Comscore Tracker

Ini 7 Cara Ilmiah Mengobati Fobia Menurut Para Ahli di Seluruh Dunia

Karena terkadang fobia bisa sampai mengganggu kehidupanmu

Rasa takut memang dimiliki manusia untuk melindungi dirinya dari hal-hal yang membahayakan. Namun jika rasa takut terlalu berlebihan, seringkali hal itu akan menggangu kehidupan sehari-harimu. Di bawah ini, dilansir dari berbagai sumber, ada 7 cara untuk mengobati fobia secara ilmiah. Yuk, mari kita cek satu per satu!

1. Hadapi secara langsung

Ini 7 Cara Ilmiah Mengobati Fobia Menurut Para Ahli di Seluruh Duniapexels.com/pixabay

Menurut John M. Grohol, Psy.D. di PsychCentral.com, salah satu cara utama untuk mengatasi rasa takut adalah menghadapinya secara langsung. Biarkan dirimu untuk berada dalam situasi yang ditakutkan (misalnya ketinggian, keramaian, serangga dan lain sebagainya).

Kamu boleh mundur saat rasa takutmu sudah begitu menjadi-jadi. Lain kali, dorong dirimu sedikit lebih jauh. Dan seterusnya dan seterusnya sampai rasa takut (semoga) hilang sepenuhnya.

2. Coba terapi Biofeedback

Ini 7 Cara Ilmiah Mengobati Fobia Menurut Para Ahli di Seluruh Duniapexels.com.rawpixel

Pada terapi biofeedback, dokter akan memasang elektroda ke kulitmu. Detak jantung, frekuensi nafas dan aktivitas ototmu akan terlihat pada monitor.

Biofeedback memberi kesempatan bagi orang dengan fobia untuk melihat respon fisiologisnya terhadap stres. Diharapkan kesadaran itu akan membantu sang penderita fobia untuk lebih bisa mengontol ketakutannya.

3. Hadapi terus menerus

Ini 7 Cara Ilmiah Mengobati Fobia Menurut Para Ahli di Seluruh Duniapexels.com/Pixabay

Seperti cara pertama, namun bisa dikatakan lebih kejam. Bayangkan orang yang mengalami claustrophobic naik lift selama seharian, atau orang yang mengalami germaphobe membiarkan tangannya menyentuh gagang pintu.

Tom Bunn L.C.S.W. di  Psychology Today menyatakan bahwa cara ini akhirnya akan membuat amigdala dalam otak paham, bahwa hal yang dilakukan itu tidaklah menakutkan dan akhirnya berhenti mengeluarkan hormon stres. Hal ini memang sangat sulit tapi sangat layak dicoba.

Baca Juga: Kenali Trypanophobia: Fobia yang Membuat Orang Takut Jarum Suntik

4. Memiliki support group

Ini 7 Cara Ilmiah Mengobati Fobia Menurut Para Ahli di Seluruh Duniapexels.com/rawpixel

Support group membantumu menyadari bahwa kamu tidak sendirian, aneh ataupun gila. Mengetahui hal ini bisa membantumu mengatasi rasa takut. Plus, berada di sekitar orang yang berpikiran sama-sama ingin menjadi lebih baik, meningkatkan peluangmu untuk pulih.

5. Coba minum obat

Ini 7 Cara Ilmiah Mengobati Fobia Menurut Para Ahli di Seluruh Duniapexels.com.rawpixel

Tidak ada salahnya untuk mencoba minum obat untuk mengobati fobiamu. Tentunya harus dengan resep dokter ya. Karena memang ada obat-obatan yang bisa membantumu mengalahkan rasa takut itu. Obat-obatan ini ada yang bersifat sedatif maupun antidepressant, yang berguna untuk membantumu lebih rileks dan mengurangi rasa takut.

6. Pelajari tentang bidang yang menjadi ketakutanmu

Ini 7 Cara Ilmiah Mengobati Fobia Menurut Para Ahli di Seluruh Duniapexels.com/Negative Space

Katakanlah misalnya kamu takut terhadap terbang, kamu bisa mencari dan membaca-baca mengenai bagaimana cara kerja pesawat terbang dan hal semacamnya. Saat kamu tahu bagaimana cara sesuatu bekerja, kamu akan merasa seperti lebih punya kontrol dalam situasi tersebut, yang akhirnya mampu mengurangi rasa fobiamu.

7. Belajar teknik relaksasi

Ini 7 Cara Ilmiah Mengobati Fobia Menurut Para Ahli di Seluruh Duniapexels.com/Pixabay

Salah satu bagian terburuk tentang fobia adalah reaksi fisik yang muncul- sesak nafas, jantung berdebar dan lain sebagainya. Sebenarnya, hal ini akhirnya membuat rasa cemas semakin buruk. Teknik relaksasi akan berguna untuk membantumu menenangkan kepanikanmu. 

Memiliki fobia memang tidak menyenangkan dan membuat hidupmu menjadi begitu terbatas. Atasilah sesegera mungkin dan mulailah kembali menikmati hidupmu.

Baca Juga: 8 Phobia Unik yang Tak Pernah Kamu Sangka, Bisa Terjadi pada Siapapun!

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya