Comscore Tracker

7 Ngarai di Dunia Ini Seindah Grand Canyon, Keajaiban Alam

Ada yang dari Indonesia juga lho!

Ngarai atau canyon merupakan sebuah lembah terjal yang terbentuk akibat erosi aliran air sungai. Salah satu ngarai yang terkenal di dunia adalah Grand Canyon yang tercipta dari aliran sungai Colorado yang membelah bebatuan.

Dunia ini sangatlah luas dan ternyata masih banyak ngarai dan tebing yang tak kalah indah dibandingkan Grand Canyon. Penasaran tebing dan ngarai mana saja? Simak terus ya!

1. Taman Nasional Taroko (Taiwan)

7 Ngarai di Dunia Ini Seindah Grand Canyon, Keajaiban Alamletim2.ru

Dinamai berdasarkan suku asli Truku, Taman Nasional Taroko adalah salah satu pemandangan paling indah di Taiwan. Ngarai ini memiliki panjang 19 kilometer dan menawarkan sejumlah jalur pendakian yang berbeda melalui pemandangan tebing yang spektakuler dan jeram air yang jernih.

2. Waimea Canyon (Hawaii)

7 Ngarai di Dunia Ini Seindah Grand Canyon, Keajaiban Alamthebaginvestigator.com

Waimea Canyon adalah salah satu ngarai dan bebatuan yang memiliki warna colorful. Dijuluki Grand Canyon Pasifik, Canyon Waimea adalah ngarai besar dengan panjang sekitar 10 mil . Dibentuk oleh erosi dari Sungai Waimea yang terletak di Kepulauan Hawaii, ngarai ini menawarkan beragam warna merah, coklat dan hijau yang diselingi oleh air terjun dan pelangi yang kerap muncul dengan indah.

3. Gorge du Verdon (Prancis)

7 Ngarai di Dunia Ini Seindah Grand Canyon, Keajaiban Alamgorges-geoforms.weebly.com

Salah satu daerah ngarai sungai yang paling indah di dunia adalah Gorge du Verdon yang terletak di tenggara Prancis. Area ini sangat cocok untuk wisatawan, pendaki, dan mereka yang menyukai olahraga air. Lokasi ini terkenal dengan warna zamrud hijau ikonik Verdon. Kamu bisa menyewa kayak menyusuri indahnya tebing hijau di kanan-kiri dengan sungai biru di bawahnya.

Baca Juga: Sulit Dipercaya, Ini 7 Fenomena yang Sering Dikaitkan dengan Alien

4. Tiger Leaping Gorge (Tiongkok)

7 Ngarai di Dunia Ini Seindah Grand Canyon, Keajaiban Alammarketplacer.imgix.net

Terletak di Sungai Yangtze yang ikonis di barat daya Tiongkok, Tiger Leaping Gorge memiliki panjang sekitar 15 km dengan beberapa lokasi naik setinggi 3.000 meter di atas. Pada titik tersempitnya, ngarai ini hanya selebar 30 meter. Banyak yang menganggap ini ngarai terdalam di dunia.

Jika kamu menyukai air terjun, trekking di sekitar Tiger Leaping Gorge sangat cocok buat kamu. Namun, kamu harus dalam kondisi yang prima karena mendaki di ngarai ini digambarkan seperti mendaki gunung.

5. The Amphitheatre (Afrika Selatan)

7 Ngarai di Dunia Ini Seindah Grand Canyon, Keajaiban Alambackpackerreport.com

Terletak di Taman Nasional Royal Natal di provinsi KwaZulu Natal, Afrika Selatan, Amphitheatre merupakan tembok batu setinggi hampir 4.000 kaki yang membentang lebih dari tiga mil. Tebing ini merupakan adalah salah satu objek wisata alam paling terkenal di negara ini.

Titik tertinggi Amphitheatre berada di  puncak kubah Mont-aux-Sources yang terletak di ketinggian 11.000 mdpl. Lokasi ini dapat diakses dengan jalur pendakian, sementara jalur lain membawa pengunjung ke Air Terjun Tugela, air terjun tertinggi kedua di dunia dan tertinggi di Benua Afrika.

6. Kings Canyon (Australia)

7 Ngarai di Dunia Ini Seindah Grand Canyon, Keajaiban AlamEarth Trekkers

Kings Canyon adalah ngarai di wilayah utara Australia yang terletak di ujung barat Rentang George Gill sekitar 323 kilometer (201 mil) barat daya Alice Springs dan sekitar 1.316 kilometer (818 mil) selatan Darwin di dalam Taman Nasional Watarrka. Ngarai ini memiliki batuan coklat keoranyean yang sangat megah dan indah.

7. Green Canyon (Indonesia)

7 Ngarai di Dunia Ini Seindah Grand Canyon, Keajaiban Alaminstagram.com/blog_jalanjalanjauh

Kali ini ngarai indah nan memesona berasal dari negeri kita tercinta, Indonesia. Cukang Taneuh atau yang kerap dikenal dengan Green Canyon ini terletak di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Tempat ini sangat hijau dan asri. Kamu bisa berenang di bawahnya dan melihat hijaunya pemandangan bebatuan yang diselimuti lumut hijau.

Itulah 7 ngarai yang indah dan keren. Ternyata nggak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri cuma buat melihat ngarai eksotis, di dalam negeri juga ada tuh yang gak kalah cantik. Kira-kira kamu mau ke lokasi yang mana dulu nih?

Baca Juga: 7 Fenomena Alam yang Paling Menakjubkan di Dunia, Bikin Kagum!

Topic:

  • Reza Mahendra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya