Comscore Tracker

7 Tanaman Liar yang Aman Dikonsumsi oleh Manusia

Tanaman liar bisa dimakan? Yuk, cari tau infonya!

Tanaman liar selama ini dianggap tidak berguna. Namun jangan salah, ada beberapa jenis tanaman liar yang bisa dimakan oleh manusia.

Apabila kita terjebak dalam situasi seperti tersesat di alam liar atau hutan dan tidak punya cadangan makanan, kita bisa memakan tanaman liar yang tentunya harus diketahui aman terlebih dahulu.

Yuk, kita pelajari bersama agar tidak terjebak dengan tanaman liar lain yang justru berbahaya dikonsumsi. 

1. Dandelion

7 Tanaman Liar yang Aman Dikonsumsi oleh Manusiailustrasi dandelion (unsplash.com/Viridi Green)

Dandelion cukup kita kenal sebagai tanaman liar. Dandelion juga mudah tumbuh dimana saja, sehingga tak jarang dianggap sebagai gulma.

Dilansir situs ABC, bunga dan daun dandelion bisa dikonsumsi segar sebagai salad. Namun daunnya juga bisa dimasak untuk pengganti bayam.

2. Nettle

7 Tanaman Liar yang Aman Dikonsumsi oleh Manusiailustrasi nettle (unsplash.com/Paul Morley)

Tanaman nettle biasa ditemui di negara-negara benua Eropa, Amerika, Afrika, dan sedikit negara benua Asia. Tanaman ini tumbuh subur di tanah yang lembab dan kaya mineral seperti pekarangan rumah, daerah perkebunan maupun hutan.

Nettle memiliki ciri khas dengan daun yang bergerigi dan mampu tumbuh hingga 2 meter. Nettle dikenal sejak dulu sebagai tanaman herbal karena memiliki khasiat untuk mengobati nyeri sendi, asam urat hingga diabetes, seperti dilansir Britannica.

3. Clover

7 Tanaman Liar yang Aman Dikonsumsi oleh Manusiailustrasi clover (unsplash.com/kiki Wang)

Clover atau semanggi merupakan tanaman liar lain yang ternyata bisa kita konsumsi. Tanaman ini mudah sekali kita temukan seperti di pinggir jalan atau semak-semak.

Menurut situs Healthline, bunga tanaman semanggi bisa dikonsumsi sebagai teh atau jelly, dan daunnya bisa dimakan segar atau dimasak terlebih dahulu.

4. Cattail

7 Tanaman Liar yang Aman Dikonsumsi oleh Manusiailustrasi cattail (unsplash.com/Denny Müller)

Tanaman cattail yang biasa tumbuh sebagai tanaman hias di kolam juga ternyata bisa dikonsumsi lho. 

Menurut University of Minnesota Extension, batang muda tanaman cattail bisa dimakan mentah atau direbus dahulu. Daun yang ada di bagian bawah bisa dijadikan sebagai salad. Dan akarnya juga bisa dikonsumsi dengan cara direbus atau dipanggang terlebih dahulu.

5. Amaranth

7 Tanaman Liar yang Aman Dikonsumsi oleh Manusiailustrasi amaranth (britannica.com/Amaranthus)

Tanaman amaranth merupakan tanaman liar yang memiliki ciri khas akan daunnya yang berwarna kemerahan. Tanaman ini mampu tumbuh di mana saja, mulai dari tanah gembur, tanah berpasir hingga tanah berlumpur.

Tanaman amaranth ternyata sudah dikonsumsi sejak zaman prehistoris. Daunnya bisa dimakan mentah sebagai salad atau dimasak sebagai campuran sup. Biji amaranth bisa dikonsumsi dengan cara ditumbuk terlebih dahulu sebelum dimasak menjadi bubur atau dijadikan sebagai alternatif tepung seperti dilansir Britannica.

6. Burdock

7 Tanaman Liar yang Aman Dikonsumsi oleh Manusiailustrasi burdock (unsplash.com/Truly Joy)

Menurut Marylandnature, tanaman burdock merupakan tanaman liar yang mudah tumbuh terutama di area pemukiman seperti lahan parkir, lapangan, pinggir jalan atau perkebunan. Burdock memiliki ciri khas akan bunganya yang berwarna ungu.

Di negara Asia Timur, akar burdock biasa dikonsumsi sebagai lauk dengan cara dimasak terlebih dahulu. Namun di negara Eropa, daunnya lebih dipilih untuk dijadikan teh.

 

7. Chickweed

7 Tanaman Liar yang Aman Dikonsumsi oleh Manusiailustrasi chickweed (hgic.clemson.edu/common chickweed)

Tanaman liar terakhir yang bisa dikonsumsi adalah chickweed. Tanaman ini juga mudah sekali tumbuh dimana saja seperti halaman rumah, pinggir jalan, taman, lapangan hingga perkebunan. Ciri khasnya adalah memiliki bunga berwarna putih.

Chickweed bisa dikonsumsi sebagai alternatif tanaman herb untuk masakan barat. Daunnya bisa dimakan mentah sebagai salad atau dijadikan campuran smoothie. Namun daunnya juga bisa dijadikan pengganti bayam setelah dimasak terlebih dahulu, seperti dilansir Plantura.

Nah, sekian dulu info mengenai tanaman liar yang bisa dikonsumsi. Semoga bisa menambah wawasan teman-teman.

Baca Juga: Bermanfaat, 5 Fakta Unik Tanaman Herbal di Sekitar Kita

Reti Anisa Utami Photo Writer Reti Anisa Utami

Penulis pemula yang ingin terus berkembang.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya