Comscore Tracker

5 Hewan dengan Karakter Temperamen yang Buruk, Hati-hati!

Jangan sampai menjadi korban kebuasan dari hewan-hewan ini

Emosi menjadi pembawaan lumrah yang dimiliki oleh semua makhluk, entah itu manusia hingga hewan. Bila mungkin manusia memiliki akal untuk meredam emosi yang dimiliki, maka lain halnya dengan hewan.

Justru hewan memiliki insting tersendiri dalam menjaga diri dan mempertahankan wilayah teritorinya. Kamu harus ekstra waspada saat berhadap dengan hewan-hewan tertentu yang memiliki sifat agresif hingga temperamen yang buruk. Untuk mengetahui apa saja jenis hewan dengan sifat temperamen yang buruk, beberapa daftar berikut ini bisa menjadi jawabannya.

1. Hiu

5 Hewan dengan Karakter Temperamen yang Buruk, Hati-hati!ilustrasi hiu (unsplash.com/@davidclode)

Jika berbicara mengenai hewan apakah yang paling ditakuti di laut, maka hampir semua orang akan kompak menjawab hiu. Memang hiu menjadi hewan dengan tingkat agresivitas dan temperamen yang buruk. Meski demikian, sebenarnya kemungkinan hiu untuk menyerang manusia sangat lah kecil, namun tetap menjadi momok menakutkan tersendiri.

Surfer Today melansir kabar bahwa sebetulnya hanya ada 12 dari 375 spesies hiu yang dinilai berpotensi menimbulkan bahaya bagi manusia jika sampai menyerang. Walau pun kemungkinannya kecil, namun hewan ini bisa sangat berbahaya jika berada dalam situasi temperamen yang buruk.

2. Singa

5 Hewan dengan Karakter Temperamen yang Buruk, Hati-hati!ilustrasi singa (unsplash.com/@mikabr)

Menyebut salah satu hewan berbahaya di dunia, tentu semua orang akan tertuju pada si Raja Hutan atau singa. Hewan ini memang memiliki karakter buas dan temperamen yang buruk jika sudah berada dalam situasi yang terancam.

Meski dikatakan memiliki temperamen buruk, nyatanya risiko bahaya itu tak ditunjukan pada manusia. Dilansir Edge, singa dapat merasa sangat marah dan temperamen jika bertengkar dengan sesamanya, khususnya antara singa jantan sebab memperselisihkan kekuasaan hingga wilayah teritorinya. Hal ini bisa menimbulkan pergulatan sengit antara satu sama lain.

3. Serigala

5 Hewan dengan Karakter Temperamen yang Buruk, Hati-hati!ilustrasi kawanan serigala (unsplash.com/@bonopeppers)

Berbicara mengenai serigala, mungkin juga menjadi hal yang menakutkan sebab tampilannya yang buas dan garang. Hewan ini mungkin memang masih jarang ditemukan di Indonesia, namun di daerah khusus yang dekat dengan hutan atau pun pada musim dingin, biasanya serigala akan sering muncul.

Sebetulnya serigala tidak selalu identik dengan karakter temperamen, terkecuali jika memang dalam keadaan yang mengancam dan hal ini bisa berbahaya. Scouting Magazine melansir informasi bahwa serigala sebenarnya sangat berupaya menghindar dari manusia. Namun jika dalam situasi yang tak menguntungkan, mereka akan bersikap temperamen dengan menyerang manusia dengan buruk. Itu lah mengapa harus berhati-hati jika sampai bertemu dengan hewan ini.

Baca Juga: 5 Hewan Mematikan yang Menghuni Hutan Amazon, Ada Hewan Apa Aja?

4. Kuda nil

5 Hewan dengan Karakter Temperamen yang Buruk, Hati-hati!ilustrasi kuda nil (unsplash.com/@leiflinding)

Banyak orang yang mungkin akan menjawab harimau atau singa sebagai salah satu jenis hewan yang temperamental, namun mungkin kah ada yang terpikirkan pada kuda nil? Nyatanya, secara fisik mungkin banyak yang tak menyadari bahwa kuda nil merupakan hewan yang berbahaya, meski terlihat lucu dan mengonsumsi buah-buahan.

Kuda nil telah terkenal sebagai hewan yang temperamen hingga dikatakan sangat berbahaya, seperti dilansir Live Science. Bahkan kuda nil kecil dapat menjadi korban dari sikap temperamental yang disebabkan karena kuda nil dewasa. Jangan sampai menganggap remeh hewan lucu yang satu ini.

5. Buaya

5 Hewan dengan Karakter Temperamen yang Buruk, Hati-hati!ilustrasi buaya (unsplash.com/@raewallis)

Semua orang pasti setuju bahwa buaya pantas disematkan sebagai salah satu hewan dengan sikap temperamen yang buruk. Dilansir New Orleans Kayak Swamp Tours, buaya memiliki temperamen buruk dan sangat memungkinkan untuk menyerang manusia, bahkan dalam situasi yang tidak diprovokasi sama sekali.

Hal ini lah yang membuat penangkaran buaya juga terkesan tidak lah mudah sebab risiko yang dimilikinya. Jangan sampai mengabaikan aspek keamanan dari risiko buaya yang berbahaya.

Hampir semua hewan pasti bisa bersikap temperamen jika mengalami situasi yang buruk hingga berbahaya bagi dirinya. Namun, terpenting adalah dengan tidak menantang hewan dan tetap bersikap aman agar terhindar dari amukan berbahayanya. Jangan coba-coba dengan hewan di atas, ya!

Baca Juga: 5 Hewan yang Ternyata Punya Sikap Pendendam, Hati-hati!

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya