Comscore Tracker

9 Penjelasan Ilmiah dari Peristiwa Supranatural yang Sering Terjadi

Apakah penampakan hantu itu nyata?

"Hantu itu tidak nyata, kan?"

Rupanya kalimat tersebut telah diyakini sebagian besar dari kita yang hidup di era modern ini, bahwa kita hidup di dunia yang rasional, bukan dunia tempat orang yang sudah mati menghantui yang hidup. Tetapi jika hantu itu tidak nyata, mengapa begitu banyak orang yakin telah melihatnya?

Ternyata jawabannya banyak berkaitan dengan pikiran manusia. Ada penjelasan ilmiah untuk hampir setiap hal aneh yang terjadi di dunia ini. Tetapi ketika bicara tentang hal-hal mistis, penjelasan ilmiah terkadang terdengar lebih mengejutkan daripada mitos yang sudah lama beredar di masyarakat.

Dari kasus kesurupan hingga penampakan hantu, berikut 9 penjelasan ilmiah dari peristiwa supranatural yang sering kita alami.

1. Efek Ideomotor: cara kerja papan Ouija

https://www.youtube.com/embed/mNk8-A1gRMo

Ketika kita meletakkan jari di papan Ouija dan melihat panah plastiknya bergerak, tidak perlu kaget. Panah plastik kecil itu memang akan bergerak walau kita tidak menggerakkannya. Hal itu disebut "efek ideomotor," dan ada percobaan menarik yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. 

Panah di papan Ouija bergerak karena tubuh membuat gerakan kecil lewat alam bawah sadar kita. Ketika kita mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri, pikiran bawah sadar menjawabnya dan menggerakkan otot-otot tubuh tanpa kita sadari. Otot-otot kecil akan menggerakkan jari-jari kita untuk menjawab pertanyaan, dan kita akan merasa seolah-olah panah itu bergerak sendiri.

2. Eksperimen Philip: proses pemanggilan arwah gentayangan

https://www.youtube.com/embed/ZlbxXv2mbbI

Pada tahun 1972, tim psikolog mengumpulkan delapan orang, memberi tahu mereka kisah hidup seorang pria bernama "Philip Aylesford," dan mencoba membuat mereka memanggilnya melalui pemanggilan arwah. Mereka meredupkan lampu, menyanyikan lagu dan mengajukan pertanyaan kepadanya sampai beberapa hal aneh pun mulai terjadi.

Meja mulai bergerak, bahkan naik. Lampu-lampu tampak berkedip. Mereka mendengar suara pintu yang diketuk, dan mereka meyakininya sebagai Philip. Anehnya, dia yang diduga arwah Philip menjawab semua pertanyaan dengan benar.

Hal itu akan menjadi bukti pasti bahwa mereka berhasil memanggil arwah orang mati jika bukan karena satu hal: Philip Aylesford bukan orang yang nyata. Para psikologlah yang membuat Philip. Setiap detail tentang hidupnya benar-benar fiksi, namun kelompok itu mampu meyakinkan diri mereka bahwa mereka telah memanggil arwahnya.

Beberapa trik psikologis berperan di sini, termasuk efek ideomotor. Kelompok itu telah memindahkan meja melalui kekuatan kehendak bawah sadarnya. Ini juga merupakan percobaan yang dapat direplikasi.

Sekali lagi, mereka dapat membuat pemanggilan arwah dengan ruangan yang penuh dengan orang yang yakin bahwa mereka dapat memanggil hantu yang dibuat-buat.

3. Eksperimen Plasebo Henry IV: bagaimana eksorsisme bekerja

9 Penjelasan Ilmiah dari Peristiwa Supranatural yang Sering Terjadithenational.ae

Kerasukan setan tampaknya cukup mudah untuk dijelaskan. Selama bertahun-tahun, publik telah salah memahami skizofrenia, epilepsi, dan banyak masalah mental lainnya dan meyakini bahwa mereka telah dirasuki setan.

Tetapi jika itu masalahnya, bagaimana dengan proses pengusiran setan? Jika semua orang yang kerasukan hanyalah penderita skizofrenia, mengapa para pendeta yang mengucapkan mantra dalam bahasa Latin dapat menyembuhkan mereka?

Pada akhir abad ke-16, Raja Henry IV dari Prancis menyewa sebuah kelompok untuk menjalankan percobaan pada seorang wanita yang mengaku dirasuki setan. Mereka mengatakan kepadanya bahwa mereka adalah pendeta yang akan memberinya eksorsisme, kemudian memalsukan prosesnya dan berhasil.

Pertama, mereka memberinya air suci dari sebuah gereja. Mereka memasukkannya ke dalam labu biasa dan memberikannya padanya, berpura-pura itu hanya air biasa. Air suci yang asli tidak berpengaruh padanya. Tetapi ketika mereka menuangkan air biasa padanya dan mengatakan kepadanya bahwa itu adalah air suci dari gereja, wanita itu tersentak kesakitan.

Kemudian mereka menaruh sepotong besi padanya, dan mengatakan bahwa itu adalah peninggalan salib sejati. Dia pun mulai berguling-guling di lantai dengan kesakitan. Mereka juga membaca buku dalam bahasa Latin dan berpura-pura bahwa itu adalah Alkitab. Sekali lagi, mereka membuatnya ketakutan, meskipun mereka hanya membaca Aeneid milik Virgil.

Wanita itu belum tentu memalsukan reaksinya. Hanya itu yang ada di pikirannya, dan hampir semua orang dapat diyakinkan bahwa hal semacam ini mempengaruhi mereka.

Baru-baru ini, sekelompok psikolog dengan skeptis mencoba meyakinkan subjek percobaan mereka bahwa kerasukan setan itu nyata. Pada akhirnya, 18 persen dari mereka tidak hanya percaya pada setan, tetapi juga yakin bahwa mereka telah dirasuki.

Baca Juga: 7 Tanda Agoraphobia dan Fakta Ilmiah tentang Kecemasan pada Keramaian

4. False fame paradigm: mengapa orang percaya akan kehidupan sebelumnya

9 Penjelasan Ilmiah dari Peristiwa Supranatural yang Sering Terjadiplanet-today.com

Banyak orang yang yakin dan mengingat bahwa mereka pernah menjadi Joan of Arc atau tokoh-tokoh penting lain di kehidupan sebelumnya. Alasannya sangat sederhana: mereka hanya memiliki ingatan yang sangat buruk.

Sekelompok peneliti di Universitas Maastricht melakukan tes yang disebut "paradigma ketenaran palsu" kepada sekelompok orang yang yakin bahwa mereka dapat mengingat kehidupan masa lalu mereka. Para peserta disuruh untuk membaca daftar nama yang dibuat-buat.

Keesokan harinya, mereka membaca daftar baru dengan campuran nama-nama orang terkenal dan nama-nama yang sebelumnya mereka baca. Orang-orang yang percaya bahwa mereka dapat mengingat kehidupan lampau bersikeras bahwa nama-nama yang dibuat-buat itu adalah para selebriti terkenal.

Dengan kata lain, memori para peserta ini mudah dikacaukan. Ketika mereka tidak ingat di mana mereka melihat nama yang tampak familier, otak mereka akan mengarang cerita untuk menjelaskan siapa orang-orang palsu ini. Para peneliti meyakini bahwa hal yang sama terjadi ketika mereka mengarang cerita tentang kehidupan masa lalu mereka.

5. The feeling of presence experiment: mengapa orang bisa merasakan kehadiran "jahat" di sekitarnya

https://www.youtube.com/embed/V5e1a699jq4

Dalam eksperimen ini, sekelompok ilmuwan menutup mata orang-orang dan membuat mereka berdiri di antara dua robot. Jari-jari mereka menempel pada robot di depan mereka. Mesin-mesin itu dipasang sehingga setiap kali mereka menggerakkan tangan mereka, robot di belakang mereka akan meniru gerakan di punggung mereka.

Pada awalnya, mereka menyentuh robot di depan dengan jari mereka dan akan merasakan jari robot di belakang melakukan hal yang sama di punggung mereka. Namun hal itu tidak benar-benar membuat mereka takut. Namun, sesuatu yang sangat aneh terjadi ketika para peneliti menambahkan penundaan pada sistem.

Ketika peneliti membuat jari robot menunggu setengah detik sebelum menyalin gerakan manusia di punggung mereka, mereka mulai merasa seolah-olah ada kehadiran aneh yang berdiri di belakangnya. Beberapa bahkan merasa seperti dikelilingi oleh orang-orang tak kasat mata, dan beberapa sangat ketakutan sampai meminta untuk berhenti dari eksperimen.

Para peneliti percaya bahwa hal itu terjadi karena akal sehat mereka sedikit terganggu. Ketika mereka menambahkan penundaan, otak tidak mampu lagi untuk mengambil semua respon dalam gerakan kita, sehingga kita akan merasakan kehadiran "asing" di dekat kita.

Para peneliti berpikir bahwa inilah yang terjadi pada penderita skizofrenia dan orang-orang yang berada di bawah tekanan atau kelelahan yang ekstrem. Mereka kehilangan kemampuan untuk melacak koneksi antara pikiran dan gerakan mereka, dan itu membuat mereka merasakan kehadiran orang lain di dalam ruangan.

6. The target identification experiment: mengapa orang memiliki pengalaman keluar dari tubuhnya sendiri

9 Penjelasan Ilmiah dari Peristiwa Supranatural yang Sering Terjadistillunfold.com

Banyak orang yang memiliki pengalaman di luar tubuh, seperti melayang di atas tubuh sendiri. Hal ini sangat umum dikaitkan dengan pengalaman menjelang kematian. Tetapi apakah itu benar-benar terjadi, atau hanya saja?

Untuk mengetahuinya, sekelompok peneliti menulis pesan pada kartu dan meletakkannya di atas mesin dalam suatu ruangan rumah sakit. Kemudian, setiap kali seorang pasien meninggalkan ruangan tersebut, mereka bertanya kepada orang itu apakah dia memiliki pengalaman keluar tubuh dan, jika demikian, apa yang ditulis dalam kartu itu. Tiga orang melaporkan bahwa mereka memiliki pengalaman di luar tubuh, tetapi tidak ada yang melihat kartu itu.

Bagian yang aneh adalah, bahwa mereka tidak memalsukan hal-hal seperti ini. Kasus lainnya adalah seorang wanita yang mengklaim bahwa dia bisa melakukan "perjalanan astral" dan keluar dari tubuhnya sesuka hati.

Mereka menghubungkannya ke mesin untuk mempelajari aktivitas otaknya, dan memintanya meninggalkan tubuhnya untuk melihat bagaimana hal itu memengaruhi otaknya.

Korteks visualnya hampir sepenuhnya dinonaktifkan, dan bagian-bagian otak yang berhubungan dengan pencitraan mental bergejolak, yang berarti bahwa dia tidak benar-benar berbohong. Dia benar-benar mulai melihat dirinya dari luar tubuhnya.

Namun berdasarkan gelombang otaknya, kekuatan yang sebenarnya bukanlah kemampuan untuk melakukan perjalanan astral. Itu adalah kemampuan untuk membuat dirinya berhalusinasi sesuka hati. 

7. Janda yang bersedih: mengapa orang bisa melihat hantu

9 Penjelasan Ilmiah dari Peristiwa Supranatural yang Sering Terjadihollywoodreporter.com

Tidak semua orang yang mengaku melihat hantu berbohong. Beberapa orang benar-benar berpikir bahwa mereka telah melihat orang mati berdiri di depan mereka, atau melihat Tuhan turun dan berbicara kepada mereka, dan mereka tidak selalu menderita skizofrenia. Fenomena ini memang agak sulit untuk dijelaskan, namun para psikolog akhirnya menemukan titik terang.

Dalam suatu masyarakat, sulit untuk menemukan seseorang yang pernah melihat hantu, kecuali jika kamu berbicara dengan seorang janda tua. Menurut sebuah survei, hampir 50 persen janda tua di Amerika telah mengalami halusinasi dengan melihat pasangannya yang sudah meninggal.

Para janda ini biasanya diisolasi di lingkungan yang tidak normal, dan hidup melalui masa stres yang ekstrem. Kebetulan, hal itu biasanya terjadi kepada orang yang dapat melihat hantu. Mereka hampir selalu sendirian di lingkungan yang tidak normal dan di bawah tekanan yang ekstrem.

Para psikolog berpikir itulah alasan sebenarnya mengapa orang-orang ini melihat hantu. Bukan suami yang sudah meninggal dan mampir untuk melihat istri mereka, hanya saja stres dan kesepian ekstrem lah yang memicu halusinasi dalam otak mereka.

8. Tes lucid dream: mengapa orang mengira mereka telah diculik saat sedang tidur

9 Penjelasan Ilmiah dari Peristiwa Supranatural yang Sering Terjadisimplemost.com

Alasan mengapa begitu banyak orang mengira mereka telah diculik oleh alien di malam hari mungkin jauh lebih sederhana daripada yang kita bayangkan. Menurut satu percobaan, mereka hanya memimpikannya.

Para peneliti mengumpulkan 20 orang yang telah menguasai lucid dream (kemampuan untuk mengendalikan mimpi) dan menyuruh mereka untuk melakukan percobaan ketika mereka sedang tidur. Ketika mereka mengendalikan mimpi mereka, mereka harus memisahkan diri dari tubuh mereka dan mencari UFO.

Dari 20 orang ini, 35 persen melihat alien datang ke tempat tidur mereka dan mencoba untuk menculik mereka. Yang harus mereka lakukan hanyalah memikirkan alien, dan otak mereka akan memainkan cerita penculikan alien, dan itu cukup untuk membuat mereka ketakutan.

Diyakini bahwa inilah yang terjadi pada orang-orang yang percaya bahwa mereka telah diculik saat tidur. Dalam banyak kasus, penculikan hanya mungkin terjadi pada orang-orang yang berjuang untuk bangun dari sleep paralysis.

Beberapa ratus tahun yang lalu, orang-orang yang mengalami sleep paralysis akan melaporkan telah melihat setan-setan menyerang mereka di malam hari. Saat ini, setan sudah ketinggalan zaman, jadi mereka melihat makhluk luar angkasa sebagai gantinya.

9. Infrasound: mengapa sebuah rumah terlihat seperti dihantui

9 Penjelasan Ilmiah dari Peristiwa Supranatural yang Sering Terjadimentalfloss.com

Seorang ilmuwan bernama Vic Tandy memiliki pengalaman aneh saat meneliti di sebuah pabrik yang konon dihantui. Dia merasakan hawa dingin secara tiba-tiba, kemudian dari sudut matanya, dia melihat sosok abu-abu mengawasinya.

Kejadian itu begitu menyeramkan, sampai-sampai ia mengumpulkan keberanian terlebih dahulu dulu untuk melihatnya. Namun saat dia mencoba melihatnya, penampakan itu telah menghilang.

Kebanyakan orang akan lari, tapi Tandy adalah seorang ilmuwan, jadi dia harus menguji teori itu. Dia cukup yakin bahwa pengalaman anehnya disebabkan oleh infrasonik — suara dengan frekuensi yang lebih rendah dari suara yang bisa didengar telinga manusia.

Dia mematikan kipas yang dia yakini akan membuat keributan. Benar saja, begitu kipas angin dimatikan, seluruh peristiwa aneh di pabrik berhenti.

Beberapa tahun kemudian, beberapa peneliti menindaklanjuti teori Tandy dengan meminta orang-orang berkeliaran di lorong-lorong yang berkelok-kelok. Beberapa disertai infrasonik dan beberapa tanpa suara.

Orang-orang yang melewati lorong dengan infrasonik merasakan perubahan suhu, dan dalam beberapa kasus melihat penampakan aneh muncul. Tetapi mereka yang tidak mendapat infrasonik tidak melihat apa-apa. Setidaknya penelitian ini menjelaskan sebagian alasannya.

Alasan yang paling mungkin mengapa Tandy melihat hantu adalah karena orang-orang mengatakan kepadanya bahwa pabrik itu angker. Dari sekian sebab yang pernah dikaitkan dengan pengalaman mistis, penjelasan paling umum adalah, bahwa orang-orang sudah merasa takut terlebih dahulu sebelum datang ke tempat tersebut.

Nah, itu tadi 9 penjelasan ilmiah dari peristiwa supranatural yang sering terjadi di sekitar kita. Percaya atau tidak, semua dikembalikan ke pribadi masing-masing. 

Baca Juga: 10 Kemampuan Supranatural yang Hebat, Tapi Sangat Menyiksa

Shandy Pradana Photo Community Writer Shandy Pradana

"Verba volant, scripta manent." Rock n' Roll enthusiast. Cinephile.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You