Comscore Tracker

Walau Diklaim Punah, 9 Hewan Ini Masih Menampakkan Diri Lho!

Dari mammoth sampai harimau Jawa

Walau sudah dinyatakan punah, rupanya hewan-hewan di daftar ini menolak "punah" dengan terus menampakkan dirinya. Berikut 9 penampakan dari hewan yang sudah diklaim punah.

1. Woolly Mammoth

https://www.youtube.com/embed/mM6azIwmfAY

Internet sempat digemparkan dengan video penampakan seekor binatang besar yang mirip woolly mammoth di YouTube. Tentu saja hal itu terdengar aneh, mengingat woolly mati 4.000 tahun yang lalu.

Namun pada tahun 1920, seorang pria Prancis menceritakan kisah fantastis tentang penampakan hewan seperti mammoth di Siberia.

Sampai tahun 1948, seekor mammoth beku ditemukan dengan kondisi tubuh yang masih segar. Hal itu belum mampu dijadikan bukti yang kuat tentang keberadaan mammoth, tetapi mengingat hutan belantara Siberia sangat luas, sulit untuk menyangkal kesaksian dari pria itu.

Terkadang, banyak laporan yang tidak dikonfirmasi dari daerah itu, yang melaporkan telah melihat makhluk "mirip gajah". Jadi, mungkinkah masih ada mammoth yang hidup di sana?

2. Harimau Tasmania

Walau Diklaim Punah, 9 Hewan Ini Masih Menampakkan Diri Lho!discoverthetarkine.com.au

Harimau tasmania diburu karena menjadi ancaman bagi ternak. Hilangnya habitat membuat mereka, secara resmi, punah pada tahun 1936.

Namun, banyak penampakan harimau tasmania yang dilaporkan di sekitar Tasmania dan daratan Australia, meskipun tidak satu pun dari pengamatan tersebut yang bisa dikonfirmasi secara ilmiah.

Yang membingungkan adalah banyak dari penampakan ini berasal dari daratan Australia, di mana spesies ini telah punah sejak 1800-an.

https://www.youtube.com/embed/INNi43Au318

Ada beberapa cuplikan menarik dalam video di atas (mulai dari menit 2:35). Kalian dapat berargumen bahwa apa yang terlihat di video hanyalah seekor anjing yang pincang, tetapi banyak yang yakin jika itu adalah harimau Tasmania.

3. Baiji (lumba-lumba sungai Yangtze)

Walau Diklaim Punah, 9 Hewan Ini Masih Menampakkan Diri Lho!sixthtone.com

Baiji adalah lumba-lumba yang hidup secara eksklusif di Sungai Yangtze. Lumba-lumba ini dulunya berjumlah banyak, tetapi mulai berkurang karena pembangunan Bendungan Tiga Ngarai dan peningkatan lalu lintas kapal. Baiji dinyatakan punah pada tahun 2006.

Tapi lumba-lumba tersebut kembali terlihat setahun kemudian. Sebuah tim sarjana, yang dipimpin oleh ilmuwan Wang Ding mengonfirmasi pengamatan tersebut. Berita itu menjadi sinyal positif bagi kelangsungan hidup spesies tersebut.

Sayangnya, hanya ada satu penampakan saja. Ekspedisi besar-besaran sepanjang 3.540 kilometer (2.200 mil) tidak menghasilkan penampakan lebih lanjut. Namun sungai Yangtze sebenarnya sangat panjang. Jadi selalu ada kemungkinan untuk menemukan beberapa baiji lainnya.

4. Serigala Jepang

Walau Diklaim Punah, 9 Hewan Ini Masih Menampakkan Diri Lho!stuklopechat.com

Sebenarnya ada dua jenis serigala Jepang: serigala Honshu dan serigala Hokkaido. Serigala Jepang punah di tangan orang Amerika, karena dianggap sebagai hama bagi ternak. Serigala Honshu mati pada tahun 1905, dan Hokkaido pada tahun 1889.

Meskipun sudah mati, serigala Jepang muncul kembali pada tahun 1910, 1930-an, dan 1950-an. Ada juga penampakan serigala ini di tahun 1990-an.

Salah satu teori adalah bahwa hewan yang dilihat, sebenarnya adalah hibrida anjing serigala. Tentu saja itu masuk akal, tetapi apakah mereka menjadi populasi yang berkembang biak? Atau mungkinkah serigala Jepang masih berkeliaran di pedesaan Jepang?

Baca Juga: 7 Tempat Ini Memiliki Jumlah Hewan Lebih Banyak daripada Manusia

5. Berang-berang Jepang

Walau Diklaim Punah, 9 Hewan Ini Masih Menampakkan Diri Lho!earthtouchnews.com

Berang-berang sungai Jepang sudah jarang terlihat sejak tahun 1930-an. Pada tahun 1970-an, mereka sudah diklasifikasikan sebagai hewan langka. Diklaim punah pada tahun 2012, mereka justru kembali terlihat satu tahun kemudian.

Pada tahun pertama sejak statusnya "punah", ada 15 penampakan yang terjadi. Sebagian besar penampakan ini “tidak resmi.”

Para ilmuwan mengklaim bahwa sebagian besar berang-berang ini terlihat di daerah yang tidak biasanya — seperti sungai yang tercemar. Hal ini masuk akal, karena seekor hewan akan pergi ke tempat makanan yang mudah ditemuinya, terutama jika jumlahnya sedikit.

6. Pelatuk paruh-gading

Walau Diklaim Punah, 9 Hewan Ini Masih Menampakkan Diri Lho!world.tumblr.com

Burung pelatuk ini agak istimewa, karena tidak pernah dinyatakan punah secara resmi. Burung ini dinyatakan punah pada tahun 1920-an, namun kembali terlihat sepanjang tahun 1940-an.

Pada 1950-an, sekali lagi mereka dianggap punah, namun masih terlihat sampai hari ini. Pada tahun 2005, ada beberapa penampakan yang terdokumentasi di Arkansas oleh sekelompok ornitologis. Mereka merekam tidak kurang dari 15 penampakan burung pelatuk gading.

Walau sejumlah ilmuwan meragukan kebenaran laporan tersebut, nyatanya pelatuk paruh gading masih bisa terbang hari ini sejak dua kali diklaim punah pada awal 1900-an.

7. Puma Amerika Timur

Walau Diklaim Punah, 9 Hewan Ini Masih Menampakkan Diri Lho!cellcode.us

Cougar atau puma amerika timur dinyatakan punah pada tahun 2011, walau masih sering nampak di hampir setiap negara bagian Pantai Timur Amerika. Ada banyak situs web yang didedikasikan untuk penampakan hewan ini di setiap negara bagian.

Orang-orang New Hampshire melihat dan memotret seekor cougar. Ada juga jejak kaki, kotoran, bulu, dan semua bukti yang menunjukkan bahwa hewan ini belum punah sama sekali.

8. Beruang Grizzly Meksiko

Walau Diklaim Punah, 9 Hewan Ini Masih Menampakkan Diri Lho!hypocritereader.com

Beruang grizzly Meksiko hidup di wilayah Meksiko sampai Colorado. Spesies terakhir mereka diyakini telah terbunuh di Meksiko pada tahun 1960, dan secara resmi dinyatakan punah pada tahun 1964. Namun beruang grizzlies Meksiko masih terus terlihat setelahnya.

Wilayah Colorado selatan memiliki beberapa penampakan yang kredibel dari grizzly Meksiko. Satu-satunya pertanyaan adalah apakah mereka grizzlies Meksiko atau bukan.

Namun sebuah studi pada tahun 1979 juga menunjukkan bukti (tanda cakar dan jejak kaki) bahwa grizzlies masih hidup di Meksiko. Studi ini juga membuktikan bahwa daerah terpencil Meksiko adalah habitat yang cocok untuk beruang grizzly.

9. Harimau Jawa

Walau Diklaim Punah, 9 Hewan Ini Masih Menampakkan Diri Lho!extinctanimals.org

Harimau Jawa hidup di pulau Jawa Indonesia. Perburuan adalah alasan utama mengapa mereka mati. Harimai Jawa terakhir terlihat pada tahun 1976. Namun, mereka diduga ditangkap sepanjang tahun 1980-an.

Pencarian besar-besaran pada pertengahan 1990-an mengarah pada klaim tahun 1994 bahwa harimau Jawa sudah punah, sampai seseorang kembali melihatnya setahun kemudian. Pada 1995, seorang rimbawan Jawa secara tidak sengaja menemukan sekelompok harimau Jawa.

Penampakan berlanjut sepanjang dekade pertama tahun 2000-an. Taman Nasional Meru Betiri — tempat penampakan yang terakhir dikonfirmasi — tampaknya merupakan tempat yang paling mungkin bagi mereka untuk bertahan hidup.

Aktivis Wahyu Giri Prasetyo masih menemukan bukti tentang harimau itu, mulai dari rambut hingga kotoran. Dia dengan tegas percaya bahwa harimau Jawa masih hidup. Dari semua hewan yang sudah punah, harimau Jawa adalah hewan yang kemungkinan besar masih bertahan hidup.

Nah itu tadi 9 bukti penampakan hewan yang sudah diklaim punah. Alangkah baiknya jika kita menjaga hewan langka yang masih hidup saat ini. Jangan sampai hewan-hewan yang masih hidup saat ini punah, agar anak cucu kita masih dapat melihatnya di kemudian hari.

Baca Juga: 10 Hewan Ini Punya Nama Paling Unik dan Konyol, Bikin Heran!

Shandy Pradana Photo Community Writer Shandy Pradana

"Verba volant, scripta manent." Rock n' Roll enthusiast. Cinephile.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You