Comscore Tracker

Ini 7 Cara Dunia Akan 'Kiamat' Berdasarkan Teori Sains 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ilmuwan

Semua makhluk hidup pada suatu saat nanti pasti akan punah pada hari kiamat. Begitu juga dengan umat manusia yang berdiri di puncak rantai makanan. Kiamat sendiri juga sudah dijelaskan di agama-agama.

Namun, bagaimana kiamat akan terjadi melalui sudut pandang Sains? Nah, berikut ini adalah 7 cara dunia atau bumi ini akan mengalami kiamat berdasarkan Sains.

1. Asteroid raksasa menabrak bumi

Ini 7 Cara Dunia Akan 'Kiamat' Berdasarkan Teori Sains express.co.uk

Tentunya kalian ingat kalau Asteroid merupakan penyebab utama punahnya Dinosaurus. Semisal Asteroid dengan ukuran 10 km jatuh ke bumi, daerah sekitar tempat jatuhnya Asteroid tersebut akan terbakar habis.

Belum lagi nantinya pecahan Asteroid tersebut bisa melambung sangat jauh dan menyebabkan kerusakan skala global. Dan jika Asteroid menabrak Bumi pada bagian perairan seperti laut atau samudra, maka akan terjadi gempa yang menimbulkan tsunami yang sangat besar dengan gelombang yang sangat banyak.

2. Terkena semburan sinar gamma

Ini 7 Cara Dunia Akan 'Kiamat' Berdasarkan Teori Sains scitechdaily.com

Semburan Sinar Gamma terbentuk ketika suatu bintang dengan massa yang tinggi mengalami peristiwa Supernova. Semburan Sinar Gamma juga bisa terjadi ketika 2 Bintang Neutron bertabrakan dan menjadi satu. 

Apabila Semburan Sinar Gamma mengenai Bumi, maka Bumi bisa kehilangan lapisan ozone nya dan menyebabkan manusia terpapar langsung berbagai macam radiasi dari luar angkasa dan lama kelamaan menjadikan Bumi sebagai planet yang tak layak huni. Dan sedikit demi sedikit, manusia akan punah.

3. Bertabrakan dengan planet pengembara (Rogue Planet)

Ini 7 Cara Dunia Akan 'Kiamat' Berdasarkan Teori Sains sience.howstuffworks.com

Planet Pengembara adalah jenis planet yang tidak mengorbit bintang manapun. Planet pengembara biasanya hanya melayang sendirian tanpa tujuan di luar angkasa. Karena itulah ada kemungkinan kalau planet pengembara bisa menabrak planet kita, dan menyebabkan kepunahan makhluk hidup yang ada di bumi termasuk manusia.

Baca Juga: 8 Hal Ini Akan Terjadi Saat Lebah Punah, Salah Satunya Bahkan Kiamat!

4. Tersedot ke dalam black hole (lubang hitam)

Ini 7 Cara Dunia Akan 'Kiamat' Berdasarkan Teori Sains sciencemag.org

Black Hole merupakan objek yang memiliki gravitasi yang sangat kuat yang bahkan cahaya pun tidak bisa lari darinya. Black Hole terbentuk ketika bintang yang memiliki 8 kali massa Matahari sudah kehabisan bahan bakar dan mengalami ledakan Supernova.

Black Hole tidak terikat oleh bintang manapun karena dia merupakan pusat gravitasi itu sendiri, sehingga ada kemungkinan Black Hole mendatangi Bumi. Apabila Black Hole mendekati Bumi, Black Hole akan menarik Bumi ke dalamnya.

Pertama-tama Bumi akan masuk kedalam Event Horizon, di mana itu adalah bagian berwarna hitam yang menyelimuti Black Hole. Dan sebelum kita sampai ke pusat Black Hole, Bumi akan mengalami peristiwa bernama "Spaghettification", di mana Bumi akan meregang sampai hancur dan akhirnya menjadi satu dengan pusat Black Hole

Akan tetapi masih banyak misteri di balik Event Horizon dari Black Hole. Sehingga masih banyak kemungkinan lainnya yang akan terjadi.

5. Ledakan gunung berapi super (super volcano)

Ini 7 Cara Dunia Akan 'Kiamat' Berdasarkan Teori Sains express.co.uk

Sudah ada beberapa supervolcano yang meledak dalam catatan sejarah seperti Yellowstone Supervolcano, dan di negara kita sendiri yaitu Toba Supervolcano (sekarang Danau Toba). Jika sebuah supervolcano meledak, maka dampak yang ditimbulkan tidak akan main-main.

Orang yang berada cukup dekat dengan ledakan akan merasakan gendang telinga mereka pecah karena suara yang ditimbulkan. Belum lagi setelah itu cipratan lava dan bebatuan vulkanik yang terlempar bisa membunuh orang-orang. 

Abu vulkanik yang ditimbulkan bisa menutupi Bumi sampai bertahun-tahun dan mengakibatkan tanaman tidak bisa berfotosintesis sehingga tidak ada lagi suplai makanan bagi hewan dan juga manusia. Akibat terbatasnya sinar matahari, Bumi mengalami penurunan suhu dan berpotensi mengalami Zaman Es sampai lebih dari 1 dekade.

6. Perang nuklir dan senjata biologi

Ini 7 Cara Dunia Akan 'Kiamat' Berdasarkan Teori Sains vox.com

Walaupun kemungkinan bertahan hidup masih lebih tinggi dibandingkan yang lainnya, tetap saja perang nuklir berpotensi membawa manusia pada kepunahan. Saat ini ada sekitar 20 ribu nuklir siap luncur yang ada di dunia, dengan jumlah terbesar dimiliki US dan Russia. Dan setidaknya setiap bom nuklir tersebut memiliki kekuatan yang sama atau bahkan lebih kuat dari bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki.

Semisal perang nuklir meledak, maka kota-kota besar akan mengalami hujan nuklir yang membuat para warganya harus mengungsi ke sebuah bunker aman. Setelah mereka bertahan dari hujan nuklir itu, kondisi di luar bunker akan menjadi sangat berbahaya karena radiasi dari ledakan bom nuklir.

Belum lagi dampak berkepanjangan seperti mutasi genetis pada keturunan misalnya. Dan itu semua masih bisa bertambah buruk dengan digunakannya senjata biologi yang masih belum diketahui kekuatannya dan dampaknya.

7. Bumi hancur oleh matahari

Ini 7 Cara Dunia Akan 'Kiamat' Berdasarkan Teori Sains phys.org

Benar, Bumi bisa hancur oleh matahari itu sendiri. Sekitar 5 miliar tahun lagi, Matahari akan memasuki fase "Red Giant"  yang merupakan fase evolusi terakhir dari Matahari sebelum kehabisan bahan bakar dan menjadi "White Dwarf".

Pada fase Red Giant ini, Matahari akan terus bertambah besar sampai akhirnya melahap Merkurius dan Venus dan sampai di dekat Bumi. Akan tetapi, Ilmuwan masih memperdebatkan apakah Bumi akan ikut terlahap Matahari atau tidak.

Mau bagaimanapun, kehidupan di Bumi akan tetap punah karena suhu semakin tinggi dan air di bumi menguap dan pada akhirnya semua makhluk hidup di Bumi akan punah.  Dan semisal Matahari tidak melahap Bumi, kira-kira gambar di atas menggambarkan seperti apa Bumi ketika Matahari berada pada fase Red Giant.

Itulah cara-cara bagaimana dunia atau Bumi ini akan mengalami "kiamat". Menurut kalian, mana yang paling mengerikan?

Baca Juga: Sebelum Kiamat, 10 Hal Ini Berpotensi Hancurkan Bumi Menurut para Ahli

Setiyaki Arumanandi Photo Writer Setiyaki Arumanandi

Seorang Gamer, Animer, dan Content Creator.. Mencari uang dari hobi..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya