Comscore Tracker

7 Penemuan Harta Karun yang Pernah Ada di Dunia, Bernilai Fantastis

Ada yang bernilai 10 juta dolar Amerika #IDNTimesScience

Sewaktu kecil, kita kerap mendengar dongeng tentang harta karun peninggalan masa lampau. Harta karun tersebut diimajinasikan berisi koin emas, perhiasan, hingga benda-benda bernilai sejarah. Mereka umumnya terkubur dengan lokasi yang tidak diketahui, baik di daratan maupun lautan. 

Ternyata, penemuan harta karun tidak hanya ada dalam dongeng semata, lho. Dalam kehidupan nyata, ada orang-orang yang berhasil menemukan harta karun. Bahkan, beberapa di antaranya ditemukan tak sengaja. Penasaran? Yuk, simak informasi mengenai penemuan harta karun bernilai fantastis yang pernah ditemukan di dunia.

1. Hoxne Hoard 

7 Penemuan Harta Karun yang Pernah Ada di Dunia, Bernilai Fantastisharta karun Hoxne Hoard (duerrs.co.uk)

Dilansir Duerrs, Hoxne Hoard merupakan harta karun yang diduga merupakan peninggalan masyarakat zaman Romawi akhir. Harta karun tersebut ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang pensiunan petani, Eric Lawes pada tahun 1992.

Awalnya, ia sedang mencari palunya yang hilang di sekitar ladang menggunakan pendeteksi metal dari sang istri. Lawes tidak menemukan palu yang ia cari, alih-alih, ia justru menemukan harta karun. Temuan tersebut kemudian dinamakan Hoxne Hoard.

Harta karun tersebut berisi lebih dari 15 ribu keping koin, 200 item perhiasan emas, dan berbagai peralatan makan berbahan perak, seperti sendok makan dan sendok sayur. Peneliti meyakini bahwa benda-benda itu milik keluarga yang sangat kaya pada masanya. Harta karun itu ditaksir dengan harga 2,66 juta poundsterling. Kini, barang-barang tersebut dipajang di British Museum, London.

2. Staffordshire Hoard

7 Penemuan Harta Karun yang Pernah Ada di Dunia, Bernilai Fantastissalah satu bagian dari harta karun Staffordshire (staffordshirehoard.org.uk)

Staffordshire Hoard merupakan koleksi emas dan perak zaman Anglo-Saxon yang paling besar. Harta karun itu terdiri lebih dari 4 ribu item. Para arkeolog percaya bahwa timbunan tersebut terkubur pada abad ke-7 M (600-699 AD), pada saat wilayah tersebut merupakan bagian dari Kerajaan Mercia.

Birminghammail melansir bahwa harta karun Staffordshire ditemukan pada tahun 2009 oleh dua orang pria di dekat Lichfield, Staffordshire Inggris. Harta karun yang senilai dengan 3,3 juta poundsterling itu kemudian dibeli oleh Museum dan Galeri Seni Birmingham serta Museum & Galeri Seni Tembikar berdasarkan Undang-Undang Harta Karun 1996.

Baca Juga: 5 Harta Karun Berharga yang Ditemukan Manusia, Fantastis!

3. The Saddle Ridge Hoard

7 Penemuan Harta Karun yang Pernah Ada di Dunia, Bernilai Fantastiskoin emas harta karun The Saddle Ridge Hoard (latimes.com)

The Guardian melansir bahwa sepasang suami istri asal California menemukan harta karun dalam sebuah wadah kaleng yang berkarat saat mereka berjalan-jalan dengan anjing peliharaannya. Harta karun tersebut berisi 1.427 koin emas yang berasal dari tahun 1847 hingga 1894 yang kemudian dinamakan The Saddle Ridge Hoard. 

Total nilai The Saddle Ridge Hoard begitu fantastis, yakni mencapai 10 juta dolar AS atau setara dengan Rp142,5 miliar. Harta karun yang ditemukan pada tahun 2013 di Sierra Nevada, California ini merupakan penemuan terbesar yang pernah ada di Amerika Serikat.

4. Caesarea Treasure

7 Penemuan Harta Karun yang Pernah Ada di Dunia, Bernilai FantastisPenyelam menemukan harta karun di lautan Caesarea (jpost.com)

Dilansir BBC, pada Februari 2015, seorang penyelam bernama Zvika Fayer tanpa sengaja menemukan tumpukan koin yang terbuat dari emas 24 karat dengan kadar hampir 95 persen di laut pelabuhan kuno Israel Caesarea. Tempat tersebut merupakan situs arkeologi bawah laut yang dipenuhi dengan artefak kuno. 

Zvika Fayer melaporkan penemuan tersebut kepada Otoritas Barang Antik Israel. Mereka melakukan penyelaman kembali dan mengumpulkan lebih dari 2 ribu koin emas dan benda-benda sejarah lainnya. Koin-koin tersebut bertulisan Arab yang berasal dari kekhalifahan Fatimiyah, sebuah kerajaan agama Syiah Arab yang ada dari abad ke-10 hingga ke-12 M. 

5. San Jose Galleon

7 Penemuan Harta Karun yang Pernah Ada di Dunia, Bernilai Fantastisilustrasi koin harta karun San Jose Galleon (pexels.com/cottonbro)

San Jose Galleon merupakan kapal perang Spanyol yang karam di wilayah Cartagena, Kolombia pada tahun 1708. Kapal tersebut mengangkut emas, perak, dan batu emerald dengan total nilai sekitar 17 miliar dolar AS.

Sea Search Armada (SSA), sekelompok investor dari Amerika Serikat mengklaim telah menemukan bangkai kapal San Jose pada tahun 1981 dan bersedia memberitahu lokasinya jika Kolombia setuju untuk memberikan 35 persen harta karun kepada mereka. Parlemen Kolombia segera mengambil tindakan dan mengumumkan bahwa SSA hanya akan diberikan 5 persen dari total temuan sebagai biaya penemu.

Perselisihan antara SSA dan Kolombia ini akhirnya diselesaikan pada tahun 2011. Mahkamah Agung memutuskan bahwa Kolombia memegang hak atas barang-barang harta karun yang dianggap sebagai warisan budaya nasional dan SSA akan mendapatkan 50 persen dari setiap barang lainnya dari harta karun tersebut.

CNN melansir bahwa para peneliti menggunakan kendaraan bawah air tak berawak yang disebut REMUS 6000 untuk berburu bangkai kapal San Jose. Pada tahun 2015, akhirnya bangkai kapal berisi harta karun fantastis ditemukan. Namun rincian penemuan itu dirahasiakan hingga saat ini.

6. Nuestra Señora de las Mercedes

7 Penemuan Harta Karun yang Pernah Ada di Dunia, Bernilai Fantastisharta karun kapal angkatan laut Spanyol (spainisculture.com)

Nuestra Señora de las Mercedes merupakan kapal angkatan laut Spanyol yang mengangkut 50 ribu koin, 212 di antaranya emas dan sisanya perak. Kapal tersebut ditenggelamkan oleh Inggris di lepas Pantai Selatan Portugal pada tanggal 5 Oktober 1804 selama  Pertempuran Tanjung Santa Maria. 

Dilansir Spain is Culture, pada tahun 2007, bangkai kapal tersebut ditemukan oleh Odyssey Marine Exploration. Mereka mengirimkan temuannya ke Amerika Serikat. Namun, pemerintah Spanyol mengklaim bahwa kapal itu merupakan bagian dari Angkatan Laut Spanyol yang artinya negara adalah pemilik sah dari emas tersebut.

Perselisihan antara kedua belah pihak berlangsung selama 5 tahun. Pengadilan memutuskan bahwa pemerintah Spanyol memang dan menjadi pemilik yang sah. Harta karun tersebut akhirnya dikirim kembali ke Spanyol dan menjadi aset budaya yang dipamerkan di Museum Angkatan Laut Spanyol dengan bantuan Museum Arkeologi Nasional Spanyol.

7. Kapal emas Amerika

7 Penemuan Harta Karun yang Pernah Ada di Dunia, Bernilai FantastisEmas batangan yang ditemukan dari kapal SS Amerika (seattletimes.com)

SS Amerika Tengah merupakan sebuah kapal yang mengangkut 13.600 kilogram emas, tapi tenggelam pada tahun 1857. Pada tahun 1988, lokasi bangkai kapal namun hanya 5 persen bagian dari bangkai kapal yang dapat digali.

Pada tahun 2014, Odyssey Marine Exploration, sebuah perusahaan Amerika yang bergerak di bidang penyelamatan bangkai kapal mulai menyusuri kembali area tersebut. Akhirnya, emas dan perak dari kapal karam ditemukan. Perkiraan nilai seluruh harta karun tersebut adalah sekitar 100 sampai 150 juta dolar Amerika.

Dilansir CNBC, 3.100 koin emas, 45 batangan emas, dan lebih dari 36 kilogram emas yang ditemukan dari puing-puing kapal uap tersebut. Benda-benda tersebut kini disimpan di laboratorium darurat selatan Los Angeles.

Menemukan harta karun merupakan impian banyak orang ataupun kelompok tertentu yang secara khusus mencarinya. Namun alangkah bijaknya jika penemuan tersebut dilaporkan kepada otoritas terkait agar diserahkan atau dibeli berdasarkan peraturan yang ada. Dengan begitu, temuan tersebut bisa diteliti oleh ahli dan dijadikan aset warisan budaya bangsa dan dunia.

Baca Juga: Belum Ditemukan, 5 Harta Karun Berharga ini Hilang Secara Misterius 

Rondiya Sari Photo Verified Writer Rondiya Sari

Find the world through reading.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya