Comscore Tracker

5 Fakta Tanaman Cengkih, Kaya dengan Antioksidan!

Tanaman yang pernah menjadi rebutan di zaman penjajahan

Cengkih merupakan salah satu jenis tanaman aromatik yang mungkin kerap ditemukan. Secara khusus cengkih berasal dari kuncup bunga yang mengering dan penuh aroma dari keluarga pohon Myrtaceae.

Tak hanya populer, tanaman yang masuk dalam keluarga rempah-rempah ini juga memiliki fakta menarik. Simak, yuk, fakta tanaman cengkih yang wajib disimak!

1. Sejarah cengkih yang panjang hingga menjadi rebutan

5 Fakta Tanaman Cengkih, Kaya dengan Antioksidan!ilustrasi cengkih (unsplash.com/@javaistan)

Keberadaan cengkih memang seolah menjadi harta karun tersendiri pada zaman penjajahan dulu. Hal ini karena memang fungsi dan permintaan atas cengkih yang cukup tinggi.

Dilansir World History, cengkih secara berasal dari kawasan Maluku, Indonesia. Bahkan disebutkan bahwa penggunaan cengkih sudah ada sejak abad ke-4 atau pada era Dinasti Han. Keberadaannya pun menjadi rebutan bagi bangsa Portugis, Spanyoln hingga Belanda pada masa kolonialisme dulu.

2. Budidaya cengkih cukup sulit dan lebih cocok di kawasan hutan

5 Fakta Tanaman Cengkih, Kaya dengan Antioksidan!ilustrasi cengkih (unsplash.com/@javaistan)

Seperti halnya jenis tanaman lain, cengkih juga memiliki proses budidaya tersendiri. Hal inilah yang kemudian membedakan antara tanaman cengkih dengan rempah lain.

Mengutip Vikaspedia, tanaman cengkih termasuk salah satu yang cukup sulit dibudidayakan, sebab memiliki banyak kriteria. Sebut saja seperti lokasi penanamannya yang lebih cocok di kawasan tropis lembap dengan menggunakan tanah lempung. Selain itu, iklim yang dingin, curah hujan yang baik, dan kawasan hutan menjadi spot favorit untuk budidaya cengkih.

3. Penggunaan cengkih untuk beragam hal

5 Fakta Tanaman Cengkih, Kaya dengan Antioksidan!ilustrasi daging (unsplash.com/@usmanyousaf)

Cengkih termasuk rempah yang sangat berharga, sebab sangat dibutuhkan. Hal ini dapat terlihat dari pemanfaatan cengkih dalam bidang kuliner hingga produk lainnya.

Cengkih biasanya akan dijadikan sebagai salah satu bahan marinasi untuk olahan daging, seperti dilansir MasterClass. Selain itu, pada rokok kretek juga ditemukan sekitar 20 hingga 40 persen kandungan cengkih dan rempah lainnya.

Baca Juga: 5 Rempah yang Sering Digunakan saat Membuat Kue, Aromanya Semerbak!

4. Cengkih adalah tanaman yang kaya akan antioksidan

5 Fakta Tanaman Cengkih, Kaya dengan Antioksidan!ilustrasi cengkih (unsplash.com/@k15photos)

Beberapa jenis rempah memang terkenal dengan kandungan dan manfaat baiknya. Termasuk dalam hal ini adalah cengkih, selama proses pengolahannya tepat dan tidak berupa produk yang berbahaya.

Cengkih dikenal memiliki kandungan antioksidan yang cocok untuk melawan radikal bebas dan dapat menurunkan berbagai risiko macam penyakit, seperti dikutip WebMD. Tentunya ini menjadi alasan mengapa cengkih menjadi salah satu rempah yang diminati, selama pengolahannya sesuai.

5. Indonesia adalah penghasil cengkih terbesar di dunia

5 Fakta Tanaman Cengkih, Kaya dengan Antioksidan!ilustrasi cengkih (unsplash.com/@johannekek)

Meski zaman kolonialisme sudah berlalu, namun nyatanya pemanfaatan cengkih untuk bangsa asing tetap dilakukan. Namun, caranya tentu melalui perdagangan seperti proses ekspor.

Dilansir Mordor Intelligence, Indonesia menjadi negara dengan produksi cengkih terbesar di dunia yang mencapai hingga 133,604 ton pada tahun 2020. Angka ini bahkan membuat Indonesia mendominasi sekitar 72,9 persen dari total produksi global, meski ternyata masa pandemik COVID-19 cukup memberi pengaruh tersendiri. Negara-negara lain seperti Sri Lanka, Madagaskar, Tanzania, dan Komoro juga turut menambah total produksi cengkih dunia.

Ada banyak fakta tanaman cengkih yang wajib kamu ketahui, nih. Tentunya ini menjadi fakta menarik yang jarang diketahui banyak orang. Mana fakta yang baru kamu ketahui?

Baca Juga: 5 Tips Memulai Bisnis Rempah-Rempah untuk Pemula

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya