Comscore Tracker

9 Tumbuhan Unik Amerika Selatan, Ada yang Bisa Meledak! 

Bentuknya unik bikin heran sekaligus kagum

Benua Amerika Selatan memiliki keragaman flora yang yang kaya akibat dari lokasi dan  geografisnya. Benua ini mempunyai beragam bioma, di antaranya hutan hujan tropis, sabana tropis dan tundra alpen.

Keragaman bioma ini menghasilkan keragaman flora yang sangat kaya. Jika kamu senang mempelajari aneka jenis tumbuhan unik, deretan tumbuhan dari Amerika Selatan ini akan memperluas wawasanmu.

1. Calico flower

9 Tumbuhan Unik Amerika Selatan, Ada yang Bisa Meledak! calico flower yang unik (inaturalist.org/nathaine)

Dikenal juga dengan nama dutchman’s pipe, tanaman rambat asli Amerika Selatan ini mempunyai bunga yang unik. Bentuk bunganya seperti pipa dengan warna merah gelap dan garis berliku-liku berwarna putih. Tanaman merambat ini beracun dan mengeluarkan bau seperti daging busuk untuk menarik serangga yang akan membantu penyerbukan. 

2. Nalca

9 Tumbuhan Unik Amerika Selatan, Ada yang Bisa Meledak! tumbuhan nalca yang unik (tasteatlas.com)

Tanaman ini mempunyai batang panjang yang berduri dan daun hijau yang besar. Nalca atau gunnera tinctoria biasa dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk masakan, dan daunnya dipakai untuk membungkus curanto, masakan khas Chile.

3. Giant water lilies

9 Tumbuhan Unik Amerika Selatan, Ada yang Bisa Meledak! tumbuhan unik water lilies raksasa (thephuketnews.com)

Tumbuhan yang hidup di air ini ukurannya bisa mencapai 3 meter dan bisa menahan beban hingga 42 kg, loh! Tumbuhan dengan nama ilmiah victoria amazonica ini adalah bunga nasional negara Guyana. Bunganya berwarna putih dan mengeluarkan bau yang harum.

4. Cannonball tree

9 Tumbuhan Unik Amerika Selatan, Ada yang Bisa Meledak! pohon unik dengan buah seperti bola meriam (inaturalist.org/taku_toka)

Bentuk buahnya sesuai dengan nama julukannya, besar dan bulat seperti bola meriam. Buahnya bisa dimakan dan mempunyai beberapa khasiat untuk kesehatan. Bunga dari pohon yang tinggi ini baunya harum, tetapi buahnya sendiri justru baunya tidak menarik.

Baca Juga: 6 Tumbuhan yang Dinamakan Berdasarkan Nama Hewan, Ada Anggrek Monyet

5. Hooker's lips

9 Tumbuhan Unik Amerika Selatan, Ada yang Bisa Meledak! tumbuhan unik berbentuk bibir (news.cgtn.com)

Bentuknya langsung mengingatkan pada bibir yang merah merekah, sesuai nama julukannya. Tanaman bernama ilmiah psychotria elata ini sering dijadikan hadiah untuk orang tercinta pada hari kasih sayang. Sayangnya keberadaan tumbuhan ini mulai langka karena habitatnya terganggu.

6. Pink ipe

9 Tumbuhan Unik Amerika Selatan, Ada yang Bisa Meledak! pohon dengan bunga berwarna pink yang cantik (inaturalist.org/hhulsberg)

Pohon cantik berwarna merah muda ini mempunyai nama ilmiah handroanthus impetiginosus. Pohon berukuran sedang ini adalah pohon nasional negara Paraguay. Kayu dari pohon ini keras dan kuat, dan sering dimanfaatkan sebagai balok struktural pada bangunan.

7. Annatto (Lipstick tree)

9 Tumbuhan Unik Amerika Selatan, Ada yang Bisa Meledak! salah satu tumbuhan unik dari Amerika Selatan (inaturalist.org/fmorgan)

Nama ilimiahnya adalah bixa orellana. Buahnya berbentuk lonjong dengan bulu-bulu pendek dan kaku di luarnya. Buah dan bijinya berwarna merah cerah, dan warna merah ini dimanfaatkan untuk bahan kosmetik dan pewarna kuliner. 

8. Sandbox tree

9 Tumbuhan Unik Amerika Selatan, Ada yang Bisa Meledak! tumbuhan sandbox tree yang unik (inaturalist.org/ehjalmarson)

Pohon tropis ini mempunyai batang kayu yang halus tetapi permukaannya ditutupi banyak duri tajam. Buahnya menyerupai labu kecil dan bisa meledak dengan kekuatan sangat kuat dan suara yang sangat keras. Saat meledak, bijinya bisa terlempar keluar sampai sejauh 100 meter dengan kecepatan 250 km per jam.

9. Pelican flower

9 Tumbuhan Unik Amerika Selatan, Ada yang Bisa Meledak! Pelican flower yang besar dan unik (youtube.com/University of Oxford Botanic Garden and Arboretum)

Tumbuhan tropis ini mempunyai nama ilmiah aristolochia grandiflora. Bunganya berukuran super besar, bisa mencapai 60 cm dan mengeluarkan bau tidak sedap. Bunga ini terbuka saat pagi hari dan menutup kembali saat senja.

Nah, apakah ada dari 9 tumbuhan di atas yang sudah pernah kamu lihat secara langsung? Sayangnya tumbuhan yang unik-unik ini memang tidak ada di Indonesia, ya. Jika suatu saat kamu bisa berkunjung ke Amerika Selatan, jangan lupa mendokumentasikan tumbuhan unik yang kamu temui, ya!

Baca Juga: 7 Tumbuhan Tertua di Dunia, Umurnya Sangat Panjang

Umara Sri Photo Verified Writer Umara Sri

senang desain, suka foto, hobi nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya