Comscore Tracker

Imutnya 7 Potret Pygmy Marmoset, Monyet Lucu yang Terkecil Dunia

Jadi pengen pelihara satu!

Monyet merupakan hewan yang cukup bersahabat dan bisa berinteraksi layaknya manusia. Mereka memiliki sistem pencernaan hingga otak yang hampit sama seperti manusia namun dalam takaran yang lebih terbatas. Hal itu membuat banyak orang tertarik memeliharanya sebagai teman di rumah. 

Jenis monyet beragam dan terkategori dalam berbagai bentuk, sifat dan warna. Salah satu yang paling menarik ialah monyet terkecil di dunia yang bernama Pygmy Marmoset. Monyet jenis ini akan tetap berukuran kecil meskipun sudah dewasa, pokoknya keimutan wajah mereka bikin kamu pengen memelihara deh!

1. Pygmy Marmoset berukuran sangat mini

Imutnya 7 Potret Pygmy Marmoset, Monyet Lucu yang Terkecil Duniatravelandleisure.com

Pygmy Marmoset layak disebut sebagai monyet terkecil di dunia karena memang bentuk tubuhnya yang sangat mini. Pygmy Marmoset tumbuh besar dengan ukuran maksimal sepanjang 10-15 cm dan tubuhnya berbobot antara 80-100 gram. Ini menjadi alasan mengapa monyet lucu ini punya nama lain finger monkey. 

2. Hewan kecil atraktif yang bisa menghibur

Imutnya 7 Potret Pygmy Marmoset, Monyet Lucu yang Terkecil Duniaanimalspot.net

Monyet memang dikenal energik dan punya banyak tingkah lucu yang bikin manusia jatuh cinta. Tak terkecuali dengan jenis monyet kecil ini, Pygmy Marmoset adalah binatang yang aktif dan suka bermain. Mereka menyukai interaksi bersama manusia dan tidak berbahaya. 

3. Pygmy Marmoset boleh dipelihara secara legal pada negara tertentu

Imutnya 7 Potret Pygmy Marmoset, Monyet Lucu yang Terkecil Duniamonkeyworlds.com

Pygmy Marmoset berada dalam tingkatan hewan yang sudah dilindungi namun tetap boleh dipelihara asalkan tetap dilangsungkan perkembangbiakannya. Hewan ini masih cukup banyak ditemukan di habitat asli mereka, yaitu Amerika Selatan. Namun peraturan ini berlaku pada negara tertentu, sebab di negara luar seperti di Kanada Pygmy Marmoset ilegal untuk dipelihara. 

Baca Juga: 5 Primata Langka Asal Amerika Tengah yang Unik Banget 

4. Pemakan getah dan buah-buahan

Imutnya 7 Potret Pygmy Marmoset, Monyet Lucu yang Terkecil Duniaamusingplanet.com

Karena menghabiskan hidupnya di pepohonan Pygmy Marmoset mencari sumber makanan yang ada di sekitar mereka. Umumnya Pygmy Marmoset akan mencari getah maupun buah atau sayuran untuk menjadi kudapan sehari-hari mereka. 

5. Si kecil yang berumur panjang

Imutnya 7 Potret Pygmy Marmoset, Monyet Lucu yang Terkecil Duniagannett.com

Monyet kecil Pygmy Marmoset memiliki umur yang tak sekecil tubuhnya. Mereka bisa bertahan hingga 10-20 tahun di alam liar ataupun dirawat dengan benar. Meskipun sudah tua tapi Pygmy Marmoset akan tetap berukuran mini lho, menggemaskan banget ya?

6. Melahirkan anak kembar dan orangtua yang kompak

Imutnya 7 Potret Pygmy Marmoset, Monyet Lucu yang Terkecil Duniadinoanimals.com

Dalam reproduksi kali pertama Pygmy Marmoset akan melahirkan anak kembar atau tiga sekaligus. Pygmy Marmoset jantan dan betina kemudian akan hidup bersama dan membersarkan anak mereka dengan kompak. Sang ibu menjadi penjaga setia dan pembimbing anak-anaknya dalam belajar memanjat dan melompat, sedangkan sang bapak mencari makanan dan membantu mengangkut anak-anaknya. 

7. Penasaran seberapa lucu tingkah monyet ini? Simak video singkat si Pygmy Marmoset di bawah buat kalian!

https://www.youtube.com/embed/p7nfxXRoCSw

Bagaimana menurut kalian? Bikin gemas dan ngiler ya buat memelihara mereka? Kalau begitu siapkan dana sekitar Rp20-50 juta ya untuk membeli seekor anak Pygmy Marmoset. 

Baca Juga: 6 Fakta Unik tentang Japanese Macaque, Monyet Lucu yang Hobi Spa

SA Photo Community Writer SA

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You