Comscore Tracker

3 Fakta Hari Kebangkitan Nasional yang Wajib Kamu Ketahui 

Masih ingat gak nih siapa aja pencetusnya hayo?

Hari ini tepat pada tanggal 20 Mei, bangsa Indonesia memperingati hari kebangkitan nasional. Banyak yang tahu tentang peringatan hari ini, namun hanya sedikit yang mengetahui fakta dan sejarah di baliknya atau bahkan lupa.

Hari Kebangkitan Nasional atau yang sering disingkat dengan Harkitnas merupakan hari bersejarah kedua di bulan Mei setelah sebelumnya diperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei. Berikut adalah fakta-fakta dan sejarah Harkitnas yang wajib kalian ketahui.

1. Harkitnas diperingati sebagai hari lahirnya organisasi Boedi Oetomo yang didirikan oleh Dr. Soetomo, seorang dokter hebat lulusan STOVIA (sekolah dokter)

3 Fakta Hari Kebangkitan Nasional yang Wajib Kamu Ketahui Instagram.com/tarintadw

Boedi Oetomo berasal dari kata “budi” yang berarti tabiat/perangai sedangkan “Utomo” berarti baik/luhur. Para pendiri organisasi ini sangat berharap dengan nama yang telah diberikan, Boedi Oetomo menjadi perkumpulan yang berdasarkan dengan keluhuran budi dalam mencapai tujuannya.

Tokoh-tokoh penting di balik Harkitnas adalah Soewardi Soerjaningrat/Ki Hajar Dewantara yang dikenal sebagai bapak pendidikan Nasional, Dr. Cipto Mangunkusumo, Dr. Douwes Dekker dan lain-lain.

Baca Juga: Saksi Sejarah Reformasi 1998, Ini 3 Fakta Gedung DPR/MPR RI

2. Soewardi Soerjaningrat adalah pencetus Harkitnas jatuh pada tanggal 20 Mei

3 Fakta Hari Kebangkitan Nasional yang Wajib Kamu Ketahui Instagram.com/lensaabdinegara

Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hajar Dewantara yang di kenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional adalah pencetus Harkitnas jatuh pada tanggal 20 Mei. Pada awal artikel yang ia tulis di Nederlandsch-Indie Oud dan Nieuw, ia menuliskan “tanpa ragu kini saya berani menyatakan bahwa tanggal 20 Mei adalah hari Indisch-national (Indisch-nationale dag)."

3. Harkitnas pertama kali diselenggarakan di Yogyakarta yang pada saat itu merupakan Ibu kota Republik Indonesia. Tepatnya di Gedung Agung yang terdapat di jalan Malioboro, di seberang Benteng Vredeburg

3 Fakta Hari Kebangkitan Nasional yang Wajib Kamu Ketahui Instagram.com/istanakepresidenanyogyakarta

Itulah beberapa fakta mengenai hari kebangkitan nasional. Semoga kita dapat memaknai hari hari kebangkitan nasional ini dengan positif ya. Salah satunya dengan berkunjung ke museum atau berziarah ke makam pahlawan sebagai bentuk penghormatan kepada para pejuang bangsa Indonesia.

Semoga Indonesia selalu tenang, makmur, dan bahagia ya!

Baca Juga: Baru Diresmikan Tahun Lalu, Ini 5 Fakta Hari Pendidikan Internasional

Raniaaa Photo Community Writer Raniaaa

you can always do more than you think you can

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You