Comscore Tracker

7 Tanaman Pekarangan Rumah untuk Mendukung Hari Gerakan 1 Juta Pohon

Mari kita berkebun!

Tahukah kamu? Setiap 10 Januari, Indonesia merayakan Hari Gerakan Satu Juta Pohon. Hari ini merupakan salah satu agenda dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI untuk menghijaukan kembali Indonesia. Lantas, apa sih manfaat menanam pohon?

Dilansir dari U.S. Department of Agriculture, pohon muda dan sehat dapat menghasilkan udara setara dengan AC yang beroperasi selama 20 jam sehari. Pohon pun menyerap gas rumah kaca, seperti nitrogen dioksida, sulfur dioksida, ozon, karbon dioksida dan karbon monoksida. Menurut U.S. Forest Service satu pohon saja dapat membersihkan sekitar 330 pon karbon dioksida dari udara setiap tahun.

Menyambut Hari Gerakan Satu Juta Pohon, kamu bisa berkontribusi dengan menanam pohon-pohon bermanfaat ini di pekarangan rumahmu.

1. Pohon mangga (Mangifera indica), pohon yang kokoh dengan buah manis

7 Tanaman Pekarangan Rumah untuk Mendukung Hari Gerakan 1 Juta Pohonbariballagriculture.com

Pohon mangga jadi salah satu pohon favorit yang ditanam di pekarangan rumah. Pohon ini punya wujud yang besar dan dapat mencapai tinggi 40 meter. Meski begitu, rata-rata, pohon ini hanya mencapai 10 meter. Dengan batang yang tegak dan cabang yang kuat, pohon mangga memiliki daun lebat yang meneduhkan. Gak hanya itu, akarnya pun tunggang dan bercabang-cabang sehingga kuat dan gak mudah roboh.

Perawatannya pun mudah. Kamu hanya perlu rutin memberi pupuk agar pohon dapat tumbuh dengan subur. Jika kamu memerhatikan rasa mangga yang akan kamu panen, coba dulu buah mangga dari bibit yang akan kamu tanam. Pastikan rasa mangganya sesuai seleramu, apakah yang agak asam atau benar-benar manis.

2. Pohon jambu air (Syzygium aqueum), pohon dengan perawatan mudah dan buah yang segar

7 Tanaman Pekarangan Rumah untuk Mendukung Hari Gerakan 1 Juta Pohonwikimedia.org

Jambu air adalah tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara. Untuk menanamnya, pastikan lahan tanahnya subur, gembur dan gak terlalu asam. Pohon jambu air pun cocok kamu pelihara di dalam pot. Mereka tetap masih bisa tumbuh dan berbuah lho.

3. Pohon rambutan (Nephelium lappaceum), pohon rindang pelindung pekarangan

7 Tanaman Pekarangan Rumah untuk Mendukung Hari Gerakan 1 Juta Pohonbeabeeinc.com

Pohon rambutan adalah salah satu pohon dengan buah terkenal di dunia. Pohonnya rindang sehingga nyaman dijadikan tempat berteduh. Selain di Indonesia, rambutan juga dapat ditemukan di daerah tropis lain, seperti negara-negara di Afrika dan Amerika Tengah. Saat akan menanamnya, perhatikan bibit dan penyiramannya ya.

Baca Juga: 7 Tanaman Tersehat dalam Kamar, Selain Indah Bisa Buat Tidurmu Nyenyak

4. Pohon belimbing (Averrhoa carambola), pohon khas Indonesia, Sri Lanka dan India yang berbuah manis

7 Tanaman Pekarangan Rumah untuk Mendukung Hari Gerakan 1 Juta Pohondovemed.com

Pohon dengan daun majemuk ini cocok untuk membuat pekaranganmu hijau. Berbeda dengan pohon tropis lainnya, pohon belimbing gak perlu terlalu banyak terpapar sinar matahari. Menanam pohon ini gak sulit. Bahkan, benihnya mudah tumbuh setelah disebarkan oleh kelelawar. Kamu bisa menanamnya langsung di pekaranganmu atau dengan pot. Kamu cukup memberikannya pupuk dan gak perlu sering disiram.

5. Pohon jeruk (Citrus), pohon dengan buah yang populer di dunia

7 Tanaman Pekarangan Rumah untuk Mendukung Hari Gerakan 1 Juta Pohonflickr.com/hn.

Ada beragam macam pohon jeruk yang bisa kamu tanam. Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan tempatmu tinggal atau sesuai selera. Pohon ini juga cocok sebagai pemanis pekarangan atau ditempatkan pada pot-pot cantik. Gak hanya itu, kamu pun bisa memanen buahnya yang manis dan kaya akan vitamin C.

6. Pohon kelengkeng (Dimocarpus longan), selain bisa ditanam langsung di pekarangan, bisa juga kamu tanam di pot

7 Tanaman Pekarangan Rumah untuk Mendukung Hari Gerakan 1 Juta Pohonflamingomusings.com

Pohon kelengkeng gak membutuhkan perawatan yang rumit. Kamu hanya perlu membersihkan semak atau rumput di sekitarnya. Jangan lupa kamu pun perlu memberinya pupuk. Kelengkeng pun punya buah manis dan segar.

7. Pohon jambu biji (Psidium guajava), pohon asal Brasil yang banyak ditemukan di Indonesia

7 Tanaman Pekarangan Rumah untuk Mendukung Hari Gerakan 1 Juta Pohonalibaba.com

Pohon jambu biji punya buah berwarna hijau dengan daging berwarna merah atau putih dengan rasa yang manis dan asam. Buahnya pun mengandung banyak vitamin C. Kamu bisa saja menanamnya dengan cara menyebarkan benihnya, meski butuh waktu yang lama. Kalau mau gampang, kamu bisa menanamnya dengan cara pencangkokan.

Kontribusi kecilmu untuk Hari Gerakan Satu Juta Pohon sangat berarti untuk membuat lingkungan kita makin asri dan segar. Selain itu, kamu pun bisa mendapatkan manfaat lain dengan memanen buah-buahnya yang manis dan lezat. Yuk menanam pohon!

Baca Juga: Tersesat di Hutan? 10 Tumbuhan Ini Bisa Dimakan untuk Bertahan Hidup

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You