Comscore Tracker

7 Jenis Berry yang Bisa Tumbuh di Iklim Tropis

Ditanam di pekarangan rumah juga bisa!

Buah yang termasuk dalam kelompok berry merupakan buah yang dikenal mengandung banyak anti oksidan. Buah berry bisa menjadi bahan untuk membuat jus, selain maupun cemilan. 

Miliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit, beberapa jenis dari buah ini juga bisa tumbuh di iklim tropis, lho. Buah berry memiliki banyak bentuk varian yang bisa kita temui disekitar kita. Walaupun membutuhkan usaha yang sedikit lebih untuk beberapa varietas berry, kamu masih bisa menanamnya.

Ada beberapa jenis berry yang bisa ditanam dan tumbuh di iklim tropis jika kamu berniat untuk menumbuhkan jenis buah ini di sekitar rumahmu. Berikut ini beberapa jenis Berry yang bisa tumbuh di iklim tropis, langsung saja cek artikelnya!

1. Strawberry

7 Jenis Berry yang Bisa Tumbuh di Iklim Tropisilustrasi strawberry (pexels.com/fecundap6)

Hampir semua varietas stroberi bisa tumbuh lebih baik di daerah yang beriklim sedang daripada di daerah tropis, kecuali jika ditanam di tempat yang lebih dingin. Meskipun tanaman kemungkinan bisa tumbuh dengan tanah, air, dan perhatian yang sesuai dan cukup, kemungkinan besar strawberry yang coba kamu tanam tidak berbuah.

Ada satu aspek yang sangat penting untuk menanam stroberi di rumah ketika tinggal di daerah tropis. Pertama-tama kamu harus terlebih dahulu memilih varietas strawberry yang tahan panas untuk tumbuh.

Joseph Cobrador yang membagikan pengalamannya menanaw strawberry lewat tulisannya melalui tropicalhousegarden.com menuliskan bahwa ia menanam strawberry jenis  'Sweet Charlie' di tempat ia tinggal yaitu Fliphina yang juga beriklim tropis seperti di Indonesia.

Ia merekomendasikan varietas ini karena banyak tukang kebun Filipina telah berhasil menanam strawberry 'Sweet Charlie'' di halaman belakang mereka. Stroberi Sweet Charlie saya sangat produktif dan dapat bertahan selama beberapa hari tanpa disiram. 

2. Blueberry

7 Jenis Berry yang Bisa Tumbuh di Iklim Tropisilustrasi blueberry (pexels.com/kristenmunk)

Menanam blueberry di daerah yang memiliki iklim tropis sebenarnya cukup menantang, karena blueberry sedikit sensitf dengan PH tanah dan perlu perhatian lebih. Jika ingin menanam blueberry di daerah panas atau di mana saja dengan tanah PH tinggi, tanamlah dalam wadah. 

Blueberry sangat rewel dalam hal tingkat PH sehingga otomatis mati bila berada di tanah alkali. Ini mungkin tidak langsung terlihat, tetapi pada akhirnya tanaman akan mati jika tanahnya tidak cukup  asam. Hal yang akan mulai terlihat ketika pohon blueberry mulai rewel adalah daun klorosis atau menguning ketika PH terlalu tinggi.

3. Acerola cherry

7 Jenis Berry yang Bisa Tumbuh di Iklim Tropisilustrasi acerola cherry (pexels.com/pixabay)

Alcerola cherry atau ceri Barbados ( Malpighia punicifolia ) dikenal juga dengan sejumlah nama, termasuk pohon acerola, ceri taman, ceri Hindia Barat, dan ceri Spanyol..Ceri Barbados berasal dari Hindia Barat, tetapi telah dinaturalisasi hingga Texas selatan. Sangat cocok untuk tumbuh di zona tahan banting tanaman USDA ( "zona kekerasan tanah" adalah wilayah yang dibagi berdasarkan iklim dan cuaca) 9b hingga 11.

Menanam ceri Barbados relatif mudah, yaitu temukan semak/pohon di tempat teduh sebagian dan tanah yang lembab dan dikeringkan dengan baik. Pohon ceri muda Barbados membutuhkan air biasa, tetapi tanaman dewasa cukup toleran terhadap kekeringan.

Pupuk pohon ceri Barbados dua kali setahun selama empat tahun pertama, lalu kurangi pemberian makan saat mereka dewasa. Panen ceri Barbados saat buah sudah matang sepenuhnya. Namun, kenakan sarung tangan, karena bulu halus pada batang dan daun dapat mengiritasi kulit, terutama saat pohon masih muda.

4. Mulberry

7 Jenis Berry yang Bisa Tumbuh di Iklim Tropisilustrasi mulberry (pexels.com/diva)

Pohon murbei atau mulberry adalah pohon yang cukup sederhana untuk tumbuh karena hanya membutuhkan sedikit perawatan untuk menumbuhkan pohon murbei di iklim yang panas dan kering.

Buah mulberry memiliki tampilan yang mirip dengan blackberry, akan tetapi rasanya sedikit lebih manis dibandingkan blackberry. Pohon-pohon ini adalah penanam cepat yang menangani panas dan dingin dengan baik. 

Salah satu hal terbaik tentang pohon Mulberry untuk iklim panas dan kering adalah tidak perlu khawatir tentang perlindungan matahari atau perlindungan beku. Pohon ini cukup bisa ditanam di mana saja apalagi di halaman rumah, selain itu pohon ini tumbuh dengan cepat dan bisa menjadi besar.

Pohon murbei menyukai penyiraman yang konsisten sepanjang tahun, pohon ini tidak terlalu menuntut air seperti beberapa pohon buah tropis lain, tetapi mereka juga tidak suka hidup tanpa air. Tidak perlu khawatir tentang perlindungan naungan dengan pohon murbei, meletakkannya di tempat yang terlalu teduh akan mempengaruhi produksi buah.

5. Naranjilla

7 Jenis Berry yang Bisa Tumbuh di Iklim Tropisscreen shot naranjilla cherry (youtube.com/LaFincadeHoy)

Dijuluki “Buah emas Andes,” tanaman naranjilla adalah semak herba dengan kebiasaan menyebar yang umumnya ditemukan di seluruh Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman naranjilla yang tumbuh liar akan berduri sedangkan varietas yang dibudidayakan tidak berduri dan kedua jenis memiliki batang tebal yang menjadi berkayu saat tanaman dewasa.

Informasi lainnya mengenai naranjilla adalah pertumbuhan naranjilla mengacu pada iklimnya. Meskipun merupakan spesies subtropis, naranjilla tidak dapat mentolerir suhu lebih dari 85 derajat F. (29 derajat celcious) dan berkembang di iklim dengan suhu antara 62 dan 66 derajat F. (17-19 derajat celcious) dan kelembaban tinggi.

Tidak toleran terhadap paparan sinar matahari penuh, kondisi pertumbuhan naranjilla juga harus semi-teduh dan akan berkembang di ketinggian yang lebih tinggi hingga 6.000 kaki (1.829 m) di atas permukaan laut dengan curah hujan yang terdistribusi dengan baik. 

6. Suriname cherry

7 Jenis Berry yang Bisa Tumbuh di Iklim Tropisscreen shot surinam cherry (youtube.com/WendiPhan)

Tanaman ini asli dari Suriname, Guyana dan Guyana Prancis ke Brasil selatan (terutama negara bagian Rio de Janeiro, Paraña, Santa Catharina dan Rio Grande), dan ke utara, timur dan tengah Uruguay. 

Ceri Suriname beradaptasi dengan daerah tropis dan subtropis. Tumbuh subur dari permukaan laut hingga 3.300 kaki (1.000 m) hingga 6.000 kaki (1.800 m). Tanaman muda rusak oleh suhu di bawah 28º F (-2,22º C), tetapi tanaman yang sudah mapan atau dewasa hanya mengalami luka dangkal pada 22º F (-5,56º C).

Tanaman ini menikmati sinar matahari penuh. Tanaman ini hanya membutuhkan curah hujan sedang dan karena berakar dalam, tanaman ini juga dapat bertahan di musim kemarau yang panjang. Dapat tumbuh di hampir semua jenis tanah dan bahkan dapat menahan genangan air untuk sementara waktu, tetapi tidak toleran terhadap tanah dengan kandungan garam.

Tanaman ini mulai berbuah saat tanaman berumur 2 tahun, beberapa mungkin bisa sampai berbuah selama 5 atau 6 tahun, atau bahkan 10 jika dalam situasi yang tidak menguntungkan. Mereka paling produktif jika tidak dipangkas, tetapi masih menghasilkan banyak buah ketika dipangkas. 

7. Jaboticaba

7 Jenis Berry yang Bisa Tumbuh di Iklim Tropisscreen jaboticaba cherry (youtube.com/Trulytropical)

Bentuk buah di batang pohon yang cukup unik. Buahnya seukuran buah ceri dengan kulit luar yang mirip seperti buah ceri, tetapi teksturnya lebih tebal. Hibrida merah memiliki ceri gelap seperti warna kulit, di mana jaboticaba standar lebih ungu. Dilaporkan bahwa kedua varietas memiliki rasa yang sama, tetapi merahnya sedikit lebih manis.

Dagingnya digambarkan seperti anggur dengan rasa tropis. Bentuknya mirip dengan daging lengkeng atau leci dengan biji di tengahnya. Buahnya juga digunakan untuk membuat selai dan saus. Jaboticaba cenderung berbuah beberapa kali per tahun.

Pertumbuhan tanaman ini lambat, akan tetapi ia lebih mudah untuk beradaptasi pada lingkungan tropis maupun subtropis. Selain itu mudah untuk berkembang pada jenis tanah apapun sehingga mudah ditemui di beberapa wilayah di Brasil seperti di Minas Gerais, Sao Paulo, dan Rio de Janeiro. 

Jika kamu berniat untuk menanam dan menumbuhkan beberapa jenis buah berry di atas, kamu juga perlu mencaritahu lebih dalam lagi dengan melihat berbagai informasi yang pasti tentang buah-buah tersebut, biar kamu mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Mengenal Buah Kepel, Buah Tropis yang Kini Mulai Langka

Shasya Khairana Photo Verified Writer Shasya Khairana

expecto patronum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya