Comscore Tracker

4 Hewan Beracun di Indonesia Ini Bisa Jadi Belum Kamu Tahu Sebelumnya 

Awas, jangan dekat-dekat!

Kalau bicara tentang hewan beracun, hewan apa saja yang bisa kamu sebutkan? Selain ular, masih banyak lagi hewan beracun di Indonesia loh! Mungkin kamu belum tahu karena belum pernah menemuinya.

Meski begitu, kalau bertemu, setidaknya kamu bisa tahu apa yang perlu kamu lakukan. Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa ini di antaranya!

1. Meski bisa dimakan, ikan buntal ternyata bisa mematikan loh!

4 Hewan Beracun di Indonesia Ini Bisa Jadi Belum Kamu Tahu Sebelumnya kids.nationalgeographic.com

Di Indonesia ikan buntal biasa dijadikan ikan hias. Uniknya, ikan buntal atau biasa disebut ikan fugu, biasa dimakan di Jepang loh! Padahal, ikan buntal adalah spesies vertebrata paling mematikan kedua setelah katak racun emas.

Ikan yang tersebar di perairan tropis ini memiliki racun bernama tetrodotoksin yang mematikan. Kulitnya sendiri punya tetrodotoksin dengan dosis kecil. Adapun, gejala keracunan ikan buntal adalah mati rasa dan kesemutan di sekitar mulut. Kemudian, bisa disertai mual dan muntah setelah 10-45 menit terpapar racun. Jika gak ditangani dengan baik, tubuh bisa lumpuh, susah bernapas, pingsan, hingga bisa menyebabkan kematian.

2. Ikan lepu batu, ikan beracun yang bisa berkamuflase dengan terumbu karang

4 Hewan Beracun di Indonesia Ini Bisa Jadi Belum Kamu Tahu Sebelumnya nationalgeographic.com/Alexandra Diers

Terumbu karang memang menyimpan keindahan bawah laut yang memesona. Gak jarang para turis menikmati keindahannya dengan menyelam. Namun, hati-hati! Kalau kamu menyelam, waspadalah dengan kehadiran ikan lepu batu yang tersebar di perairan hangat Samudera Hindia dan Pasifik. Ikan ini kerap menyamar menjadi batu di antara terumbu karang.

Sentuhan terhadap ikan lepu batu ini bisa menyebabkan kerusakan syaraf, bahkan kelumpuhan. Adapun, pertolongan pertama pada paparan racun ikan lepu batu dengan merendam luka dengan air panas, namun gak mendidih. Suhu panas dapat mengurai racun dan protein sehingga mencegah untuk tersebar. Segera ke rumah sakit agar mendapat penawar. Jika terlambat dua jam saja, korban bisa meninggal dunia.

Baca Juga: Ingatlah 12 Cara Menyelamatkan Diri dari Serangan Hewan Liar dan Buas

3. Bulu babi punya duri-duri berbisa di tubuhnya yang mematikan

4 Hewan Beracun di Indonesia Ini Bisa Jadi Belum Kamu Tahu Sebelumnya nationalgeographic.com

Satu lagi hewan laut yang berbahaya di perairan Indonesia adalah bulu babi. Hewan yang masih satu keluarga dengan bintang laut ini memiliki duri dengan kalsium yang mematikan. Sengatannya sangat menyakitkan. Korban akan merasa alergi, lemas, lelah, nyeri otot, lumpuh sementara, kerusakan kulit, kerusakan tulang hingga syok.

Duri babi bisa tertancap di kulit. Untuk itu, kamu perlu bantuan medis untuk segera melepaskannya. Jika terlalu lama, akan semakin sulit dikeluarkan. Adapun pertolongan pertamanya bisa dengan mengompres air hangat, memberi obat ibuprofen untuk mengurangi nyeri dan mengoleskan krim hidrokortison.

4. Reptil terbesar di dunia, naga komodo, juga beracun loh!

4 Hewan Beracun di Indonesia Ini Bisa Jadi Belum Kamu Tahu Sebelumnya kids.nationalgeographic.com

Hewan khas Pulau Komodo ini gak hanya eksotis, namun juga beracun! Gigitannya bisa menyebabkan kelumpuhan otot, tekanan darah menurun drastis, gangguan pembekuan darah, dan infeksi luka. Itu disebabkan karena bakteri yang ada di liur komodo.

Jika kamu mengunjungi Taman Nasional Komodo, pastikan kamu gak coba-coba untuk mendekatinya. Meski komodo gak memangsa manusia, komodo bisa merasa terancam dan menyerang. Selama di taman nasional akan ada bantuan medis jika sesuatu yang gak diinginkan terjadi.

Itu tadi empat hewan beracun di Indonesia yang perlu kamu waspadai. Meski beracun, kalau ketemu mereka di alam liar jangan dibunuh ya. Mereka menyerang sebenarnya sekadar ingin membela diri.

Baca Juga: 10 Hewan dengan Sosok Paling Menyeramkan di Dunia, Bikin Bergidik! 

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya