Comscore Tracker

5 Alasan Ilmiah Seseorang Betah Berlama-lama dengan Ponsel

Hampir menjadi kebiasaan bagi banyak orang

Keberadaan ponsel yang menjadi bagian dari teknologi saat ini memang sudah hampir mengubah segala sektor dalam kehidupan manusia. Hal ini termasuk dengan kebiasaan sehari-hari yang tentunya tak lepas dari penggunaan ponsel, termasuk untuk urusan pekerjaan hingga pendidikan.

Bahkan tidak jarang untuk bersantai saja ternyata seseorang dapat rela menghabiskan waktunya berjam-jam di depan ponsel. Tentu saja ini menjadi kebiasaan yang seakan sulit untuk dihilangkan. Namun, kebiasaan ini ternyata memiliki beberapa alasan ilmiah tersendiri, sehingga dapat terjawab mengapa seseorang bisa betah berlama-lama di depan ponsel.

1. Sifat adiktif yang diperoleh dari aktivitas bermain ponsel

5 Alasan Ilmiah Seseorang Betah Berlama-lama dengan Ponselilustrasi bermain ponsel (pexels.com/@kindelmedia)

Semua orang pasti setuju bahwa rasanya sangat sulit untuk menjalankan aktivitas tanpa keberadaan ponsel. Hal ini membuat ponsel hampir selalu dibawa ke mana pun seseorang pergi dan seakan gusar apabila sampai tertinggal.

Melansir Health Line, ternyata memang ada kebiasaan adiksi yang membuat seseorang betah berlama-lama di depan ponsel dan hal ini mendorong adanya aktivitas kompulsif yang dilakukan. Kebiasaan yang bersifat adiktif ini jelas bisa sewaktu-waktu membahayakan diri, apalagi jika orang tersebut tidak dapat mengontrol dirinya dengan baik.

2. Aktivitas bermain ponsel dianggap sebagai sebuah hiburan

5 Alasan Ilmiah Seseorang Betah Berlama-lama dengan Ponselilustrasi bermain ponsel (pexels.com/@tima-miroshnichenko)

Semua orang pastinya membutuhkan hiburan dalam setiap aktivitas yang dilakukannya sehari-hari. Tentu saja hal ini karena kesibukan yang mendera kerap kali memberikan efek bosan dan tidak nyaman tersendiri. Itulah mengapa kemudian orang-orang akan memilih hiburannya tersendiri yang tentu saja beraneka ragam.

Melansir Times of Malta, ada beragam aktivitas menarik yang secara umum dipilih orang-orang sebagai hiburan, sebut saja seperti menonton tv, melakukan aktivitas olahraga, hingga berselancar di media sosial dengan menggunakan ponsel. Hal ini yang kemudian membuat banyak orang merasa senang berlama-lama di depan ponsel, sebab memberikan hiburannya tersendiri.

3. Tubuh dan pikiran terasa lebih rileks

5 Alasan Ilmiah Seseorang Betah Berlama-lama dengan Ponselilustrasi bermain ponsel (pexels.com/@mart-production)

Bermain ponsel sering kali dipilih oleh banyak orang untuk beragam tujuan yang berbeda-beda. Hal ini termasuk dengan bermain ponsel sebagai salah satu aktivitas rutin yang sering dilakukan.

Kadang kala bahkan banyak orang yang mengisi waktu luang di tengah kesibukannya hanya untuk bermain ponsel saja. Mengutip Economic Times, kebiasaan bermain ponsel dianggap mampu memberikan beberapa efek, termasuk rileksasi sehingga beban terasa lepas dan waktu juga jadi tak terasa berlalu.

Jelas saja hal tersebut disebabkan karena memang melalui ponsel, seseorang bisa mengakses beragam informasi yang berbeda-beda dan sesuai dengan kesukaannya tersendiri.

Baca Juga: Anak Kecanduan Internet, Ini Kiat Mengatasinya Menurut Dokter

4. Banyak memperoleh informasi yang menarik

5 Alasan Ilmiah Seseorang Betah Berlama-lama dengan Ponselilustrasi bermain ponsel (pexels.com/@arifsyd15)

Ponsel memang dianggap sebagai benda pintar yang dapat memberikan banyak kejutan di dalamnya. Bagaimana tidak? Di balik bentuknya yang kecil dan dapat digenggam secara nyaman menggunakan tangan, namun ternyata berisi beragam informasi yang mencakup segala aspek kehidupan manusia.

Melansir Knight Foundation, di Amerika sendiri ternyata hampir sekitar 89 persen diantaranya sekarang sudah mampu mengakses informasi melalui media elektronik milikinya, termasuk ponsel. Tidak mengherankan apabila memang hal ini jugalah yang membuat seseorang jadi betah bila harus berlama-lama di depan ponsel.

5. Terhubung dengan mudah bersama orang-orang tersayang

5 Alasan Ilmiah Seseorang Betah Berlama-lama dengan Ponselilustrasi menelepon (pexels.com/@artempodrez)

Keberadaan ponsel memang memberikan banyak pro dan kontra tersendiri. Hal ini disebabkan karena menggunakan ponsel dianggap dapat menjauhkan orang-orang dari kehidupan sosialnya, sehingga mereka akan jarang berinteraksi.

Meski demikian, justru sebenarnya apabila orang-orang yang kita cintai memiliki akses ponsel, maka interaksi tersebut tetap dapat dilakukan meski terpisah berkilometer jauhnya, seperti yang dilansir Edgemere. Tidak mengherankan apabila keberadaan ponsel bagi banyak orang justru menjadi hal yang positif, sebab dapat memudahkan komunikasinya dengan orang-orang yang tersayang.

Memang selalu ada beragam alasan ilmiah yang membuat seseorang betah untuk berlama-lama di depan ponsel. Tentu hal terpenting adalah mengatur penggunaan ponsel secara bijak, sehingga tidak menyebabkan efek buruk ke depannya. Selalu tahu batasan waktunya, ya!

Baca Juga: Kalau Kamu Sering Ngelakuin 22 Hal Ini, Selamat Ya, Kamu Resmi Kecanduan Handphone-mu

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya