Comscore Tracker

Selain Singa, Inilah 6 Hewan dengan Kemampuan Lari Tercepat 

Semuanya tergolong langka dan hidup di alam bebas

Apa yang akan kamu lakukan jika berhadapan dengan hewan-hewan dengan kecepatan lari melebihi manusia? Tentunya, kamu harus waspada dan jangan coba-coba untuk mendekati habitat mereka ya, guys

Nah, apa saja hewan yang memiliki kemampuan lari tercepat di dunia? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Cheetah

Selain Singa, Inilah 6 Hewan dengan Kemampuan Lari Tercepat pixabay/VolkerGlatsch

Sekilas, cheetah ini mirip banget sama macan. Mereka memang memiliki hubungan kekerabatan yang dekat karena berada dalam golongan famili yang sama yaitu Felidae. Kemampuan lari cheetah mencapai 120 km/jam.

Selain berlindung dari ancaman, kemampuan larinya juga sangat berguna untuk menangkap mangsa. 

2. African wild dog

Selain Singa, Inilah 6 Hewan dengan Kemampuan Lari Tercepat pixabaytonyo_au

Anjing liar Afrika adalah mamalia karnivora yang hanya bisa ditemukan di sabana dan hutan Afrika. Kecepatan larinya mencapai 71 km/jam.

Ukuran tubuh anjing liar Afrika sangat mungil dengan massa tubuh antara 18-34 kg. Usia bertahan hidupnya mencapai 10-12 tahun. Makanannya berupa hewan-hewan antelope, wildebeest, tikus, dan burung. Mereka juga hidup berkoloni dengan 6-20 anjing per kelompok. 

3. Pronghorn

Selain Singa, Inilah 6 Hewan dengan Kemampuan Lari Tercepat pixabay/DavidMark

Pronghorn juga merupakan kandidat hewan yang memiliki kemampuan lari tercepat, dengan kecepatan mencapai 88,5 km/jam. Hewan ini memiliki jantung dan paru-paru yang lebih besar daripada cheetah sehingga stabilitas larinya lebih terjaga.

Tinggi pronghorn dewasa mencapai 90 cm dan usia hidupnya mencapai 10 tahun. Sebaran habitat hewan ini hanya terdapat di Amerika Utara, selatan Kanada, dan utara Meksiko. 

Baca Juga: 6 Hewan dengan Hidung Terunik di Dunia, Ada yang Bak Pinokio

4. Springbok

Selain Singa, Inilah 6 Hewan dengan Kemampuan Lari Tercepat pixabay/vjouann

Springbok memiliki kecepatan lari yang kurang lebih sama dengan pronghorn yaitu 88,5 km/jam. Pronghorn tergolong ke dalam hewan antelope yaitu hewan mamalia yang bentuknya menyerupai kambing dengan tanduk tegak lurus ke atas. Hewan ini merupakan anggota dari famili Bovidae dan termasuk hewan yang terancam punah. 

Springbok memiliki warna tubuh yang khas yaitu merah kecokelatan dan putih di bagian perutnya. Mereka hidup di habitat kering seperti padang rumput dan savana yang ada di wilayah selatan dan barat daya Afrika. Dengan habitat seperti itu, mereka terbiasa tidak minum seharian dan memakan rumput di waktu subuh agar kadar airnya tidak hilang. 

5. Wildebeest

Selain Singa, Inilah 6 Hewan dengan Kemampuan Lari Tercepat pixabay/JanMcCarthy

Wildebeest memiliki kecepatan lari hingga 80 km/jam. Kemampuan tersebut sangat berguna di saat ancaman predator menghampiri. Salah satu predator yang suka menyerang wildebeest adalah singa. Kemampuannya bertahan hidup mencapai usia 20 tahun dan memiliki koloni yang besar.

Adapun massa tubuh wildebeest antara 120-300 kg. Ia juga tergolong ke famili Bovidae, tidak heran jika wujudnya mirip banteng atau sapi. Sebaran habitatnya dominan di pedalaman Afrika. 

6. Blackbuck

Selain Singa, Inilah 6 Hewan dengan Kemampuan Lari Tercepat pixabay/PublicDomainPicture

Blackbuck atau rusa jantan punya kecepatan lari kurang lebih 80 km/jam. Fisik blackbuck sangat unik. Tanduknya berbentuk spiral dan kulit berwarna hitam dan putih yang dibatasi dengan garis di area perut, seputar mata dan atas hidung serta bawah mulutnya. 

Blackbuck tergolong hewan liar yang dilindungi karena hampir punah. Hewan ini bisa ditemukan di Pakistan dan India. 

Nah, itulah daftar hewan tercepat dalam kemampuan berlari selain singa. Tenang, hewan-hewan ini memiliki habitat di luar Indonesia, kok! Jadi gak bakalan akan mengejar kamu.

Baca Juga: Lagi Viral, 10 Hewan Buas dan Seram Ini Justru Dianggap Cute!

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You