Comscore Tracker

Fotosintesis: Pengertian dan Prosesnya pada Tumbuhan

Ternyata begini cara tumbuhan makan

Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan makan. Jika tidak makan, maka akan terkulai lemas dan perlahan mati kelaparan. Untuk memenuhi isi perut, manusia makan melalui mulut dan memprosesnya lewat serangkaian sistem pencernaan. Begitu juga dengan hewan. Namun, berbeda dengan tumbuhan. Proses menyantap makanan oleh makhluk hidup satu ini tidak bisa kita lihat secara kasat mata.

Lalu, bagaimana cara tumbuhan makan? Jawabannya: fotosintesis. Apa itu? Yuk, simak penjelasan berikut!

Baca Juga: Ini 5 Fungsi Akar Tumbuhan di Hutan Tropis

Apa itu fotosintesis?

Fotosintesis: Pengertian dan Prosesnya pada TumbuhanIlustrasi proses fotosintesis (freepik.com/brgfx)

Dilansir Livescience, secara umum fotosintesis adalah proses yang digunakan oleh tumbuhan, alga, dan bakteri tertentu untuk mengubah sinar matahari, karbon dioksida (CO2) dan air menjadi makanan (gula) dan oksigen. Proses inilah yang menjadi kunci keberlangsungan hidup tumbuhan. Jadi, bisa dikatakan, fotosintesis sama dengan proses menyantap makanan bagi tumbuhan.

Pada tumbuhan hijau,  fotosintesis hanya terjadi di kloroplas yang mengandung klorofil dan biasanya ditemukan di daun tumbuhan. Proses fotosintesis bagi tanaman dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

  1. Cahaya. Ini adalah kunci utama keberhasilan fotosintesis. Bagi beberapa tanaman, semakin besar dan banyak cahaya yang didapat maka keberhasilan proses ini semakin besar. Namun, ada juga tanaman yang mengalami kegagalan kalau mendapat cahaya berlebih.
  2. Suhu. Menurut KBBI, suhu adalah ukuran kuantitatif terhadap temperatur panas atau dingin. Berkaitan dengan ini, tumbuhan  membutuhkan suhu berbeda untuk fotosintesis. Ada yang 20-25 derajat celcius. Ada pula yang lebih tinggi dari itu.
  3. Keberadaan karbon dioksida. Sama seperti cahaya, keberadaan unsur ini juga menjadi keberhasilan fotosintesis. Semakin banyak karbon dioksida yang diserap, maka laju fotosintesis juga meningkat.
  4. Ketersediaan air. Air adalah salah satu faktor penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Keberadaanya harus seimbang untuk memastikan proses fotosintesis, tidak boleh kekurangan dan kelebihan.

Secara matematis, pengertian dan faktor-faktor ini dapat dirangkum dalam rumus:

6CO2 +12H2O + Cahaya → C6H12O6 + 6O2+ 6H2O

Proses-proses fotosintesis

Fotosintesis: Pengertian dan Prosesnya pada TumbuhanIlustrasi proses fotosintesis (unsplash.com/dan_carl5on)

Apabila faktor-faktor tersebut sudah memenuhi, maka tumbuhan dapat melakukan proses fotosintesis. Secara garis besar, dilansir eatheclispe, ada 4 proses, antara lain:

  1. Tanaman mengambil karbon dioksida di atmosfer melalui stomata pada daun.
  2. Air masuk ke tanaman melalui akar dan berjalan melewati batang menuju tempat fotosintesis, yaitu daun. 
  3. Setelah terdapat air, klorofil menangkap sinar matahari. Sinar tersebut digunakan untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi gula dan oksigen
  4. Usai proses pengubahan, gula dimanfaatkan oleh tumbuhan dan disimpan dalam buah. Lalu oksigen dikeluarkan melalui stomata ke udara guna memenuhi kebutuhan pernapasan makhluk hidup lainnya. 

Manfaat fotosintesis

Fotosintesis: Pengertian dan Prosesnya pada TumbuhanIlustrasi buruh tani memanen getah karet. (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Setelah prosesnya dilakukan, secara garis besar ada dua manfaat fotosintesis bagi kehidupan manusia, antara lain:

  1. Menyeimbangkan gas atmosfer. Seperti yang sudah dijelaskan, fotosintesis menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen. Proses ini lantas membuat gas atmosfer mencapai titik keseimbangan. Sebab, keberadaan dua unsur itu secara berlebih malah membahayakan hidup di bumi. Salah satu gas karbon dioksida adalah polusi. Polusi ini yang kemudian diserap tumbuhan dan diubah dalam bentuk oksigen yang lebih bersih.
  2. Menyukupi kebutuhan pangan dan energi. Tumbuhan berkembang melalui proses fotosintesis. Proses perkembangan itu lantas berpengaruh terhadap kelangsungan hidup tumbuhan. Terjadi perubahan pada fisik. Biasanya makin besar hingga memiliki produk beragam, seperti buah dan umbi. Hasil inilah yang kemudian dimanfaatkan makhluk hidup untuk dikonsumsi. 

Baca Juga: 5 Cara Menanam Rosemary, Tumbuhan Herbal Beraroma Harum

Demikian penjelasan mengenai fotosintesis. Mengingat perannya yang penting bagi makhuk hidup, sudah sepatutnya kita menjaga dan merawat tumbuhan yang ada di muka bumi.

Penulis: Muhammad Fakhriansyah

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya