Comscore Tracker

Kucing 101: Mengenal Selkirk Rex, Ras Kucing yang Bulunya 'Keriting'

Gak semua kucing bulunya lurus-lurus aja

Kalau kamu pikir semua bulu kucing sama, lurus dan gitu-gitu aja, kamu salah. Ada jenis kucing yang bulunya unik, pendek dan keriting, bikin gemes. Selkirk Rex nama jenisnya dan ini adalah jenis ras kucing yang kalem dan manjaaa banget kalau sama manusia.

Seperti apa sih karakteristik dan kondisi kesehatan kucing Selkirk Rex? Yuk kenal lebih jauh di bawah ini!

1. Karakteristik kucing Selkirk Rex

Kucing 101: Mengenal Selkirk Rex, Ras Kucing yang Bulunya 'Keriting'hobbiallat.hu

Bulu keriting khas Selkirk Rex membuatnya menonjol di antara semua jenis kucing lainnya. Selkirk Rex adalah salah satu dari empat ras kucing berbulu keriting (yang lainnya adalah Cornish Rex, Devon Rex dan LaPerm). Penampilan kusut dari bulu Selkirk Rex membuatnya menawan, ditambah dengan karakter santai dan tenangnya, menjadikannya primadona di kalangan pecinta kucing kalem.

Selkirk Rex bisa memiliki rambut pendek atau rambut panjang. Bahkan kumis Selkirk pun bisa keriting. Bulunya lembut dan mewah. Selain berbulu keriting gemas, Selkirk Rex juga terlahir dengan karakteristik tulang dan badan yang cukup bongsor. Selkirk adalah kucing yang sangat toleran, ramah dan rukun dengan semua orang, termasuk hewan peliharaan lainnya.

2. Sejarah Selkirk Rex

Kucing 101: Mengenal Selkirk Rex, Ras Kucing yang Bulunya 'Keriting'tica.org

Di dunia kucing, banyak ras baru yang dihasilkan dari mutasi genetik acak dan inisiatif seseorang yang melihat keunikan khusus pada kucing tertentu yang kemudian berniat mengembang biakkannya. Seperti halnya dalam pengembangan Selkirk Rex. Pada akhir 1980-an, seorang peternak kucing Persia bernama Jeri Newman yang hidup di Montana menemukan seekor anak kucing ras campuran yang tidak biasa lahir dari seekor kucing liar.

Anak kucing ini, yang memiliki bulu bergelombang dan kumis keriting, satu-satunya yang terlahir dengan bulu seperti itu. Newman meneliti anomali genetik ini dan mengadopsi anak kucing itu, menamakannya DePesto. Ia kemudian mengawinkan DePesto ke seekor kucing Persia hitam. Tiga dari enam anak kucing yang dihasilkan memiliki bulu bergelombang.

Selkirk Rex adalah jenis yang relatif baru. Untuk membangun keragaman genetik, kawin silang masih diizinkan sampai 2025 menurut standar pengembang biakkan Cat Fanciers’ Association.

3. Perawatan kucing Selkirk Rex

Kucing 101: Mengenal Selkirk Rex, Ras Kucing yang Bulunya 'Keriting'en.chatsichiens.com

Bulu Selkirk Cat membutuhkan perawatan yang unik. Karena bulunya keriting, maka Selkirk tak akan mengalami kerontokan parah, itu karena setiap bulu rontok cenderung tetap terperangkap dan tidak jatuh ke pakaian dan furnitur. Namun, jika bulu yang terperangkap ini tidak disisir atau dikeramasi maka akan membuatnya jadi kusut sekali.

Menyikat bulu secara berlebihan tidak disarankan karena cenderung melonggarkan ikal. Sebaliknya, sisirlah dengan sisir yang bergigi lebar agar tak merusak ikal. Selain menyisir, mandi biasa juga bisa membantu menghindari kusut. Usahakan untuk rutin memandikan Selkirk minimal 2 minggu sekali.

Baca Juga: Kucing 101: Ketika Kucing Bunting, Apa yang Harus Dilakukan?

4. Masalah kesehatan yang biasanya dimiliki

Kucing 101: Mengenal Selkirk Rex, Ras Kucing yang Bulunya 'Keriting'en.chatsichiens.com

Seperti banyak kucing ras murni, Selkirk Rex rentan terhadap kondisi genetik turunan tertentu. Beberapa penyakit bawaan yang mungkin terlihat di Selkirk Rex meliputi:

  • Penyakit ginjal polikistik (Polysyctic Kidney Disease)
  • Kardiomiopati hipertrofi (HCM, penyakit yang menyebabkan penebalan otot jantung)
  • Displasia pinggul

Penyakit ginjal polikistik adalah suatu kondisi di mana kista pada ginjal menyebabkan masalah dengan fungsi ginjal dan akhirnya, gagal ginjal. PKD umum terjadi pada kucing Persia dan kucing Eksotis, dan HCM umum terjadi pada kucing Persia dan British Shorthair. Displasia pinggul adalah hal yang umum di kucing Persia. Semua ras ini adalah bagian dari gen Selkirk Rex.

5. Pola makan kucing Selkirk Rex

Kucing 101: Mengenal Selkirk Rex, Ras Kucing yang Bulunya 'Keriting'hillspet.com

Karena tubuh Selkirk Rex yang lebih besar, sangat penting untuk tidak makan berlebihan. Berat badan yang terjaga membantu mencegah masalah kesehatan tertentu seperti diabetes dan radang sendi, serta penyakit jantung dan displasia pinggul, yang diketahui memengaruhi keturunan.

Tanyakan kepada dokter hewan tentang makanan dalam jumlah terbaik untuk memberi makan Selkirk Rex. Jangan pernah memberi makan kucing Selkirk berlebihan karena posturnya yang memang sudah besar dan mudah gemuk.

Ternyata gak semua kucing itu bulunya lurus ya. Selain kucing tanpa bulu Sphinx, ternyata juga ada kucing yang bulunya keriting Selkirk Rex. Apakah kamu tertarik memlihara Selkirk Rex?

Baca Juga: Kucing 101: Arti Meongan yang Lirih Pada Kucing, Apaan Sih?

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya