Comscore Tracker

Resonansi: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Resonansi berasal dari gelombang suara

Resonansi adalah topik pelajaran yang bisa dijumpai saat belajar fisika. Bukan hanya memahami maksudnya, kamu biasanya akan diajari bagaimana menghitung gelombang suara. 

Resonansi dapat terjadi karena adanya pengaruh getaran dari objek lain yang  memiliki frekuensi yang sama. Tidak hanya itu, setiap gelombang suara yang ditimbulkan juga menghasilkan resonansi yang berbeda- beda. Biar tau lebih banyak tentang resonansi, simak selengkapnya di bawah ini ya.

1. Pengertian resonansi

Resonansi: Pengertian, Manfaat, dan Contohnyailustrasi resonansi dari suara manusia(pexels.com/Papa Yaw)

Resonansi berasal dari bahasa Latin, yakni resonantia yang berarti gema. Resonansi memiliki kaitan yang erat dengan gelombang suara atau dengungan yang dihasilkan oleh suatu objek. Ketika ada dua objek berbeda namun memiliki frekuensi yang sama, di situlah terjadi resonansi. 

Kalau dalam kehidupan sehari- hari, resonansi dalam tubuh manusia bisa terjadi karena adanya pita suara sebagai objek pertama yang mempengaruhi objek lainnya. Resonansi juga terjadi karena objek yang bergetar memiliki ruang yang terbuka. 

2. Manfaat dari resonansi

Resonansi: Pengertian, Manfaat, dan Contohnyailustrasi perempuan bernyanyi(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kita tahu bahwa resonansi terjadi karena adanya gelombang atau getaran suara. Nah, dari situ ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari resonansi, di antaranya adalah:

  • Resonansi bisa menghasilkan suara pada alat musik saat dimainkan. Misalnya gitar, biola, gendang, dan alat musik lainnya.
  • Resonansi membuat manusia dapat mendengarkan bunyi karena adanya peristiwa resonansi pada telinga. Selaput gendang telinga manusia memiliki sifat yang tipis sehingga mudah beresonansi dengan bunyi audiosonik.
  • Resonansi dapat menghasilkan suara yang merdu untuk alat musik klasik seperti seruling. Nah, berkat resonansi pula suara yang dihasilkan jadi lebih kuat. 

Jadi, resonansi dapat bersumber dari berbagai jenis gelombang suara. Selain itu, resonansi dapat mempertajam suara yang dihasilkan objek tersebut. 

3. Contoh resonansi

Resonansi: Pengertian, Manfaat, dan Contohnyailustrasi resonansi dari suara kendaraan(pexels.com/Robert Hess)

Beberapa hal yang disebutkan di atas adalah contoh umum dari resonansi. Berikut adalah contoh lain dari resonansi yang bisa buat kamu lebih paham. Check this out!

1. Suara Mesin

Suara gemertak mesin mobil atau motor yang kami dengar adalah peristiwa dari resonansi. Getaran mesin dapat menimbulkan gelombang resonansi pada struktur yang bersebelahan bila frekuensi mesin sebanding dengan getaran bangunan di sekitarnya

2. Pemanasan resonansi microwave

Tahukah kamu bahwa resonansi dapat memanaskan makanan dalam microwave dengan cepat? Yap, oven microwave memancarkan radiasi gelombang mikro yang termasuk dalam panjang dan frekuensi tertentu untuk memasak makanan. 

3. Getaran karena sistem musik yang keras

Sistem musik yang keras dapat menyebabkan perabotan dan dinding bergetar. Hal ini terjadi karena adanya pengaruh frekuensi getaran dan alam memiliki frekuensi yang sebanding. 

Resonansi adalah salah satu faktor mengapa bunyi dari suatu objek dapat ditangkap oleh telinga manusia. Meskipun begitu, resonansi dapat menghancurkan gedung jika terdapat bom di suatu tempat. 

Nah, itulah penjelasan mengenai resonansi. Sekarang kamu sudah makin paham tentang resonansi, bukan? 

Oleh: Srikandy Indah Karina S.B

Topic:

  • Bella Manoban
  • Febriyanti Revitasari
  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya