Comscore Tracker

8 Fenomena Langit Keren Januari 2019, Ada Hujan Meteor Quadrantid Lho!

Kalau perlu, beli teleskop untuk momen yang lebih terasa

Selamat tahun baru 2019! Mengawali awal tahun ini, Bulan Januari menyuguhkan berbagai peristiwa atau fenomena langit yang menarik lho. Jangan sampai kamu terlewat momen berharga ini ya. Siapa tahu kamu bisa habiskan bersama teman atau orang terkasihmu. Dilansir dari Info Astronomy, berikut beberapa di antaranya!

1. Konjungsi Jupiter dengan Bulan pada Hari Kamis, 3 Januari 2019

8 Fenomena Langit Keren Januari 2019, Ada Hujan Meteor Quadrantid Lho!astrobob.areavoices.com

Secara astronomi, konjungsi bulan adalah peristiwa saat jarak sudut bulan dengan objek langit lainnya sama dengan nol derajat, jika diamati dari bumi. Pada tanggal tersebut kamu bisa melihat bulan dan Planet Jupiter terpisah sejauh 5,5 derajat.

Kamu bisa melihatnya di langit timur, dua jam sebelum matahari terbit. Saat terbit, Jupiter akan lenyap oleh terangnya langit.

2. Hujan Meteor Quadrantid pada Hari Jumat, 4 Januari 2019

8 Fenomena Langit Keren Januari 2019, Ada Hujan Meteor Quadrantid Lho!csmonitor.com

Hujan meteor Quadrantid bisa dilihat dengan bagus karena mencapai fase bulan sabit tua sehingga cahayanya gak mengganggu pengamatan. Kamu bisa melakukan pengamatannya pada pukul 03.00 waktu setempatmu.

Adapun, meteor ini memiliki intensitas 60 meteor per jam. Jangan lupa melihatnya pada kondisi langit yang minim polusi cahaya ya. Kamu bisa melihatnya langsung dengan mata telanjang kok di hampir seluruh wilayah Indonesia.

3. Fase Bulan Baru pada Hari Minggu, 6 Januari 2019

8 Fenomena Langit Keren Januari 2019, Ada Hujan Meteor Quadrantid Lho!wikimedia.org

Fase bulan baru ini terjadi pada 10.30 WIB. Fase ini terjadi saat sudut elongasi bulan terhadap matahari hampir 0 derajat, sehingga posisinya searah di langit. Di tanggal yang sama, gerhana matahari parsial akan terjadi di Jepang, Korea, Tiongkok dan Rusia. Sayangnya, yang ini gak terlihat dari Indonesia.

4. Konjungsi Mars dengan Bulan, pada Hari Sabtu, 12 Januari 2019

8 Fenomena Langit Keren Januari 2019, Ada Hujan Meteor Quadrantid Lho!astronomy.robpettengill.org

Planet merah ini bisa kamu lihat mulai dari matahari terbenam. Saat itu, Mars dan bulan akan berada sejauh 8 derajat. Kamu bisa melihat peristiwa ini sampai pukul 22.00 waktu setempat. Untuk melihat lebih jelas, kamu bisa menggunakan teleskop dengan pembesaran 150 kali.

Baca Juga: Tahukah Kamu 5 Sumber Energi Paling Aneh Pengganti Minyak Bumi Ini?

5. Fase Bulan Perbani Awal pada Hari Senin, 14 Januari 2019

8 Fenomena Langit Keren Januari 2019, Ada Hujan Meteor Quadrantid Lho!svs.gsfc.nasa.gov

Fase ini menandakan posisi bulan telah mencapai 90 derajat dari matahari jika diamati dari bumi. Kamu akan melihat bulan tampak hanya separuh. Fase ini akan terjadi pada 15.30 WIB. Sementara bulan akan persis berada di atas kepala kita pada 18.00 waktu setempat. Dengan teleskop, kamu bisa melihat kawah-kawah bulan lho.

6. Fase Bulan Purnama pada Hari Senin, 21 Januari 2019

8 Fenomena Langit Keren Januari 2019, Ada Hujan Meteor Quadrantid Lho!time.com

Bulan purnama pertama di 2019 akan terjadi pada tanggal tersebut. Ini terjadi saat posisi bulan berada 180 derajat dari matahari di langit. Dengan begitu, kamu bisa melihatnya bulat sempurna.

Di tempat lain, seperti Benua Amerika dan sebagian wilayah Eropa, Asia Barat dan Afrika berkesempatan melihat gerhana bulan total. Namun, gak terlihat di Indonesia.

7. Fase Bulan Perbani Akhir pada Hari Senin, 28 Januari 2019

8 Fenomena Langit Keren Januari 2019, Ada Hujan Meteor Quadrantid Lho!astronomy.robpettengill.org

Seminggu setelah bulan purnama, posisi bulan akan kembali 90 derajat dari matahari jika diamati dari bumi. Dengan begitu, bulan akan terlihat separuh kembali. Fase ini pun akan terjadi pada tengah malam.

8. Segitiga Antara Jupiter, Venus dan Bulan, pada Hari Kamis, 31 Januari 2019

8 Fenomena Langit Keren Januari 2019, Ada Hujan Meteor Quadrantid Lho!futurism.com

Di tanggal tersebut kamu bisa melihat Jupiter, Venus dan bulan melayang di angkasa. Jupiter akan berada 3 derajat dari bulan, sementara Venus 8 derajat dari bulan. Tiga formasi ini akan membentuk segitiga di langit timur. Namun, kamu memerlukan teleskop untuk melihat ketiganya.

Itu tadi delapan fenomena langit yang bisa kamu saksikan pada Januari 2019. Mana yang paling kamu tunggu? Apakah hujan meteor Quadrantid? Sampaikan keinginanmu di kolom komentar ya.

Baca Juga: Dari Hujan Meteor Hingga Gerhana, Ini 9 Peristiwa Langit Terbaik 2019!

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya