Comscore Tracker

Menyeramkan, 5 Hewan 'Zombi' yang Ada di Dunia Nyata

Hidup di dalam tubuh hewan lain

Zombi  istilah yang digunakan untuk mayat yang memangsa manusia. Makhluk ini umumnya ada di film atau serial TV horor, seperti Train to Busan dan drama Korea All of Us Are Dead

Walaupun zombi manusia hanya ada di film dan TV, di dunia fauna yang luas ternyata ada jenis binatang yang memiliki perilaku seperti zombi.

Beberapa binatang ini melakukan "ritual" unik untuk bertahan hidup, seperti menggunakan binatang lain sebagai rumah, makanan, atau budak. Melansir laman Mental Floss, berikut 5 hewan "zombi" yang ada di dunia nyata. 

1. Jamur Ophiocordyceps unilateralis

Menyeramkan, 5 Hewan 'Zombi' yang Ada di Dunia Nyatailustrasi jamur Ophiocordyceps unilateralis (journals.plos.org)

Ophiocordyceps unilateralis adalah jenis jamur yang menggunakan tubuh semut untuk hidup. Spora jamur ini akan masuk melalui lubang-lubang tubuh semut yang kemudian akan tumbuh dan mengonsumsi organ dalam semut. 

Yang lebih menyeramkan, semut ini harus tetap hidup agar jamur bisa mengonsumsi jaringan lunaknya. Saat Ophiocordyceps unilateralis sudah cukup dewasa untuk berkembang biak, ia akan meracuni otak semut dan mengambil alih tubuhnya. 

Di tahap ini, semut sudah kehilangan kendali atas tubuhnya. Jamur Ophiocordyceps unilateralis nantinya akan tumbuh dari kepala semut tersebut dan melepaskan serbuk spora yang akan menginfeksi semut lainnya. 

2. Tawon Hymenoepimecis argyraphaga

Menyeramkan, 5 Hewan 'Zombi' yang Ada di Dunia Nyatailustrasi tawon Hymenoepimecis argyraphaga (zookeys.pensoft.net)

Hymenoepimecis argyraphaga merupakan jenis tawon parasit yang menggunakan laba-laba sebagai budak sekaligus makanan. Tawon ini akan melumpuhkan laba-laba dengan sengatannya. 

Saat laba-laba sudah dilumpuhkan, tawon Hymenoepimecis argyraphaga akan meletakkan telurnya di perut laba-laba tersebut. Ketika telur menetas, larva tawon akan hidup di dalam laba-laba dan menghisap cairan tubuh laba-laba sebagai makanan.  

Setelah beberapa minggu, larva tawon akan meracuni laba-laba dengan bahan kimia yang bisa mengubah perilaku laba-laba. Di tahap ini, laba-laba sudah menjadi "zombi" yang hanya menjadi inang tawon hingga ia cukup dewasa untuk terbang. 

3. Emerald jewel wasp

Menyeramkan, 5 Hewan 'Zombi' yang Ada di Dunia Nyatailustrasi emerald jewel wasp (commons.wikimedia.org/JMGM)

Hampir sama seperti Hymenoepimecis argyraphaga, emerald jewel wasp atau yang bisa disebut dengan tawon permata adalah jenis tawon parasit yang bertumbuh di dalam hewan lain. 

Tawon jenis ini menggunakan kecoak sebagai inangnya. Ketika tawon betina dewasa siap bertelur, ia akan mendarat di punggung kecoak dan menusukkan sengatnya. Dalam seketika, kecoak akan lumpuh dan tidak bisa bergerak. 

Setelah itu, tawon akan menyuntikkan racun ke kepala kecoak yang membuatnya harus mengikuti perintah si tawon. Tubuh kecoak akan menjadi tempat tinggal sekaligus makanan larva tawon. 

Baca Juga: 6 Praktik Kanibalisme dalam Sejarah Manusia, Menyeramkan!

4. Tawon Glyptapanteles

Menyeramkan, 5 Hewan 'Zombi' yang Ada di Dunia Nyatailustrasi tawon Glyptapanteles (commons.wikimedia.org/José Lino-Neto)

Tawon dari genus Glyptapanteles adalah jenis tawon parasit yang menggunakan hewan lain sebagai inang. Tawon betina jenis ini akan meletakkan telurnya di dalam tubuh ulat yang kemudian akan menetas dan keluar menjadi larva. 

Larva yang keluar akan mulai menjadi kepompong untuk berubah menjadi tawon dewasa. Akan tetapi, larva tawon lainnya akan tetap tinggal di dalam tubuh ulat dan mengontrol tubuh ulat untuk dijadikan sebagai penjaga kepompong. 

Larva parasit akan memaksa tubuh ulat untuk melindungi kepompong saudara mereka dari serangan predator. Pada saat tawon dewasa muncul dari kepompong, ulat akan dibiarkan mati karena kelaparan. 

5. Cacing Nematomorpha

Menyeramkan, 5 Hewan 'Zombi' yang Ada di Dunia Nyatailustrasi cacing nematomorpha (commons.wikimedia.org/Necrophorus

Nematomorpha merupakan jenis cacing yang hidup di dalam tubuh belalang atau jangkrik. Saat sudah cukup dewasa, cacing ini akan menggunakan protein untuk mengambilalih sistem saraf pusat inangnya. 

Cacing Nematomorpha kemudian memaksa inangnya melompat ke air terdekat. Cacing dewasa akan keluar meninggalkan inangnya dan mulai mencari pasangan untuk berkembang biak. Di tahap ini, inang tersebut akan mati setelah digunakan sebagai tempat tinggal oleh cacing Nematomorpha

Dunia fauna memang menyimpan beragam keunikan yang menyeramkan sekaligus menakjubkan. Untungnya, binatang-binatang "zombi" yang menyeramkan di atas hanya menyerang hewan lain dan tidak menyerang manusia. 

Baca Juga: 5 Fakta Unik Invertebrata, Hewan Tanpa Tulang Belakang 

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya