5 Fakta Tentang Gravitasi yang Jarang Diketahui, Menarik!

Gravitasi menjadi fenomena yang lumrah bagi manusia

Gravitasi merupakan salah satu fenomena unik yang tentu sudah tak asing lagi bagi kehidupan manusia, sebab menjadi penunjang bagi keberadaan makhluk hidup. Keberadaan gravitasi membuat benda-benda hingga makhluk hidup jadi melayang secara bebas, sehingga sulit melakukan aktivitas.

Tak heran rasanya apabila gravitasi menjadi topik yang menarik untuk dibahas, sebab segala hal yang ada di tata surya seolah memiliki gaya gravitasinya tersendiri. Kamu bisa menyimak beberapa fakta menarik seputar gravitasi berikut ini.

1. Sejarah penemuan gravitasi

5 Fakta Tentang Gravitasi yang Jarang Diketahui, Menarik!ilustrasi langit (unsplash.com/@mhmcmurrin)

Keberadaan gravitasi sebelumnya tak disadari oleh manusia, sebelum akhirnya hal tersebut berhasil ditemukan oleh seorang ilmuan. Hal inilah yang kemudian membuat keberadaan gravitasi seolah terus dipelajari untuk kebutuhan ilmiah lainnya.

Dilansir National Geoographic, seorang ilmuan bernama Isaac Newton yang menemukan dan merumuskan keberadaan teori gravitasi sekitar tahun 1665 atau pun 1666. Kemunculan gaya gravitasi ini menginspirasi ilmuan tersebut pada saat melihat apel jatuh luruh ke bawah, bukannya ke samping atau bahkan ke atas. Inilah yang kemudian memunculkan adanya teori gravitasi.

2. Cara gravitasi bisa terjadi

5 Fakta Tentang Gravitasi yang Jarang Diketahui, Menarik!ilustrasi Bumi (unsplash.com/@nuvaproductions)

Pada saat kamu berdiri mungkin kamu bisa mempertahankan tubuh dengan baik, termasuk pada saat kamu berjalan dan seolah tak mengalami kesulitan. Semua pergerakan manusia dan makhluk hidup di Bumi memang berkaitan dengan gravitasi, sehingga semuanya bisa dilakukan dengan baik.

Dilansir NASA Space Place, gravitasi Bumi berasal dari semua massanya, sebab hal tersebut menghasilkan tarikan gravitasi gabungan pada segala hal benda dan makhluk hidup yang ada di permukaan Bumi. Semuanya akan seolah tertarik ke arah inti Bumi yang membuat benda apa pun akan mudah jatuh ke bawah.

3. Gravitasi pada setiap planet dan bintang berbeda-beda

5 Fakta Tentang Gravitasi yang Jarang Diketahui, Menarik!ilustrasi Bumi (unsplash.com/@nasa)

Jika kamu melihat ke luar tata surya sebetulnya ada banyak sekali planet dan bintang yang terhampar dengan jauh. Bisa dikatakan bahwa setiap benda langit memiliki gravitasinya tersendiri, bahkan makhluk hidup sekali pun akan demikian.

Dilansir AMNH, kadar gravitasi yang ada pada setiap objek tata surya bisa berbeda-beda, seperti misalnya gravitasi Matahari yang sangat kuat hingga bisa menarik planet-planet di sekitarnya termasuk Bumi untuk mengorbit. Inilah mengapa gravitasi akan terasa berbeda saat astronaut berada di Bumi dan saat berada di Bulan.