau sekedar dicubit, satu hal yang kamu antisipasi tentu rasa sakit itu sendiri. Rasa sakit bukanlah perasaan yang nyaman dirasakan oleh kita semua pastinya. Terkadang merasakan sakit yang sungguh hebat mungkin bakal bikin kita berharap untuk tidak bisa merasakannya sama sekali.

Namun, percaya gak percaya, ada lho segelintir orang yang memiliki kemampuan untuk tidak merasakan sakit sama sekali. Sekilas mungkin terkesan sangat hebat bagaikan manusia super, namun sesungguhnya hal itu tak lain disebabkan oleh sebuah kelainan genetik yang sangat langka.

Kelainan tersebut dinamakan Congenital Insensitivity to Pain (CIP), kelainan yang diakibatkan oleh mutasi dalam gen yang mempengaruhi fungsi saraf.

Bukan Super Hero! Ada Orang Punya Kelainan Genetik Langka yang Gak Bisa Merasakan Sakit whitneyanderick.com

Seperti yang kita ketahui, sel saraf berperan besar terhadap fungsi indera manusia termasuk dalam merasakan rasa sakit. Dilansir dari laman Independent, kelainan genetik CIP ini terjadi ketika terjadi suatu mutasi pada gen tertentu, salah satu yang dominan adalah gen PRDM12. Gen ini berperan dalam mengatur suatu protein bernama chromatin.

Chromatin sendiri berfungsi dalam pembentukan sel saraf. Ketika gen PRDM12 ini mengalami mutasi, fungsi dan kinerjanya turut terganggu dan alhasil turut berdampak ke chromatin yang akhirnya berujung ke terganggunya proses pembentukan saraf, di mana salah satu fungsi saraf itu sendiri memberikan sinyal rasa sakit.

Meski memiliki kelainan ini terkesan menguntungkan, sebenarnya ada bahaya tersendiri di baliknya.

Bukan Super Hero! Ada Orang Punya Kelainan Genetik Langka yang Gak Bisa Merasakan Sakit accidentadvicehelpline.co.uk

Tidak dapat merasakan sakit memang terdengar seperti sebuah kemampuan yang mengasyikkan. Padahal, kenyataannya tidak seindah yang dibayangkan. Para penderita kelainan ini sesungguhnya sangat berisiko terhadap berbagai macam luka dan cedera parah yang dia sendiri tidak menyadarinya. Penderita bisa saja mencoba menyiram dirinya sendiri dengan air panas hingga kulitnya melepuh namun masih tidak bisa merasakan sakit.

Bayangkan yang terjadi apabila luka yang dialaminya jauh lebih parah hingga mengalami infeksi tapi dia sendiri masih tidak menyadarinya karena menurut dia tidak sakit. Tidak menutup kemungkinan penderita CIP dapat mengalami masalah serius bahkan berisiko hingga kematian akibat luka yang dideritanya.

Baca Juga: Waspada, Ternyata Merokok Berpengaruh Pada DNA. Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Bukan Super Hero! Ada Orang Punya Kelainan Genetik Langka yang Gak Bisa Merasakan Sakit bbc.com

Salah satu kasus tercatat oleh BBC, di mana penderita kelainan ini adalah seorang warga negara Amerika Serikat bernama Steven Pete beserta adiknya, Chris. Kelainan ini menjadikan Steven tidak menyadari ketika dirinya mengalami luka parah. Seperti saat dia masih kecil ketika dia menggigit lidahnya hingga terluka, bahkan hingga dia sendiri tidak menyadari telah mengalami patah tulang di kakinya sampai istrinya menyadarinya duluan ketika kakinya sudah bengkak dan berwarna biru.

Kelainan Congenital Insensitivity to Pain merupakan sebuah kelainan yang sangat langka dan jarang terjadi kasusnya sepanjang sejarah.

Bukan Super Hero! Ada Orang Punya Kelainan Genetik Langka yang Gak Bisa Merasakan Sakit habitualmetamorphosis.com

Kelainan genetik ini tak lain disebabkan oleh faktor keturunan dan tidak bisa disembuhkan. Meski begitu, sangat jarang ditemukan penderita kelainan ini. Kemungkinannya saja lebih kecil dari satu banding sejuta. Bahkan, sepanjang sejarah dunia medis, hanya ada 20 kasus tercatat dari seluruh jurnal penelitian medis. Angka yang sangat sedikit tentunya dan belum tentu dapat kamu temukan kasus serupa di kehidupan sehari-hari.

Adanya penyakit ini mungkin bisa membuat kita yang mampu merasakan rasa sakit untuk bersyukur. Meskipun terkadang terasa gak enak, tapi karena itu kita jadi menyadari kalau ada sesuatu yang ganjil di tubuh kita dan bisa mendeteksi letak keganjilan tersebut.

Tapi kalau yang dirasakan justru sakit hati, wah, itu sih urusan lain ya.

Baca Juga: Ternyata Bakat Selingkuh Bisa Muncul Secara Genetik. Ini Penjelasannya!

Topic:

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 00:00:04

Progress: 758.737 dari 813.350 TPS (93.28542%)

Just For You