Comscore Tracker

Suka Menyendiri, Karakter 5 Galaksi Ini Layaknya Jomblo Berkualitas

Banyak yang jatuh hati kepada mereka lho!

Galaksi biasanya berkumpul menjadi satu dalam sebuah kelompok atau gugus dan tidak pernah terpisah terlalu jauh. Seperti galaksi Bima Sakti kita yang juga menjadi salah satu anggota dari sekitar lima puluh galaksi yang membentuk struktur gugus galaksi Grup Lokal.

Anggap saja kita beruntung, karena lokasi galaksi Bima Sakti kita di alam semesta sangat strategis, diapit oleh sejumlah galaksi terang di sekelilingnya yang memandu kita mengarungi kegelapan malam. Dua di antara satelit galaksi yang selalu setia mendampingi Bima Sakti, Awan Magellan Besar dan Awan Magellan Kecil, membimbing Ferdinand Magellan dalam ekspedisi pelayaran legendaris sekitar 500 tahun lalu yang mengubah sejarah dunia.

Tetapi, ada juga galaksi yang kurang beruntung, terdampar dan terisolasi di wilayah ruang angkasa terpencil tanpa ada galaksi lain yang menemani. Mereka tinggal di wilayah yang disebut cosmic void, ruang angkasa hampa sangat luas yang hanya diisi oleh satu atom per meter kubik.

Meskipun menyendiri tanpa pasangan, mereka tidak kalah dengan galaksi lain yang berada di pusat keramaian gugus layaknya seorang “Jomblo Berkualitas”. Jangan baper dulu ya, istilah ini hanya digunakan untuk memudahkan kamu dalam memahami karakteristik lima galaksi penyendiri berikut, sebagaimana diolah dari galeri gambar NASA.

1. NGC 3344: The Lonely Beauty

Suka Menyendiri, Karakter 5 Galaksi Ini Layaknya Jomblo BerkualitasNASA

Indah, cantik dan penyendiri, galaksi spiral yang anggun ini memiliki kesempurnaan yang didambakan oleh setiap orang. Diabadikan oleh teleskop antariksa Hubble milik NASA, galaksi NGC 3344 ini tampil mempesona dan membuat para astronom jatuh hati untuk mempelajari detail struktur galaksi yang elegan ini.

Dijuluki “The Lonely Beauty”, galaksi spiral NGC 3344 memberikan pemandangan spektakuler di langit malam. Terletak sekitar 20 juta tahun cahaya di rasi bintang Leo Minor, galaksi cantik ini menyendiri tanpa ada galaksi lain yang menemani.

Meskipun berada di lokasi ruang angkasa yang terpencil dan jauh dari pusat keramaian gugus galaksi, NGC 3344 tetap terlihat paling menonjol karena keindahannya.

2. NGC 1559: Lonely Firework Display

Suka Menyendiri, Karakter 5 Galaksi Ini Layaknya Jomblo BerkualitasNASA

Ketika diamati, NGC 1559 terlihat berada di Awan Magellan Besar, salah satu tetangga terdekat galaksi kita. Namun, pengamatan semu ini hanyalah tipuan perspektif, karena NGC 1559 secara fisik tidak berada di sana. NGC 1559 benar-benar penyendiri, tidak memiliki tetangga galaksi terdekat atau menjadi anggota dari gugus galaksi manapun.

Terletak sekitar 50 juta tahun cahaya jauhnya di rasi bintang langit selatan Reticulum, galaksi berukuran kecil ini tidak memiliki pendamping dan agak diabaikan. Tetapi, ketika teleskop diarahkan kepadanya, NGC 1559 sangat atraktif dan berulang kali menampilkan pertunjukkan yang cukup menarik.

NGC 1559 telah menyelenggarakan berbagai acara ledakan bintang spektakuler yang disebut supernova, empat di antaranya telah diamati, pada tahun 1984, 1986, 2005, dan 2009. Para astronom yang menjulukinya “Lonely Firework Display” selalu mengamati dan mengaguminya dari kejauhan.

Baca Juga: Kamu Bisa Amati Galaksi Bimasakti, 10 Fenomena Langit Maret 2019

3. NGC 6503: Lost In Space Galaxy

Suka Menyendiri, Karakter 5 Galaksi Ini Layaknya Jomblo BerkualitasNASA

Sebagian besar galaksi biasanya berkumpul dalam sebuah kelompok atau gugus. Tetapi galaksi yang satu ini, NGC 6503, ditemukan menyendiri dan terlihat kesepian karena berada di bagian tepi Local Void, ruang angkasa hampa seluas 150 juta tahun cahaya.

Galaksi yang berada di Local Void ini kemudian dijuluki “Lost In Space Galaxy”. NGC 6503 terpisah sejauh 18 juta tahun cahaya dari kita di rasi bintang sirkumpolar utara Draco.

Meskipun berada di lokasi terpencil, NGC 6503 tetap memikat dan tampil dalam detail kaya warna yang mempesona. Bercak gas berwarna merah terang terlihat menyebar melalui lengan spiral yang berputar, bercampur dengan “permata-permata” bintang biru yang baru dilahirkan.

4. NGC 1569: The Lonely Galaxy

Suka Menyendiri, Karakter 5 Galaksi Ini Layaknya Jomblo BerkualitasNASA

Para astronom telah lama memikirkan penyebab tingginya produktivitas penciptaan bintang di sebuah galaksi katai yang terpencil di lingkungan alam semesta lokal kita. Teleskop antariksa Hubble kemudian membantu para astronom dalam memecahkan misteri galaksi penyendiri yang diberi nama NGC 1569.

Hubble berhasil mengoreksi jarak NGC 1569 secara akurat, yang sebenarnya satu setengah kali lebih jauh daripada perkiraan sebelumya. Jarak yang lebih jauh ini menempatkan NGC 1569 di tengah 10 galaksi lainnya yang menjadi satelit galaksi spiral masif IC 342.

NGC 1569 yang mendapat julukan “The Lonely Galaxy”, sangat produktif dan mampu mencetak bintang 100 kali lipat lebih banyak daripada Bima Sakti. Meskipun penyendiri, NGC 1569 telah “memikat” 10 galaksi lainnya dan interaksi gravitasi di antara mereka menjadi pemicu kegilaan produktivitas NGC 1569.

5. MCG+01-02-015: The Loneliest Galaxy

Suka Menyendiri, Karakter 5 Galaksi Ini Layaknya Jomblo BerkualitasNASA

Nama julukan yang disematkan kepada MCG+01-02-015 sesuai dengan lokasi penempatannya di alam semesta, yaitu “The Loneliest Galaxy”. Apabila dilihat dari depan, lengan-lengan spiral galaksi MCG+01-02-015 tampak saling melilit dan menyatukan galaksi.

Pemandangan ini seolah memperlihatkan sejumlah besar pendamping bagi MCG+01-02-015, namun realita menunjukkan kebalikannya. Dari segala penjuru, tidak ditemukan galaksi lain dalam radius 100 juta tahun cahaya. Wilayah MCG+01-02-015 ditempatkan sangat terisolasi, berada tepat di wilayah cosmic void atau ruang angkasa hampa dalam skala yang sangat masif.

Meskipun berada di tempat yang sangat terpencil, tidak ada satupun anggota dari gugus galaksi Grup Lokal yang dapat menandingi kedigdayaan MCG+01-02-015. Dibandingkan Bima Sakti, galaksi paling terpencil sejagad itu jauh lebih besar dan lebih terang, serta memiliki jumlah populasi bintang yang lima kali lipat lebih banyak karena dihuni oleh lebih dari satu triliun bintang.

Itulah lima galaksi penyendiri tanpa pasangan di alam semesta yang berhasil ditemukan oleh para astronom. Seperti mereka, di era generasi Z saat ini, tidak ada salahnya menjadi seorang jomblo asal tetap berkualitas, karena bisa dipastikan banyak yang akan jatuh hati kepadamu. Dan ketika akhirnya mendapatkan pasangan, jomblo berkualitas yang telah terbukti tahan uji, dijamin akan selalu setia dan tidak akan pernah berpaling ke lain hati.

Baca Juga: Demi Status Paling Berkilau, Galaksi Ini  'Memakan' 3 Tetangganya

Ruang Angkasa Luas Photo Verified Writer Ruang Angkasa Luas

Informasi astronomi untuk menambah pengetahuan kita tentang Alam Semesta dan upaya eksplorasi ruang angkasa luas sebagai rumah kedua manusia di masa depan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You