Comscore Tracker

7 Hewan Paling Mudah Dipelihara untuk Pemula, Yuk Adopsi Sekarang!

Mana favoritmu?

Gak hanya teman, memiliki hewan peliharaan juga bisa membawa kebahagiaan. Dilansir dari Healthline, kepemilikan hewan peliharaan pun jadi baik untuk anak-anak karena mengajarkan tentang tanggung jawab, kepedulian, dan memberikan kasih sayang.

Hanya saja, memelihara hewan peliharaan memang susah-susah gampang. Buat kamu yang merasa masih pemula dan ingin mencoba memelihara, berikut rekomendasi hewan yang bisa kamu pelihara.

1. Ikan cupang bisa jadi hewan peliharaan terbaik karena mampu bertahan hidup dalam isolasi

7 Hewan Paling Mudah Dipelihara untuk Pemula, Yuk Adopsi Sekarang!nationalgeographic.com

Ikan mas mungkin jadi ikan peliharaan paling populer. Namun, sebenarnya, ikan cupang lebih mudah untuk dipelihara. Itu karena ikan cupang mampu beradaptasi dan bertahan hidup dalam isolasi akuarium.

Selain itu, mereka juga bisa hidup dengan air yang sedikit. Bahkan, kamu pun bisa memeliharanya tanpa filter, pemanas, atau pun bahan kimia lainnya. Kamu bisa menaruh ikan cupang pada 9 liter air dengan suhu antara 24-28 derajat Celsius.

2. Reptil seperti kura-kura asia tengah (Agrionemys horsfieldii) bisa bertahan hidup hingga 50 tahun!

7 Hewan Paling Mudah Dipelihara untuk Pemula, Yuk Adopsi Sekarang!reptilia.club

Hewan peliharaan gak melulu harus berbulu dan berdarah panas, lho. Kamu pun bisa memelihara kura-kura asia. Kura-kura ini memakan tumbuhan dan bisa bertahan hidup hingga 50 tahun.

Meski bisa dipelihara dengan mudah, kamu pun perlu memperhatikan kesehatannya, ya. Dilansir dari American Academy of Pediatrics, reptil sebagai hewan peliharaan perlu diwaspadai karena bisa menularkan salmonela. Untuk itu, kamu perlu teliti saat awal memeliharanya, ya.

3. Burung bisa jadi hewan peliharaan yang menyenangkan karena mereka sangat cerdas

7 Hewan Paling Mudah Dipelihara untuk Pemula, Yuk Adopsi Sekarang!audubon.org

Meski begitu, memelihara burung punya tantangan tersendiri karena burung adalah makhluk sosial sehingga membutuhkan perhatian setiap hari. Kamu bisa memilih burung parkit jika baru awam merawat burung.

Namun, kamu pun bisa mengadopsi kakaktua yang lebih pintar dan hebat. Meski begitu kamu perlu memperhatikan mereka lebih sering, bahkan setiap hari.

Baca Juga: 10 Hewan Paling Mahal di Dunia, Harganya Bakal Bikin Kamu Tercengang! 

4. Hewan pengerat, seperti hamster, marmut, dan gerbil bisa hidup di tempat yang relatif kecil

7 Hewan Paling Mudah Dipelihara untuk Pemula, Yuk Adopsi Sekarang!medium.com

Hewan pengerat memang bisa dirawat dengan mudah. Namun, kamu perlu berhati-hati karena mereka bisa menggigit jika merasa terancam, salah satunya yaitu hamster. Mereka bisa menjadi hewan peliharaan terbaik karena kecerdasan mereka. Selain itu, mereka pun sangat bersahabat dengan manusia.

5. Kucing jadi hewan peliharaan favorit karena mudah dipelihara

7 Hewan Paling Mudah Dipelihara untuk Pemula, Yuk Adopsi Sekarang!news.nationalgeographic.com

Kucing memiliki bulu halus dan wajah yang menggemaskan. Selain itu, mereka pun adalah hewan yang setia sehingga kamu gak perlu memberikannya kandang.

Meski begitu, kamu perlu rutin memeriksakan kesehatan dan memberikan mereka imunisasi. Saat mengadopsi, kamu bisa bertanya tentang karakter dan temperamen kucing pada pemilik sebelumnya.

6. Anjing bisa jadi hewan peliharaan terbaik, terutama anak anjing

7 Hewan Paling Mudah Dipelihara untuk Pemula, Yuk Adopsi Sekarang!medicalnewstoday.com

Anjing adalah hewan yang sangat patuh dan setia dengan majikannya. Gak hanya memberikan kasih sayang, mereka pun akan manja padamu. Sebelum mengadopsi anjing, tentukan ras dan cocokkan karakteristiknya denganmu.

Selain itu, jangan lupa lakukan pemeriksaan kesehatan rutin dan berikan imunisasi. Untuk pemula, kamu bisa memelihara labrador retriever, golden retriever, boxer, atau beagle.

7. Kelinci mampu berinteraksi dengan baik dengan manusia

7 Hewan Paling Mudah Dipelihara untuk Pemula, Yuk Adopsi Sekarang!npr.org

Mereka bisa mengenal manusia melalui penglihatan dan suara. Kelinci akan datang saat dipanggil dan bisa melompat ke pangkuanmu. Mereka pun juga senang mengikutimu keliling rumah. Kelinci bisa jadi hewan peliharaan bagi pemula karena mereka tenang dan bersih. Mereka pun memiliki umur yang panjang bisa mencapai 12 tahun.

Itu tadi hewan-hewan yang bisa kamu pelihara, terutama kamu yang ingin mencoba memelihara hewan. Namun, memelihara hewan juga perlu komitmen yang kuat. Jangan sampai setelah mengadopsi mereka, kamu menelantarkannya, ya.

Baca Juga: 10 Hewan Paling Berwarna-warni di Dunia, Memanjakan Mata Kita Banget!

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You