Comscore Tracker

Menurut Riset, 7 Tanda Tak Terduga Ini Bukti Kamu Seorang Genius

Bisa dilihat dari perilaku sehari-harimu, lho!

Orang-orang sering mengartikan istilah genius dengan IQ dan kepintarannya di sekolah, namun memiliki IQ yang tinggi saja bukan satu-satunya tanda bahwa kamu genius.
Ada banyak tanda yang tidak disadari bisa berarti kamu mungkin benar-benar genius, seperti yang dibuktikan oleh ilmu sains.

Bukan melalui tes IQ, banyak cara yang dapat menunjukkan kejeniusan seseorang meski ia terlihat biasa saja. Berikut adalah tujuh tanda jika kamu memiliki otak di atas rata-rata, karena para genius umumnya memiliki lebih dari satu tanda berikut. Yuk simak!

1. Kamu adalah anak tertua di keluargamu

Menurut Riset, 7 Tanda Tak Terduga Ini Bukti Kamu Seorang Geniusunsplash.com/Anna Francsisca

Anak tertua dalam sebuah kelurga biasanya lebih pintar, tetapi bukan melulu karena faktor genetika. Dilansir dari The New York Times sebuah studi ilmiah yang diterbitkan pada tahun 2007, menunjukkan bahwa kakak tertua bisa saja memiliki sedikit keunggulan dari adik-adiknya, mereka lebih signifikan dalam hal IQ.

Rata-rata anak tertua memiliki IQ lebih tinggi sekitar tiga poin dari saudaranya. Bukan tanpa alasan, ternyata analisis perbedaan IQ itu bukanlah karena faktor biologis tetapi interaksi psikologis orangtua dan anak yang membentuk IQ anak tertua menjadi lebih unggul.

2. Kamu memiliki tangan kidal

Menurut Riset, 7 Tanda Tak Terduga Ini Bukti Kamu Seorang Geniusunsplash.com/Kelly Sikkema

Sering dianggap aneh, seseorang yang kidal justru merupakan tanda genius yang tak semua orang tahu, lho. Normalnya, orang yang tidak kidal memiliki sisi kanan otak yang mengontrol sisi kiri tubuh dan sebaliknya. Pada orang kidal, mereka dapat menggunakan kedua sisi otak secara bersamaan, sehingga mudah untuk memproses lebih banyak informasi yang masuk.

Dalam sebuah penelitian di Nature Journal oleh Helen Shen ia mengamati bahwa orang-orang kidal memiliki lebih banyak kosa kata dan kapasitas pemecahan masalah daripada orang-orang yang tidak kidal, dan biasanya orang kidal ini memiliki IQ 140 ke atas, lho!

3. Kamu adalah seorang tipe sarkastik

Menurut Riset, 7 Tanda Tak Terduga Ini Bukti Kamu Seorang Geniusunsplash.com/Hannah Grace

Apakah kamu sering membuat lelucon sinis untuk berkomentar kepada teman-temanmu? Meski dinilai negatif, penelitian di Universitas Harvard menunjukkan sarkasme sebenarnya merepresentasikan proses berpikir kreatif. Dan secara aktif komentar sarkastik adalah indikasi kamu memiliki kecerdasan yang tinggi. Tak semua orang akan memahami maksud sarkastikmu, itulah mengapa kreativitas berbahasamu ini menunjukan kamu seorang genius.

Baca Juga: Kebiasaan Unik Orang Genius yang Bikin Mereka Tetap Kreatif!

4. Kamu sedikit berantakan saat bekerja

Menurut Riset, 7 Tanda Tak Terduga Ini Bukti Kamu Seorang Geniusunsplash.com/Rachel Gorjesta

Sebuah penelitian yang diterbitkan Dr. Kathleen Vohs di Universitas Managemen Carloon Minnesota mengungkapkan bahwa meja seorang genius cenderung berantakan, faktanya hal ini terkait dengan kecerdasan mereka. Jika seseorang tidak menghabiskan banyak waktu membersihkan dan mengatur segala sesuatu di sekitarnya, pikiran mereka jelas sibuk dengan hal-hal yang lebih penting.

Studi ini pun menunjukkan bahwa lingkungan yang berantakan menyebabkan alur kerja yang bebas dan lebih kreatif. Sebaliknya, tipe seseorang yang rapi justru cenderung terkotak-kotakan dan kurang berkembang.

5. Kamu sering begadang

Menurut Riset, 7 Tanda Tak Terduga Ini Bukti Kamu Seorang Geniusunsplash.com/Alexandra Gorn

Apa kamu adalah orang yang suka begadang? Ini juga bisa menjadi pertanda kecerdasan, lho. Penelitian ilmiah Jurnal Resmi Masyarakat Internasional untuk Studi Perbedaan Individu dari Satoshi Kanazawatelah menghubungkan burung hantu dengan manusia, di mana burung hantu memiliki IQ tertinggi di antara burung jenis lain.

Namun, manusia, tidak seperti spesies mamalia lainnya, kita memiliki kemampuan yang lebih unik, secara sadar dan kognitif. Dalam penelitian ini diungkapkan bahwa seseorang yang cenderung tidur telat memiliki aktifitas noktural layaknya burung hantu di mana itu menandakan kecerdasan.

6. Kamu adalah seseorang yang dicap humoris di antara teman-temanmu

Menurut Riset, 7 Tanda Tak Terduga Ini Bukti Kamu Seorang Geniusunsplash.com/Halena Lopes

Dalam satu studi di Universitas Meksiko di tahun 2011, 400 siswa psikologi mengambil tes kecerdasan yang mengukur kemampuan penalaran abstrak dan kecerdasan verbal mereka. Kemudian mereka diminta untuk membuat teks untuk beberapa kartun New Yorker, dan teks-teks itu ditinjau oleh penilai independen.

Seperti yang diperkirakan, siswa yang lebih cerdas dinilai lebih lucu saat mengisi line kartun yang kosong. Itulah mengapa menjadi seseorang humoris di lingkungan sosialmu bisa jadi adalah tanda kamu cerdas.

7. Kamu bisa bermain alat musik

Menurut Riset, 7 Tanda Tak Terduga Ini Bukti Kamu Seorang Geniusunsplash.com/Nazar Yakymenko

Apakah kamu adalah salah satu orang yang suka memainkan gitar, piano, drum dan alat musik lainnya? Berbanggalah, karena itu menunjukan kamu orang yang genius. Dilansir dari Psychcentral.com, ada bukti bahwa musisi memiliki otak yang berbeda secara struktural dan fungsional dibandingkan dengan yang bukan musisi. Bahkan jika kamu baru memulai belajar alat musik sekalipun neurofisiologi otakmu sudah berubah. Selain meningkatkan IQ, seseorang yang sering bermain alat musik juga identik dengan ketajaman memori dan kemampuannya untuk belajar bahasa.

Ternyata bukan hanya melalui tes IQ, tanda-tanda sederhana sehari-hari di atas juga dapat menunjukan tingkat kecerdasaan seseorang. Sudah dibuktikan oleh beberapa riset ilmiah, dari tujuh tanda di atas adakah tanda yang juga menunjukkanmu seorang genius?

Baca Juga: Ternyata Inilah 7 Alasan Mengapa Orang dengan Autisme Biasanya Genius

Siska Arifa Photo Community Writer Siska Arifa

Amateur who doesn't quit @siscaaryf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You