Comscore Tracker

10 Hewan yang Pernah Jadi Pahlawan Perang, Mereka Sungguh Luar Biasa!

Mereka pernah menyelamatkan ribuan nyawa, lho

Gak hanya melayani sebagai peliharaan, hewan pun turut berjuang di medan perang. Gak hanya kuda sebagai tunggangan, masih banyak lagi hewan turut berkontribusi. Mereka bahkan berhasil menyelamatkan ribuan nyawa dan menjadi pahlawan! Berikut di antaranya.

1. Sersan Stubby, anjing yang memperingatkan pasukan akan adanya serangan gas

10 Hewan yang Pernah Jadi Pahlawan Perang, Mereka Sungguh Luar Biasa!ripleys.com

Sersan Stubby adalah satu dari 20 ribu anjing yang melayani Inggris dan sekutunya selama Perang Dunia I. Mereka berperan sebagai kurir, anjing, penjaga, bahkan maskot. Anjing sendiri menjadi hewan peliharaan pertama dalam sejarah yang digunakan dalam perang. Pasukan Romawi bahkan memiliki pasukan anjing yang memakai kalung dan gelang kaki berduri.

2. Cher Ami, merpati ini mendapatkan penghargaan Croix de Guerre karena mengirimkan pesan penting yang telah menyelamatkan banyak prajurit

10 Hewan yang Pernah Jadi Pahlawan Perang, Mereka Sungguh Luar Biasa!baomoi.com

Merpati telah lama digunakan untuk membawa pesan sejak lima ribu tahun yang lalu. Pesan-pesan mereka telah menyelamatkan banyak lama selama Perang Dunia I dan II, salah satunya adalah Cher Ami. Ia berhasil menyampaikan pesan, meskipun ditembak dan mengalami luka parah.

3. Kuda-kuda selama Perang Dunia II

10 Hewan yang Pernah Jadi Pahlawan Perang, Mereka Sungguh Luar Biasa!nationalinterest.org

Manusia telah memelihara hewan ternak sejak 4000 SM. Sepanjang sejarah, mereka pun sering digunakan selama peperangan, salah satunya yaitu kuda.

Pada dasarnya hewan liar akan melarikan diri saat menghadapi ancaman. Namun, ada kalanya mereka melawan naluri alamiah mereka dengan ikut bertempur membawa manusia berperang. Adapun, selama Perang Dunia I lebih dari delapan juta kuda telah mati.

4. Sersan Jimmy, keledai yang lahir di Pertempuran Somme

10 Hewan yang Pernah Jadi Pahlawan Perang, Mereka Sungguh Luar Biasa!bbc.com

Gak hanya kuda, keledai pun digunakan di medan perang. Salah satunya yaitu Sersan Jimmy yang rela menolong nyawa prajurit dan mengorbankan dirinya.

5. Pasukan Unta pada 1915

10 Hewan yang Pernah Jadi Pahlawan Perang, Mereka Sungguh Luar Biasa!wikimedia.org

Pada 1915, para unta membentuk formasi dan ikut bertempur. Sebenarnya, unta pun telah digunakan untuk bertempur sejak Kekaisaran Romawi. Selain menjadi kendaraan, bau unta pun bisa membuat kuda-kuda lawan ketakutan.

Baca Juga: Komparasi 5 Tipe Ukuran Hewan dari Terkecil Hingga Terbesar di Dunia!

6. Lizzie, gajah ini membantu perusahaan Tommy Ward selama Perang Dunia I

10 Hewan yang Pernah Jadi Pahlawan Perang, Mereka Sungguh Luar Biasa!bbc.co.uk

Saat para kuda dibawa ke medan perang, gajah mengambil alih pekerjaan mereka untuk membantu kepentingan kota dan pedesaan.

7. Para kucing selama perang parit

10 Hewan yang Pernah Jadi Pahlawan Perang, Mereka Sungguh Luar Biasa!paulineconolly.com

Sama seperti namanya, model perang parit dilakukan dengan membentuk pertahanan berupa galian yang memanjang dan paralel selama Perang Dunia I. Adapun, kucing menjadi penyelamat karena memberikan semangat para prajurit dan menangkap tikus-tikus.

8. Ali Pasha, kura-kura selama Perang Dunia I

10 Hewan yang Pernah Jadi Pahlawan Perang, Mereka Sungguh Luar Biasa!theguardian.com

Kura-kura ini menemani Henry Friston, seorang prajurit selama pertempuran yang terjadi di Gallipoli. Ia pun kemudian menjadi maskot selama berada di kapal.

9. Para lumba-lumba yang berjasa untuk menemukan ranjau bawah laut

10 Hewan yang Pernah Jadi Pahlawan Perang, Mereka Sungguh Luar Biasa!diariouno.com.ar

Gak hanya menemukan ranjau, lumba-lumba pun bisa menyelamatkan perenang yang hilang. Mereka dilatih oleh militer, sama halnya dengan anjing laut.

10. Kopral Jackie, babon di pasukan Afrika Selatan selama Perang Dunia I

10 Hewan yang Pernah Jadi Pahlawan Perang, Mereka Sungguh Luar Biasa!vintagenewsdaily.com

Dia menjadi maskot, saat pemiliknya harus berperang dan gak bisa meninggalkannya di rumah. Selama perang, Jackie mengalami tembakan di bahu dan kaki yang hancur. Setelah perang, Jackie mendapatkan pangkat kopralnya.

Itu tadi hewan-hewan yang berjasa selama perang bersama manusia. Gak hanya menjadi maskot, mereka pun mengabdi kepada manusia dan rela kehilangan nyawa. Dari hewan-hewan di atas, mana yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 12 Hewan Ini "Tak Sengaja Diciptakan” oleh Manusia Melalui Eksperimen

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You