Comscore Tracker

10 Gambar Kembang Api Kosmik Ini Turut Memeriahkan Pergantian Tahun

Selamat Tahun Baru 2019!

Masyarakat di seluruh dunia mempersiapkan diri menjelang pergantian tahun, dan sudah tidak sabar menanti letusan dan kilauan pertunjukkan kembang api untuk merayakannya. Bukan bermaksud merendahkan, namun mengingat bahwa pertunjukan kembang api pergantian tahun ini tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan ledakan dan letusan kosmik yang terjadi setiap saat di Alam Semesta kita.

Tentu saja, kita tidak akan pernah bisa melihat peristiwa-peristiwa dalam skala kosmik seperti ini dengan mata telanjang. Namun berkat teleskop-teleskop resolusi tinggi, kita masih bisa mendapatkan representasi yang mengejutkan dan gamblang dari suara gemuruh dahsyat yang terjadi ribuan atau jutaan tahun cahaya jauhnya.

Dilansir dari galeri NASA, 10 gambar terbaik pertunjukan kembang api dalam skala kosmik berikut dipilih untuk merayakan pergantian tahun dalam skala kosmik yang ditangkap oleh teleskop antariksa Hubble dan Chandra.

Setiap gambar mewakili berbagai jenis objek, mulai dari supernova, nebula, galaksi hingga gugus galaksi masif sangat jauh yang menciptakan rangkaian cahaya berwarna-warni dari Alam Semesta kita.

1. Cincin E0102-72.3

10 Gambar Kembang Api Kosmik Ini Turut Memeriahkan Pergantian Tahunchandra.si.edu

Sisa ledakan supernova ini bersumber dari sebuah bintang masif di galaksi terdekat yang disebut Awan Magellan Kecil. Deteksi panjang gelombang sinar-X teleskop antariksa Chandra yang ditunjukkan dalam warna biru dan ungu telah membantu para astronom untuk mengonfirmasi bahwa sebagian besar unsur oksigen di Alam Semesta disintesis di bintang-bintang masif.

Jumlah oksigen dalam cincin E0102-72.3 seperti yang diperlihatkan dalam gambar, cukup untuk menyuplai ribuan Tata Surya. Gambar ini juga memadukan data optik dari teleskop antariksa Hubble milik NASA dan Very Large Telescope di Chile yang ditunjukkan dalam warna merah dan hijau.

2. Gugus Galaksi Abell 370

10 Gambar Kembang Api Kosmik Ini Turut Memeriahkan Pergantian Tahunchandra.si.edu

Terletak sekitar 4 miliar tahun cahaya jauhnya dari Bumi, Abell 370 adalah gugus galaksi yang terdiri dari ratusan galaksi. Gugus galaksi adalah objek terbesar di Alam Semesta yang disatukan oleh gaya gravitasi.

Selain galaksi individu, gugus galaksi juga mengandung sejumlah besar partikel gas dengan suhu mencapai jutaan derajat yang memancarkan sinar-X, dan materi gelap yang memasok sebagian besar gaya gravitasi gugus, namun tidak menghasilkan cahaya.

Chandra mengungkapkan gas panas seperti yang diperlihatkan dalam gambar adalah wilayah berwarna biru yang menyebar, dikombinasikan dengan data optik dari Hubble (merah, hijau, dan biru).

3. Messier 8

10 Gambar Kembang Api Kosmik Ini Turut Memeriahkan Pergantian Tahunchandra.si.edu

Juga dikenal sebagai NGC 6523 atau Nebula Lagoon, Messier 8 adalah sebuah awan gas dan debu raksasa yang menjadi lokasi pembentukan bintang. Pada jarak sekitar 4.000 tahun cahaya jauhnya dari Bumi, Messier 8 memberikan para astronom peluang bagus untuk mempelajari sifat-sifat bintang yang baru saja dilahirkan. Banyak bayi bintang mengeluarkan cahaya berenergi tinggi, termasuk sinar-X yang terlihat dalam data Chandra (merah muda).

Gambar Messier 8 ini merupakan perpaduan antara spektrum sinar-X Chandra dengan spektrum cahaya tampak Mt. Lemmon Sky Center di Arizona (biru pucat dan putih).

4. Nebula Orion

10 Gambar Kembang Api Kosmik Ini Turut Memeriahkan Pergantian Tahunchandra.si.edu

Lihat tepat di bagian tengah bawah dari tiga “sabuk” bintang di rasi Orion untuk menemukan Nebula Orion yang tampak sebagai titik kecil yang redup. Namun, dengan teleskop yang kuat seperti Chandra, pemandangannya akan jauh berbeda.

Dalam gambar ini, sinar-X dari Chandra (biru) mengungkapkan bintang-bintang muda individu, yang panas dan energik. Ketika dikombinasikan dengan emisi radio dari Very Large Array milik National Science Foundation (NSF), terungkap jelas bagaimana wilayah pembibitan bintang ini terlihat.

5. Messier 33

10 Gambar Kembang Api Kosmik Ini Turut Memeriahkan Pergantian Tahunchandra.si.edu

Galaksi Triangulum atau Messier 33, galaksi spiral yang terletak sekitar 3 juta tahun cahaya jauhnya dari Bumi, merupakan salah satu anggota Kelompok Lokal galaksi yang juga mencakup Bima Sakti dan Andromeda.

Data sinar-X Chandra (merah muda) mengungkapkan bintang neutron dan lubang hitam yang menarik material dari sebuah bintang pendamping, sementara gambar optik dari teleskop Subaru di Hawaii (merah, hijau, dan biru) menunjukkan lengan besar galaksi spiral yang dalam banyak hal mirip galaksi Bima Sakti kita.

Baca Juga: Demi Status Paling Berkilau, Galaksi Ini  'Memakan' 3 Tetangganya

6. Abell 2744

10 Gambar Kembang Api Kosmik Ini Turut Memeriahkan Pergantian Tahunchandra.si.edu

Gambar komposit ini memperlihatkan dampak tabrakan raksasa yang melibatkan empat gugus galaksi terpisah pada jarak sekitar 3,5 miliar tahun cahaya. Secara resmi disebut Abell 2744, sistem ini juga disebut “Gugus Pandora”, karena struktur berbeda yang ditemukan di dalamnya.

Pemandangan Abell 2744 ini merupakan perpaduan antara data sinar-X Chandra (biru) yang menunjukkan gas panas, data optik Subaru dan Very Large Telescope (merah, hijau dan biru), dan data radio Very Large Array Karl G. Jansky NSF (merah). Sebagian besar massa gugus didominasi oleh materi gelap yang tak terlihat.

7. Supernova 1987A

10 Gambar Kembang Api Kosmik Ini Turut Memeriahkan Pergantian Tahunchandra.si.edu

Tiga puluh tahun telah berlalu sejak Supernova 1987A pertama kali terlihat. Sejak saat itu, teleskop-teleskop berbasis darat dan antariksa telah mengamati objek yang luar biasa ini, termasuk Chandra.

Citra komposit terbaru yang memperlihatkan sisa dari ledakan dahsyat supernova 1987A yang membentuk sebuah cincin ini merupakan perpaduan antara spektrum sinar-X Chandra (biru), spektrum cahaya tampak Hubble (hijau), dan data panjang gelombang submillimeter dari ALMA (merah).

8. Galaksi UGC 1810 dan ARP 273

10 Gambar Kembang Api Kosmik Ini Turut Memeriahkan Pergantian Tahunnasa.gov

Interaksi antara galaksi UGC 1810 dan Arp 273 dicitrakan pada tanggal 17 Desember 2010, menggunakan Wide Field Camera 3 (WFC3) Hubble. Gambar ini adalah gabungan dari data yang diambil dengan tiga filter terpisah menggunakan WFC3 yang memungkinkan pengambilan dalam berbagai panjang gelombang yang mencakup spektrum ultraviolet biru dan merah.

UGC 1810, galaksi berbentuk spiral yang berukuran lebih besar, bagian cakramnya terdistori karena pasang surut gravitasi ke dalam bentuk yang mirip bunga mawar oleh tarikan gravitasi galaksi yang berada di bawahnya, UGC 1813. Selain mirip bunga mawar, interaksi antargalaksi ini juga terlihat seperti pola kembang api.

9. Nebula Kepiting, NGC 1952

10 Gambar Kembang Api Kosmik Ini Turut Memeriahkan Pergantian Tahunnasa.gov

Pada tahun 1054, para astronom dari negeri China mengamati sebuah ‘bintang’, yang selama hampir satu bulan terlihat di langit, bahkan pada siang hari. Bintang ini sebenarnya  adalah sisa dari ledakan supernova yang membentuk Nebula Kepiting (NGC 1952) seluas enam tahun cahaya.

Terletak 6.500 tahun cahaya jauhnya dari Bumi di rasi bintang Taurus, gambar ini dirakit dari 24 eksposur terpisah yang ditangkap oleh Hubble selama tiga bulan. Komposisi filamen berwarna oranye sebagian besar adalah unsur hidrogen, warna biru pada filamen di bagian terluar nebula mewakili unsur oksigen netral. Hijau adalah sulfur terionisasi tunggal, dan merah menunjukkan oksigen terionisasi ganda.

Bintang yang meledak itu sendiri, kini menjelma menjadi bintang neutron yang berputar sangat cepat, 30 kali per detik, dan tertanam di pusat Nebula Kepiting.

10. Galaksi Berudu, Kiso 5639

10 Gambar Kembang Api Kosmik Ini Turut Memeriahkan Pergantian Tahunnasa.gov

Menurut NASA, “Kiso 5639 adalah anggota dari sebuah galaksi yang disebut ‘berudu’ karena kepalanya yang terang dan ekornya yang memanjang. Berudu kosmik jarang ditemukan di Alam Semesta dekat namun lebih umum di kosmos yang jauh, menunjukkan bahwa banyak galaksi melewati sebuah fase seperti ini saat berevolusi.”

Mengakui akan kemiripan yang mencolok antara kembang api dan kejadian kosmik, NASA merilis gambar “roket angkasa” luar biasa dari Kiso 5639 ini, sebuah galaksi kecil yang terletak 82 juta tahun cahaya dari Bumi. Pengamatan oleh instrumen WFC3 Hubble pada gambar ini mencakup sebagian spektrum, termasuk emisi ultraviolet, optik, H-alpha, dan inframerah.

Semoga di tahun yang baru ini kedamaian dan kebahagiaan selalu menyertaimu.

Baca Juga: 10 Pesawat Antariksa Terbaik yang Terbang Mengejar Komet dan Asteroid

Ruang Angkasa Luas Photo Community Writer Ruang Angkasa Luas

Informasi astronomi untuk menambah pengetahuan kita tentang Alam Semesta dan upaya eksplorasi ruang angkasa luas sebagai rumah kedua manusia di masa depan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You