Kenali Tabby’s Star, Bintang Paling Misterius di Alam Semesta

Tabby's Star adalah salah satu bintang paling aneh

Salah satu bintang paling misterius di alam semesta adalah Tabby’s Star atau Bintang Tabby. Tabby’s Star pertama kali ditemukan pada tahun 2011 melalui projek Planet Hunters, kemudian pada tahun 2015 seorang astronom asal Amerika Serikat bernama Tabetha “Tabby” S. Boyajian menemukan fluktuasi aneh dan tidak teratur dari bintang ini.

Bintang yang memiliki jarak 1.500 tahun cahaya dari Bumi ini punya aktivitas menarik dan tidak biasa. Ditemukan bahwa cahaya Tabby's Star dapat meredup dengan tingkat keredupan berbeda dan terjadi dalam rentang waktu berbeda juga. Penasaran dengan bintang satu ini? Berikut ini adalah fakta menarik dari Tabby's Star, salah satu bintang paling misterius di alam semesta.

1. Tabby’s Star juga dikenal dengan nama yang berbeda

Kenali Tabby’s Star, Bintang Paling Misterius di Alam Semesta ilustrasi Tabby's Star (jpl.nasa.gov/ESO/L. Calçada)

Dilansir dari Jet Propulsion Laboratory California Institue of Technology, bintang paling misterius di alam semesta ini juga dikenal sebagai KIC 8462852 dan Boyajian’s Star (Bintang Boyajian). Setelah keunikan dari bintang ini ditemukan pada tahun 2015, pengamatan lebih lanjut dilakukan guna mengungkap keunikan bintang ini.

Mulai dari bulan Januari hingga Desember 2016, para peneliti memanfaatkan sinar ultraviolet untuk mengamati Tabby’s Star dengan menggunakan Swift. Tidak hanya itu, pada peneliti juga memanfaatkan inframerah untuk mengamati bintang ini dengan menggunakan Spitzer.

Baca Juga: 5 Perbedaan Lalat Buah dan Agas, Suka Mengincar Makanan

2. Tidak ditemukan oleh astronom profesional

Kenali Tabby’s Star, Bintang Paling Misterius di Alam Semesta ilustrasi astronom amatir (pixabay.com/sweetlouise)

Hal menarik lainnya dari Tabby’s Star adalah bintang ini tidak ditemukan oleh astronom profesional, tapi oleh citizen scientists alias rakyat biasa atau tenaga non-profesional. Para citizen scientist tersebut tergabung dalam projek Planet Hunters. Projek ini mengijinkan siapa saja untuk mencari planet di data Kepler. Selain itu, pengamatan lebih lanjut dari bintang ini juga dilakukan dengan melibatkan astronom amatir yang tidak memiliki pendidikan astronomi yang formal.

Beberapa astronom amatir yang bergabung dalam pengamatan Tabby’s Star adalah Franky Dubois (pensiunan mandor di pabrik sabuk pengaman), Ludwig Logie (koordinator keamanan di industri konstruksi), dan Steve Rau (seorang pelatih di sebuah perusahaan kereta api Belgia).

3. Cahayanya dapat redup sampai 22 persen

Kenali Tabby’s Star, Bintang Paling Misterius di Alam Semesta ilustrasi Tabby's Star yang cahayanya redup (NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute)

Keunikan dari Tabby’s Star atau Bintang Tabby adalah cahayanya yang dapat meredup dalam rentang waktu dan tingkat keredupan yang berbeda-beda. Kedua hal tersebut berhasil menarik minat para astronom untuk terus mengamati bintang yang ada di konstelasi Cygnus, the Swan (angsa) ini.

Dari data yang sudah dikumpulkan oleh para astronom, cahaya Tabby’s Star diketahui dapat meredup sampai 22% dalam waktu beberapa hari. Tidak hanya itu, setelah observasi lebih lanjut, para astronom menemukan bahwa magnitudo keseluruhan bintang ini juga secara bertahap meredup selama bertahun-tahun.

Kaunikan pada Tabby’s Star ini mengundang banyak teori mengenai apa yang sebenarnya terjadi pada bintang ini. Beberapa berpendapat bahwa hal ini disebabkan oleh adanya alien. Meskipun begitu, NASA memiliki teori berbeda yang lebih masuk akal, yakni adanya debu yang bergerak mengelilingi bintang.

4. Teori tentang adanya debu di sekitar Tabby’s Star

Kenali Tabby’s Star, Bintang Paling Misterius di Alam Semesta ilustrasi debu di sekitar Tabby's Star (NASA/JPL/STScI/AURA)

Dilansir jpl.nasa.gov, hasil studi yang menggunakan misi Spitzer dan Swift milik NASA serta observatorium AstroLAB IRIS Belgia, menunjukkan penyebab dari pereduban di Tabby’s Star kemungkinan besar karena awan debu di sekitar bintang. Para astronom berpendapat demikian karena pereduban cahaya Tabby’s Star lebih terlihat pada sinar ultraviolet dibandingkan dengan sinar inframerah.

5. Ukurannya hampir sama dengan Matahari

Kenali Tabby’s Star, Bintang Paling Misterius di Alam Semesta Matahari (NASA/SDO/AIA)

Selain keunikannya yang dapat meredup dengan tidak terduga, Tabby’s Star juga ternyata memiliki keunikan lain, yakni ukurannya yang begitu besar. Bintang yang juga disebut sebagai KIC 8462852 ini berukuran 50% lebih besar dari Matahari dan juga 1.000 derajat lebih panas.

Bagaimana, fakta menarik dari Tabby’s Star si bintang paling misterius di alam semesta tadi apakah membuatmu semakin ingin tahu tentangnya? Walau bintang ini ditemukan oleh citizen scientists bukan astronom profesional, tapi fakta dari Tabby’s Star mampu memperkaya informasi pencinta luar angksa.