Comscore Tracker

60 Persen Kopi di Dunia Terancam Punah, Ini 7 Faktanya

Gimana jadinya nasib kedai kopi?

Apakah kamu pencinta dan penyesap kopi? Ada kabar buruk yang perlu kamu tahu, terutama di Hari Kopi Internasional atau Hari Kopi Sedunia — tanggal 1 Oktober, yang ditetapkan oleh Organisasi Kopi Internasional di Milan, Italia.

Menurut riset-riset terbaru, akan ada banyak tanaman kopi yang punah di dunia. Padahal, kita tahu sendiri bahwa kopi merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. 60 persen spesies kopi liar terancam kepunahan akibat perubahan iklim, penggundulan hutan, dan munculnya beragam penyakit di hutan hujan

60 Persen Kopi di Dunia Terancam Punah, Ini 7 Faktanyacoffeetree.coffee

Dilansir jurnal Science Advances oleh Aaron P. Davis dan tim, 60 persen spesies kopi liar terancam kepunahan. Adapun, ancaman kepunahan ini berasal dari perubahan iklim global, penggundulan hutan, dan banyaknya penyakit yang muncul secara alami di hutan hujan.

2. Kopi menjadi salah satu spesies tanaman yang diperkirakan paling banyak punah

60 Persen Kopi di Dunia Terancam Punah, Ini 7 Faktanyamotifcoffee.com

Dilansir Prevention, Dr. Eimear Nic Lughadha menyampaikan bahwa jumlah 60 persen dari kopi yang terancam punah adalah angka yang besar, jika dibandingkan dengan estimasi total kepunahan tanaman yang mencapai 22 persen.

3. Hal tersebut terbukti dengan beberapa jenis kopi yang sudah tak terlihat lagi

60 Persen Kopi di Dunia Terancam Punah, Ini 7 Faktanyathegolfclub.info

Menurut Lughadha, lebih dari 100 tahun, beberapa spesies kopi yang diteliti sudah tak terlihat lagi di alam bebas. Itu berarti kemungkinan beberapa spesies kopi tersebut sudah mulai punah.

Baca Juga: 9 Tumbuhan Khas Indonesia yang Langka & Terancam Punah, Yuk Kita Jaga!

4. Sebanyak 124 spesies kopi telah diteliti

60 Persen Kopi di Dunia Terancam Punah, Ini 7 Faktanyakgun9.com

Ada sebanyak 124 spesies kopi telah diteliti di seluruh dunia. Hasilnya, 75 spesies kopi terancam punah; 35 spesies kopi masih aman; sementara 14 spesies kopi sisanya belum bisa disimpulkan apakah terancam punah atau tidak, karena datanya belum lengkap.

5. Spesies kopi yang terancam punah berasal dari Madagaskar dan Tanzania

60 Persen Kopi di Dunia Terancam Punah, Ini 7 Faktanyaperfectdailygrind.com

Sebanyak 43 spesies terancam punah berasal dari Madagaskar. Sementara 12 kopi terancam punah berasal dari Tanzania.

6. Kopi arabika, sebagai salah satu jenis kopi paling populer di dunia diperkirakan akan berkurang jumlahnya hingga 50 persen pada 2088

60 Persen Kopi di Dunia Terancam Punah, Ini 7 Faktanyaevolveback.com

Dilansir jurnal Global Change Biology, menurut Aaron Davis, spesies kopi arabika diperkirakan akan menurun jumlahnya hingga 50 persen pada 2088 akibat perubahan iklim.

7. Perlu adanya usaha perlindungan kopi, terutama di Afrika

60 Persen Kopi di Dunia Terancam Punah, Ini 7 Faktanyanilepost.co.ug

Davis menambahkan bahwa aksi perlindungan kopi perlu digalakkan, terutama di negara tropis, seperti Afrika. Ini semua agar spesies kopi bisa terjaga kelestariannya.

Tak terbayang kan kalau kopi sampai punah dari dunia ini? Sebagai pencinta kopi, pasti rasanya tak rela jika harus kehilangan cita rasa kopi kesukaanmu. Untuk itu, yuk dukung terus gerakan pelestarian kopi.

Baca Juga: 18 Hewan "Sangat Terancam Punah" Selama 2018, Banyak dari Indonesia!

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya