Comscore Tracker

Unik, 7 Operasi Rahasia Ini Terjadi Selama Perang Dunia II

Salah satunya percobaan pembunuhan terhadap Stalin

Selama Perang Dunia II, banyak operasi rahasia yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Sementara banyak yang tidak berhasil, beberapa di antaranya sukses dengan cara yang mengejutkan.

Namun daftar di bawah ini tidak mematok keberhasilan dalam operasi yang dilakukan melainkan keunikan di dalamnya, baik dari nama maupun plot yang direncanakan. Berikut 7 operasi rahasia paling unik yang dilakukan selama Perang Dunia II.

1. Operasi Corona

Unik, 7 Operasi Rahasia Ini Terjadi Selama Perang Dunia IIbest-hoaxes.blogspot.com

Ketika Inggris mulai menyerang balik Nazi Jerman dengan pesawat pembom, mereka juga mulai menjebak pilot-pilot tempur malam Nazi (Nachtjagdgeschwader) yang ditugaskan untuk memburu para pengebom Inggris.

Inggris menggunakan orang-orang yang bisa berbicara dengan bahasa Jerman untuk meniru suara pengontrol udara Jerman, menyiarkan perintah palsu dan membingungkan pilot pesawat tempur Jerman. Operasi ini disebut Operasi Corona.

Ironisnya, operasi sukses karena kontribusi dari para pengungsi Yahudi yang bisa berbahasa Jerman. Menurut dokumen dari situs Jewish Virtual Library, mereka melarikan diri dari Jerman dan menetap di Inggris. Sekarang, mereka membobol saluran radio Jerman dan mempermainkan pilot-pilot malam Luftwaffe.

Misalnya, pada tahun 1943, Inggris membuat hampir semua pilot malam Jerman terbang kembali ke Jerman, dan hanya menyisakan satu pesawat yang hilang. Di lain waktu, pilot Jerman yang hilang itu berhasil dialihkan ke lapangan terbang Inggris dan ditangkap.

2. Operasi Biting

Unik, 7 Operasi Rahasia Ini Terjadi Selama Perang Dunia IIhistoryanswers.co.uk

Ketika Jerman mulai menaruh radar baru di Prancis pada tahun 1941, komando tinggi Inggris memutuskan bahwa mereka harus mendapatkan radar tersebut untuk melihat bagaimana itu bekerja agar dapat membuat penangkalnya.

Tugas itu jatuh ke Parachute Battalion yang baru dibentuk. Mereka ditugaskan untuk mengawal seorang teknisi radar ke Prancis dan menjaganya saat ia membongkar satu set radar Jerman. Angkatan Laut Kerajaan kemudian akan mengekstraksi teknisi dan radar tersebut kembali ke Inggris.

Pada 20 Februari 1942, batalion itu turun ke wilayah Prancis. Mereka berhasil mengejutkan pasukan yang berjaga di stasiun radar dan membongkar radar sambil menahan bala bantuan Jerman, kemudian berhasil melarikan diri ke pantai.

Namun mereka sadar bahwa mereka tidak dapat memberi sinyal pada kapal yang akan menjemput mereka dan harus menembakkan suar untuk menarik perhatian, sambil mempersiapkan serangan Jerman ke posisi mereka.

Operasi yang sukses ini menjadi booster Sekutu di saat Nazi Jerman masih tampak tak terkalahkan. Operasi Biting juga memberi Inggris keuntungan besar dalam perang elektronik pada saat itu.

3. The Olterra

Unik, 7 Operasi Rahasia Ini Terjadi Selama Perang Dunia IIreddit.com

Secara garis besar, operasi ini bertujuan untuk menggunakan pangkalan rahasia di bawah air sebagai titik awal untuk menyimpan dan meluncurkan kapal selam mini yang digunakan untuk menghancurkan suplai Inggris.

Operasi ini akhirnya dilaksanakan oleh Italia karena salah satu kapal kargo mereka, Olterra, terjebak di Spanyol setelah Perang Dunia II pecah dan kebetulan berlabuh di seberang pelabuhan milik Inggris di Gibraltar.

Italia secara diam-diam menyelundupkan beberapa kapal selam mini serta peralatan lainnya lewat Spanyol dan memasukkannya ke dalam Olterra. Kapal tersebut dilubangi tepat di bawah garis air untuk memungkinkan kapal selam mini dan penyelam untuk keluar.

Namun operasi pertama pada bulan Desember 1942 berakhir dengan bencana, dengan tiga kematian dan dua penyelam yang ditawan. Baru pada tahun 1943, operasi kedua berhasil menenggelamkan tiga kapal kargo, dan operasi lain pada tahun itu berhasil menenggelamkan tiga kapal lagi.

Sebenarnya Inggris sudah menaruh kecurigaan, mengingat bahwa Olterra berlabuh tepat di seberang pelabuhan mereka, tetapi tidak pernah mengetahui rencana tersebut sampai Italia menyerah kepada Sekutu pada tahun 1943.

Baca Juga: 7 Fakta Louis XIV, Raja Terlama yang Berkuasa dalam Sejarah Prancis

4. Operasi Frankton

Unik, 7 Operasi Rahasia Ini Terjadi Selama Perang Dunia IIintheboatshed.net

Pada bulan Desember 1942, 10 tentara dari pasukan khusus Inggris diam-diam dikirim ke pelabuhan Prancis untuk menghancurkan suplai senjata milik blok Poros dan menyebabkan kekacauan di sana.

Inggris kemudian memutuskan untuk menghancurkan pelabuhan Bordeaux, setelah mengetahui bahwa bahan-bahan perang blok Poros mengalir dari Asia ke Jerman lewat pelabuhan itu.

Inggris juga memutuskan untuk melakukan serangan komando, karena cara yang lebih destruktif dapat menyebabkan korban sipil di sekitarnya. Lalu seorang marinir kerajaan datang dengan rencana gila, bahwa mereka harus memakai kano (sampan) dari sungai sampai ke pelabuhan dan menempelkan bahan peledak ke atas kapal.

Sebuah kapal selam Inggris muncul di lepas pantai Prancis dan meluncurkan lima kano, masing-masing membawa dua pasukan komando untuk serangan itu. Dikutip dari BBC, pelabuhan itu berjarak ratusan mil dari daratan dan membutuhkan beberapa hari untuk sampai ke sana.

Hanya dua kapal yang berhasil mencapai wilayah musuh; dua lainnya terbalik, dan satu menghilang. Setelah mencapai pelabuhan, empat tentara komando yang tersisa berhasil meledakkan enam kapal Poros.

Setelahnya, dua dari tentara tersebut ditangkap dan dieksekusi, tetapi dua lainnya berhasil diselundupkan dan dikirim ke Spanyol oleh anggota perlawanan Prancis. Serangan ini menjadi dorongan moril yang besar bagi Sekutu yang sedang berjuang, dan Jerman terpaksa meningkatkan keamanan kapal mereka di Prancis sejak saat itu.

5. Operasi Zeppelin

Unik, 7 Operasi Rahasia Ini Terjadi Selama Perang Dunia IIespionagehistoryarchive.com

Sejak tahun 1942, Nazi telah memulai serangkaian operasi yang dirancang untuk menghalangi Tentara Merah dengan memulai pemberontakan anti-Soviet dan mengacaukan Soviet dari dalam. Upaya ini tidak terlalu sukses, tetapi mereka terus melakukannya.

Pada tahun 1944, gelombang perang berbalik melawan Jerman, dan pasukan Soviet yang terus meraih kemengan atas pasukan Nazi mulai berbaris untuk memasuki wilayah Jerman. Operasi Zeppelin, rencana untuk membunuh Joseph Stalin, kemudian diluncurkan pada tahun yang sama.

Sebagai bagian dari plot, dua pembelot Soviet dilatih untuk misi tersebut, dilengkapi dengan alat pembunuhan khusus, dan diberi segudang dokumen palsu yang memungkinkan mereka untuk menyelinap ke dalam Soviet, masuk ke Moskow, mendekati Stalin, lalu membunuhnya. 

Sebelum misi, para agen (sepasang pria dan wanita) telah menikah satu sama lain. Agen-agen itu dimasukkan ke dalam Uni Soviet melalui pesawat kargo. Namun pesawat tersebut jatuh di tengah perjalanan, walau para kru dan kedua agen tidak terluka, dan para agen itu melanjutkan perjalanan dengan sepeda motor.

Mereka seharusnya tiba di Moskow tepat waktu, tetapi saat itu sedang turun hujan, dan seorang penjaga di pos pemeriksaan pertama curiga karena dua pengendara sepeda motor ini terlihat kering meskipun jalan ke arah Moskow sedang diguyur hujan. Operasi ini pun akhirnya berujung pada kegagalan.

6. Operasi Gunnerside

Unik, 7 Operasi Rahasia Ini Terjadi Selama Perang Dunia II112.international

Ketika Inggris sadar akan program nuklir Nazi, mereka memutuskan untuk menyabotasenya di mana pun mereka bisa. Saat itu Inggris berencana untuk menghancurkan pembangkit listrik tenaga air Norwegia yang dicurigai menjadi tempat program nuklir Nazi.

Pada tahun 1943, komando pertama dikirim untuk menyerang pangkalan tersebut. Namun pesawat mereka ditembak jatuh, hampir semua anggota komando ditangkap dan dieksekusi oleh Nazi. Setelahnya, Nazi meningkatkan keamanan mereka di sekitar pembangkit listrik, walau Inggris tidak goyah dan tetap melanjutkan operasi ini.

Lebih dari enam pasukan komando kembali diterjunkan ke Norwegia untuk bergabung dengan empat pasukan komando yang selamat dari serangan sebelumnya. Pada akhir Februari 1943, mereka memutuskan untuk menyerang pembangkit listrik itu lagi.

Sepuluh pasukan komando harus menghindari pertahanan Nazi dengan menuruni jurang, menyeberangi sungai yang membeku, dan memanjat tebing di bawah kegelapan. Mereka akhirnya berhasil memasuki pabrik dengan menyelinap melalui jalur rel.

Alih-alih menemukan banyak tentara Nazi di dalam pabrik, mereka hanya menemukan seorang penjaga tua yang sangat membantu mereka. Setelah menanam bahan peledak, mereka dengan sopan menunggu sang penjaga menemukan kacamatanya yang salah tempat, sebelum pembangkit listrik itu hancur dan melarikan diri dari sana.

Meskipun Nazi berusaha untuk memperbaiki pembangkit listrik tersebut, Sekutu kembali menghancurkannya lewat serangan udara beberapa bulan kemudian.

7. Operasi Kreipe

Unik, 7 Operasi Rahasia Ini Terjadi Selama Perang Dunia IIwarhistoryonline.com

Operasi Kreipe mungkin menjadi salah satu operasi paling gila yang pernah dilakukan oleh Eksekutif Operasi Khusus Inggris (SOE) selama perang. Operasi ini bertujuan untuk menculik Jenderal Kreipe, komandan garnisun Nazi di Kreta, agar menimbulkan pemberontakan dari warga sipil di pulau tersebut.

Kedua pasukan komando sudah dimasukkan ke pulau Kreta berbulan-bulan sebelum operasi dimulai, dan baru melaksanakan rencana mereka pada bulan April 1944.

Berpakaian seperti pasukan Jerman dan dengan bantuan pasukan perlawanan Kreta, pasukan itu memuji mobil Kreipe yang lewat lalu membunuh para pengawal, dan menaruh sang jenderal di belakang mobil.

Pasukan komando, yang sekarang menyamar menjadi jenderal dan sopirnya, melewati lebih dari 20 pos pemeriksaan Jerman tanpa masalah. Setelah meninggalkan mobil dan memindahkan jenderal, kedua pasukan komando tersebut kembali bersembunyi dari patroli Jerman sambil menunggu untuk diekstraksi oleh kapal selam.

Operasi ini menjadi tamparan telak bagi Nazi Jerman dan berhasil membangkitkan perlawanan dari penduduk Kreta setelahnya.

Nah itu tadi 7 operasi rahasia paling unik di Perang Dunia II. Selain unik, misi-misi di atas juga memiliki pengaruh yang besar terhadap jalannya perang. 

Baca Juga: 5 Fakta Sejarah Penemuan Kamera, Siapa Orang Pertama Dibaliknya? 

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

Apakah kalian menyukai artikel saya? Jika iya, silahkan buka trakteer.id/shandy-pradana untuk memberikan support kepada penulis. Terima kasih!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya